Ini Rute Perjalanan Raja Charles III dan Ratu Camilla pada Penobatan 6 Mei 2023, Lebih Pendek dari Tahun 1953

Raja dan ratu akan berangkat menggunakan kereta kencana Diamond Jubilee State Coach dan melalui rute yang lebih pendek, sesuai dengan keinginan raja.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 29 Apr 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 29 Apr 2023, 17:00 WIB
Raja Charles III Resmi Jadi Penguasa Britania Raya
(kiri ke kanan) Pangeran William, Permaisuri Camilla, dan Raja Charles III saat upacara proklamasi bersama Dewan Aksesi di Istana St. James, London, Inggris, Sabtu (10/9/2022). Charles III menjadi raja setelah ibunya, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia pada 8 September 2022. (Jonathan Brady/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, London - Raja Charles III dan Ratu Camilla akan melakukan perjalanan dari Istana Buckingham menuju Westminster Abbey untuk upacara prosesi penobatan mereka pada 6 Mei 2023. Namun dalam perjalanannya ini, rute yang dilaluinya akan jauh lebih pendek daripada rute pada prosesi penobatan mendiang Ratu Elizabeth II pada tahun 1953.

Raja dan ratu akan berangkat menggunakan kereta kencana Diamond Jubilee State Coach dan melalui rute yang lebih pendek, sesuai dengan keinginan raja.

Dilansir The Guardian, Sabtu (29/4/2023), Raja Charles III dan Ratu Camilla akan melakukan prosesi sepanjang 1,3 mil atau sekitar 2,1 km. Ini jauh lebih pendek dari prosesi Ratu Elizabeth II yang melakukan prosesi sejauh 5 mil atau sekitar 8 km. 

Raja dan ratu akan melakukan perjalanan menuju Biara Westminster Abbey dalam prosesinya melalui Admiralty Arch dan di sepanjang sisi selatan Trafalgar Square, menyusuri Whitehall dan di sepanjang Parliament Street.

Prosesi kemudian akan berlanjut mengitari sisi timur dan selatan Parliament Square ke Broad Sanctuary hingga akhirnya tiba di Westminster Abbey, tempat upacara penobatan yang akan dimulai pada pukul 11.00.

Rute tersebut diputuskan karena alasan praktis dan juga familiar sebagai rute kerajaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rute Balik yang Sama

Detail Prosesi Penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023, dari Kereta Emas hingga Emoji Spesial
Kereta kencana Gold State akan dipakai untuk membawa Raja Charles III dan Ratu Camilla kembali ke Istana Buckingham seusai upacara penobatan di Westminster Abbey. (dok. HANNAH MCKAY / POOL / AFP)

Setelah dinobatkan, Raja Charles III dan Ratu Camilla kembali ke Istana Buckingham melalui rute yang sama dengan menaiki kereta Gold State Coach.

Prosesi ini akan dilakukan dalam skala yang jauh lebih megah dan lebih besar, dan melibatkan ribuan anggota angkatan bersenjata dari Inggris, Persemakmuran, dan Wilayah Seberang Laut Inggris yang akan berbaris dan berbaris di sepanjang rute, bersama dengan pengawal dan Royal Watermen.

Pada kesempatan ini, publik akan melihat raja dan ratu secara sekilas, dalam perjalanan mereka saat meninggalkan Istana Buckingham menuju Westminster Abbey

Kereta mereka akan ditarik oleh enam kuda abu-abu Windsor dan didampingi oleh pengawal kedaulatan dari Kavaleri Rumah Tangga.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya