Merinding, Putri Ariani Lantunkan QS Ar-Rahman di Sekolah Impiannya Juilliard School

Putri Ariani semakin dekat dengan impiannya. Gadis asal Yogyakarta berusia 17 tahun ini menyambangi sekolah impiannya yaitu The Juilliard School New York.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 06 Okt 2023, 14:02 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2023, 14:02 WIB
Putri Ariani Berkunjung ke Kampus Impian The Juilliard School , Unjuk Gigi Bawakan Lagu Elthon John
Putri Ariani Berkunjung ke Kampus Impian The Juilliard School , Unjuk Gigi Bawakan Lagu Elthon John (Tangkapan Layar Instagram/indonesiainnewyork)

Liputan6.com, Jakarta - Putri Ariani semakin dekat dengan impiannya. Gadis asal Yogyakarta berusia 17 tahun ini menyambangi sekolah impiannya yaitu The Juilliard School New York.

Hal yang membuat merinding adalah ketika ia melantunkan ayat suci Al-Qur'an Surah Ar-Rahman, demikian terlihat dalam video yang diunggah oleh tim KJRI New York pada Rabu (4/10).

Lantunan ayat suci Al-Qur'an itu dilakukan oleh Putri Ariani di hadapan para petinggi dan pejabat The Juilliard School New York.

Tak hanya itu, Putri Ariani juga menyempatkan untuk berkeliling The Juilliard School New York dan melihat aktivitas di sekolah tersebut.

The Juilliard School New York adalah sekolah seni terkemuka di Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 1905.

Putri juga unjuk gigi menyanyikan lagu milik Elton John bertajuk "Don't Let the Sun go Down" sembari bermain piano di Paul Recital Hall The Juilliard School. Lagu ini juga sempat dinyanyikannya dalam final America's Got Talent 2023. 

Musisi muda yang sebelumnya menjuarai Indonesia's Got Talent pada 2014 tersebut, di awal video audisi terlihat ceria, termasuk saat memperkenalkan dirinya. "Aku selalu bermimpi untuk bisa berada di America's Got Talent sejak kecil," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Curahan Hati Putri Ariani

Putri Ariani
Putri Ariani tampil dengan dress coklat berpayet di bagian atas dan aksen batik di bagian bawah dressnya. [@arianismaputri]

"Tantangan terbesarku, adalah orang melihatku hanya sebagai orang buta, bukan sebagai musisi. Tapi saat aku menyanyi, aku merasa seperti seorang superstar," lanjutnya sambil tertawa kecil.

Host AGT Terry Crews kemudian bertanya apa yang akan ia tampilkan dalam ajang ini. "Aku akan bernyanyi dan bermain piano," katanya.

Ia kemudian naik ke panggung dengan diantar ayahnya. Aktris Sofia Vergara yang duduk di bangku dewan juri menyapanya dengan hangat. "My name is Putri Ariani, I'm 17 years old, and I'm from Indonesia," kata gadis ini disambut tepuk tangan penonton.

Kesempatan ini rupanya adalah pertama kalinya bagi Putri menginjakkan kaki di Amerika Serikat. Ia juga membagikan mimpi besar yang hendak diraihnya. "Mimpiku adalah menjadi diva besar di dunia seperti Whitney Houston dan memenangkan Grammy Award," kata Putri.

Ia menjelaskan bahwa kini ia masih duduk di bangku SMA. Ia juga berharap bisa masuk sekolah seni ternama di Amerika, The Juilliard School.


Mengenal Juilliard School, Sekolah Impian Putri Ariani

Gaun mewah Putri Ariani (Instagram/arianinismaputri)
Gaun mewah Putri Ariani (Instagram/arianinismaputri)

Melansir situs web The Juilliard School, Selasa, 13 Juni 2023, Juilliard School disebut sebagai "pemimpin dunia dalam pendidikan seni pertunjukan" yang sudah eksis sejak 1905. "Misi sekolah adalah memberi pendidikan artistik berkaliber tertinggi bagi musisi, penari, aktor berbakat, komposer, koreografer, dan penulis drama dari seluruh dunia sehingga mereka dapat mencapai potensi penuh mereka sebagai seniman, pemimpin, dan warga dunia," sambung mereka.

Di bawah kepemimpinan Damian Woetzel sejak 2018, Juilliard dalam semua pekerjaannya dipandu nilai-nilai inti keunggulan, kreativitas, kesetaraan, keragaman, inklusi, dan rasa memiliki, katanya. Kampus seni ini juga berkomitmen menyediakan pendidikan bagi siswa paling berbakat, terlepas dari latar belakang keuangan mereka.

Terletak di Lincoln Center, New York City, Amerika Serikat (AS), Juilliard menawarkan gelar sarjana dan pascasarjana di bidang tari, drama (akting dan penulisan drama), serta musik (klasik, jazz, pertunjukan sejarah, dan seni vokal). Saat ini, sebutnya, lebih dari 800 seniman dari 43 negara bagian dan 44 negara dan wilayah terdaftar di Juilliard's College Division.

"Mereka tampil di lebih dari 700 pertunjukan tahunan di lima teater sekolah, di aula Alice Tully dan David Geffen di Lincoln Center dan di Carnegie Hall, serta di tempat lain di sekitar New York City, AS, dan dunia," katanya.


Berapa Biayanya?

Putri Ariani
Putri Ariani menghadiri karpet merah untuk "America's Got Talent" Season 18 Live Show di Hotel Dena pada tanggal 5 September 2023 di Pasadena, California. (Monica Schipper/Getty Images North America/Getty Images via AFP)

Perkiraan anggaran untuk siswa Juilliard tahun pertama untuk sembilan bulan tahun akademik 2023-2024 dihitung berdasarkan biaya kuliah, iuran, asuransi, dan asrama. Rinciannya, yakni:

  • Biaya kuliah 53,3 ribu dolar AS (sekitar Rp792 juta)
  • Kamar Double, termasuk Meal Plan 21.340 dolar AS (sekitar Rp317 juta)
  • Asuransi Kesehatan Pelajar (Perkiraan) 3.000 dolar AS (sekitar Rp44,6 juta)
  • Biaya Orientasi 250 dolar AS (sekitar Rp3,7 juta)

Subtotal biaya yang ditagih sekitar 77.890 dolar AS (sekitar Rp1,1 miliar).

Sementara, estimasi anggaran mahasiswa non-asrama sekitar 82.240 dolar AS (sekitar Rp1,2 miliar). Untuk tujuan MOU militer dan DoD, tarif kuliah per kredit Juilliard untuk tahun akademik 2023-24 adalah 2.221 dolar AS (sekitar Rp33 juta), berdasarkan studi penuh waktu 12 kredit per semester. Disebut juga bahwa asuransi kesehatan dibebankan pada semua siswa.

Warga negara AS dan penduduk tetap dengan jaminan kesehatan yang memenuhi syarat di AS dapat mengajukan permohonan agar biaya ini dibebaskan. Namun, rencana ini wajib untuk semua siswa internasional, seperti Putri Ariani.

Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional
Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya