Kebiasaan Unik Raja Charles III Setiap Pagi, Minta Tali Sepatunya Disetrika

Raja Charles III sempat mendapat julukan "Pangeran yang Dimanjakan" oleh sejumlah pegawainya karena permintaan rumit darinya.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 27 Nov 2023, 20:40 WIB
Diterbitkan 27 Nov 2023, 20:40 WIB
Senyum Pertama Raja Charles III di Tengah Skandal Buku Pangeran Harry
Raja Charles III menemui publik jelang kebaktian di Gereja St. Lawrence Church, Norfolk, Inggris, Minggu, 8 Januari 2023. (dok. Joe Giddens/PA via AP)

Liputan6.com, London - Setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur.

Beberapa orang mungkin terbiasa untuk langsung berolahraga sementara yang lain memilih untuk melakukan pekerjaan rumah. Tak terkecuali bagi bangsawan keluarga Inggris, Raja Charles III yang memiliki rutinitas pagi yang agak aneh, termasuk permintaan khusus untuk tali sepatu yang akan dipakainya.

Menurut mantan kepala pelayan Putri Diana Burrell, segala sesuatunya telah disiapkan baginya.

Raja Charles III diketahui memiliki 28 pegawai rumah tangga pribadi, termasuk empat orang koki, lima orang manajer rumah, tiga orang pelayan dan penata busana hingga beberapa kepala pelayan. Mereka semua tentu bertugas untuk menyiapkan segala kebutuhan suami Ratu Camilla itu.

Berbicara dalam sebuah film dokumenter berjudul "Serving the Royals: Inside the Firm" yang tayang di Amazon Prime, Burrell mengatakan bahwa Charles meminta setiap pagi agar tali sepatunya disetrika hingga rata.

"Piyamanya disetrika setiap pagi, tali sepatunya disetrika hingga rata, sumbat bak mandi harus pada posisi tertentu, dan suhu air harus hangat," tutur Burrell, seperti dikutip laman Mirror, Senin (27/11/2023).

Mantan kepala pelayan itu juga mengungkapkan bahwa setiap pagi, "ia meminta pelayannya memasukkan satu inci pasta gigi ke sikat giginya."

Raja Charles juga meminta agar bath tubnya hanya diisi setengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menu Sarapan Harus Sehat

Raja Inggris Charles III
Reaksi Raja Charles III Inggris saat ia mengunjungi museum Leighton House yang baru direnovasi, di London barat, pada 9 Februari 2023 untuk melihat beberapa karya seni yang ditugaskan oleh asosiasi Turquoise Mountain.Justin TALLIS / POOL / AFP

Sementara untuk menu sarapan, kata Burrell, Charles meminta makanan yang sangat sehat.

"Pangeran Charles memiliki pilihan yang lebih sehat. Dia akan makan roti buatan sendiri, semangkuk buah dan jus buah segar", kata mantan koki kerajaan, Graham Newbould.

"Dia punya enam jenis madu yang berbeda, beberapa muesli spesial, buah keringnya, dan apa pun yang agak spesial yang membuatnya sedikit rewel," lanjutnya.

Menurut film dokumenter tersebut, Charles juga mendapat gelar "Pangeran yang Dimanjakan" dari para pegawainya di Clarence House.

Dia juga dikenal aturan perjalanan yang ketat, seperti yang dilaporkan sebelumnya bahwa dia membawa dudukan toilet dan toiletnya sendiri saat bepergian.


Jamu Bintang K-pop BTS dan Blackpink

Blackpink dapat gelar kehormatan MBE dari Raja Charles III. Hadir pula Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Ibu Negara Kim Keon Hee.(Victoria Jones/Pool Photo via AP)
Blackpink dapat gelar kehormatan MBE dari Raja Charles III. Hadir pula Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Ibu Negara Kim Keon Hee.(Victoria Jones/Pool Photo via AP)

Belum lama ini, Raja Charles III kedatangan tamu negara dari Korea Selatan yakni Presiden Yoon Suk Yeol pada Selasa 21 November 2023 waktu setempat. Dalam kemegahan jamuan makan malam kenegaraan Istana Buckingham, sang raja Inggris menghadirkan referensi tak terduga tentang budaya populer Korea.

Raja Charles III menghadirkan bintang K-pop Blackpink dan BTS tatkala menyambut Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol pada hari pertama kunjungan kenegaraannya.

Dalam pidato perjamuannya, seperti dikutip dari BBC, Raja Charles III memuji budaya Korea Selatan dalam "kemampuan luar biasa yang memikat imajinasi". Meskipun dia mengakui bahwa dia tidak tahu banyak "apa yang disebut Gangnam Style".

Kendati demikian tidak terulang kembali kepiawaian ala karaoke Presiden Yoon saat mengunjungi Presiden AS Joe Biden, saat pemimpin Korea Selatan itu menyanyikan "American Pie".


Sambutan dari Yoon Suk Yeol

Anggunnya Kate Middleton Berbalut Jubah Merah Menyala saat Sambut Presiden dan Ibu Negara Korea Selatan
Kate Middleton terlihat memberi penghormatan kepada Raja Charles III dan Ratu Camilla saat mereka menyambut Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan ibu negara. (dok. Youtube Royal Family Chanel)

Sebaliknya Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengatakan bahwa di masa mudanya dia dan teman-temannya "semuanya adalah penggemar The Beatles, Queen dan Elton John". Dengan asumsi bahwa ini merujuk pada grup pop, bukan monarki.

Kunjungan kenegaraan merupakan perpaduan "soft power" antara arak-arakan dan politik praktis. Sambutan karpet merah yang dilakukan untuk Korea Selatan merupakan tanda penghormatan terhadap sekutu dan mitra dagang yang semakin penting, di wilayah yang ketegangannya meningkat dengan Tiongkok.

Jamuan makan malam kenegaraan di Buckingham Palace Ballroom dihadiri seluruh pengunjung, dengan para tamu Korea Selatan disambut oleh Raja, Ratu, Pangeran dan Putri Wales serta Perdana Menteri Rishi Sunak.

Pesepakbola paling terkenal di Korea Selatan, Son Heung-min dari Spurs, tidak hadir, namun girl band K-pop Blackpink termasuk di antara para tamu.

Lord Cameron, yang kembali ke politik garis depan sebagai menteri luar negeri, duduk beberapa tempat dari Putri Anne.

Pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer dan pemimpin Lib Dem Ed Davey termasuk di antara para tamu, menghadapi pengaturan meja yang rumit dengan enam gelas anggur berbeda dan sederet peralatan makan berwarna perak-emas.

Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya