7 Negara dengan Makanan Tradisi Hari Valentine, Ada Sosis Darah

Hari Valentine identik dengan cokelat dan permen. Namun, tidak hanya itu, 7 negara ini mempunyai makanan khusus Hari Valentine.

oleh Alycia Catelyn diperbarui 14 Feb 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi stoberi dibalut cokelat. (Unsplash/Jessica Johnston)
Ilustrasi stoberi dibalut cokelat. (Unsplash/Jessica Johnston)

Liputan6.com, Jakarta - 14 Februari dikenal di seluruh dunia dengan karena adanya perayaan Hari Valentine.

Umumnya Hari Valentine juga dianggap sebagai hari kasih sayang.

Pada hari Valentine, beberapa orang memanfaatkan momen tersebut untuk memberikan hadiah atau menunjukkan rasa cintanya kepada yang terkasih, entah itu kekasih, orang tua, teman, dan lain sebagainya.

Cokelat pun menjadi makanan khas dan paling sering diberikan saat Hari Valentine.

Namun tahukah kamu, ada sederet makanan khas Hari Valentine selain cokelat yang bisa diberikan?

Ternyata, terdapat beberapa negara yang mempunyai khas tersendiri dalam merayakan Hari Valentine. Sejumlah makanan khas ini tidak kalah romantis dengan cokelat yang sudah terlalu biasa.

Penasaran? Berikut adalah tujuh negara yang mempersembahkan makanan unik selain cokelat selama perayaan Hari Valentine, dilansir dari Daily Nexus, Selasa (14/2/2023):

1. Inggris

Cokelat masih merupakan makanan penting dan umum bagi orang Inggris, tetapi itu hanya setelah pasangan yang penuh kasih selesai menikmati tiram mentah yang lezat.

Secara khusus, mereka makan tiram Pasifik yang diproduksi di peternakan, bukan tiram asli yang tersedia sepanjang tahun. Sebab, tiram biasa tidak cukup untuk Hari Valentine yang spesial. 

2. China

Hari Valentine adalah acara besar di China, mengingat negara tersebut mendedikasikan sebuah festival untuk merayakan acara khusus ini.

Festival ini disebut Qiqiao (Qixi). Selama festival ini, baik perempuan lajang maupun yang tidak, akan mengenakan pakaian baru dan berdoa kepada bintang Vega untuk kebijaksanaan dan kecanggihan.

Saat festival tersebut, Qiaoguo yang lezat dihidangkan. Qiaoguo adalah kue tradisional yang melambangkan kecerdasan dan kecerdikan. Kue goreng ini hadir dalam berbagai bentuk, memiliki isian wijen yang manis dan dapat diberikan kepada orang tersayang, sahabat, bahkan mertua.

 


3. Meksiko

Ilustrasi makanan khas Meksiko. (Unsplash/Frankie Lopez)
Ilustrasi makanan khas Meksiko. (Unsplash/Frankie Lopez)

Hari Valentine di Meksiko disebut El Día del Amor y la Amistad atau Hari Cinta dan Persahabatan.

Selain permen manis sebagai pengganti cokelat, hidangan khas Hari Valentine lainnya adalah Pibil Pollo, hidangan ayam panggang Yucatan dengan sedikit pasta achiote, bumbu populer dalam masakan Meksiko.

Dengan warna achiote yang merah cerah, aroma jeruk, bawang putih dan lada habanero, serta kelembutan ayam stik drum yang dipanggang dengan baik, hidangan ini pasti akan meluluhkan hati dan pengecap kamu. 

4. Italia

Italia dikenal dengan masakannya yang lezat. Oleh sebab itu, orang tidak boleh mengharapkan sesuatu yang biasa saja dari perayaan La Festa degli Innamorati atau Hari Pencinta di Italia.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cokelat adalah makanan yang cukup populer di seluruh dunia pada Hari Valentine, tetapi karena Italia adalah negara di mana mengumumkan cinta tanpa akhir secara terbuka adalah hal yang biasa, hadiah cokelat harus berada pada level yang berbeda.

Variasi cokelat Valentine yang populer disebut Baci Perugina, cokelat kecil yang diisi dengan krim gianduia dan dihiasi dengan hazelnut utuh ini lezat dan romantis karena masing-masing berisi catatan kecil dengan kutipan atau pepatah berbeda tentang cinta.

Beberapa hidangan lain yang populer di menu Valentine di Italia adalah spageti Carbonara (pasta dengan telur, keju keras dan babi), Osso Buco (daging sapi yang direbus dengan sayuran dan kaldu dengan anggur putih), dan Penne all'Arrabbiata (pasta penne dengan saus tomat khas, bawang putih dan paprika merah).


5. Argentina

Ilustrasi sosis. (Unsplash/Rachel Clark)
Ilustrasi sosis. (Unsplash/Rachel Clark)

Buenos Aires di Argentina adalah simbol romansa Amerika Selatan, dan mereka tidak menganggap enteng Hari Valentine.

Faktanya, mereka memutuskan untuk membuat Hari Valentine menjadi minggu Valentine! Biasanya, minggu ini diakhiri dengan Hari Persahabatan.

Karena Hari Valentine adalah hari libur yang relatif baru di Buenos Aires, masakannya memiliki konsep baru. Misalnya, beberapa makanan pembuka dan makanan populer adalah empanada (kue tepung goreng dengan rasa daging sapi), revuelto gramajo (hidangan hash brown dengan keju, kentang, telur, dan sayuran), dan morcilla (sosis darah yang dibuat dari daging babi, nasi, dan lemak).

6. Belgia

Belgia terkenal dengan cokelatnya. Sebab, cokelat merupakan tradisi penting di Hari Valentine.

Namun, jika kamu mengidam sesuatu yang manis misalnya seperti hidangan penutup yang enak dilihat, beraroma, dan penuh tekstur menarik, wafel Belgia akan menjadi pilihan terbaik.

Wafel Belgia jauh lebih tebal dari wafel negara lain. Dibuat dengan adonan ragi yang manis dan gula yang mengkristal di atasnya, wafelnya juga lebih kenyal dan padat, membuat setiap gigitan lebih enak dari gigitan berikutnya.

7. Mesir

Hidangan utama populer yang hadir di banyak hari libur di Mesir, termasuk Hari Valentine.

Hidangan itu adalah Fattah, daging sapi atau domba yang disajikan dengan nasi, roti, dan cuka atau saus tomat.

Daging domba lebih umum digunakan sebagai protein daripada daging sapi saat ada hari raya khusus di Mesir.

Selain itu, orang Mesir juga menikmati minuman non-kafein yang disebut rose petal white coffee atau kopi kelopak mawar putih. Minuman itu tidak mengandung kopi apa pun di dalamnya, hanya jus kelopak mawar yang dicampur dengan air panas dan gula merah.


Beberapa Inspirasi Ucapan Kata-Kata Hari Valentine untuk Ditulis di Kartu

Ilustrasi Hari Valentine
Ilustrasi Hari Valentine. (Pexels/alleksana)

Hari Valentine tidak hanya mengenai makanan. Pesan-pesan manis dan romantis bisa diberikan pada orang-orang tersayang.

Nyatanya, bertukar pesan atau surat adalah yang salah satu hal mengasyikkan untuk merayakan Hari Valentine.

Berikut adalah 10 daftar ucapan Hari Valentine yang bisa kamu pakai untuk teman, orang tua, ataupun pacar, dilansir dari Hallmark.

1. "Astaga, aku benar-benar beruntung mendapatkan kamu!"

2. "Kamu memberi aku perasaan yang baik setiap kali kita bertemu!"

3. "Ini hari tentang cinta, dan aku benar-benar mencintaimu!"

4. "Jika kamu ingin membagi sebotol anggur dan sekotak besar cokelat, aku setuju."

5. "Kamu membuat hati aku bergejolak."

6. "Waktu bersamamu adalah hari terbaik bagiku."

7. "Bersamamu adalah perasaan terbaikku yang pernah ada!"

8. "Aku mencintaimu, tidak sabar untuk menunjukkan seberapa besar aku sayang kamu."

9. "Hari Valentine dulu menyebalkan sebelum aku menemukanmu."

10. "Terima kasih atas semua cinta dan dukungan kamu!"

Baca selebihnya di sini...

Banner Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat
Banner Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya