Badai Musim Dingin Dahsyat Terjang AS, 92 Orang Tewas

Lebih dari 90 kematian terkait cuaca telah tercatat di seluruh AS setelah negara itu dilanda badai musim dingin yang ganas selama sepekan terakhir.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 22 Jan 2024, 20:45 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2024, 20:45 WIB
Orang-orang berjalan melewati salju di Prospect Park Brooklyn pada musim dingin 21 Januari 2024 di New York City AS. (Spencer Platt / AFP)
Orang-orang berjalan melewati salju di Prospect Park Brooklyn pada musim dingin 21 Januari 2024 di New York City AS. (Spencer Platt / AFP)

Liputan6.com, New York - Lebih dari 90 kematian terkait cuaca telah tercatat di seluruh AS setelah negara itu dilanda badai musim dingin yang dahsyat selama sepekan terakhir.

Korban tewas tersebut termasuk sedikitnya 25 orang di Tennessee dan 16 orang di Oregon, yang masih berada dalam keadaan darurat akibat badai es yang parah.

Puluhan ribu orang juga masih hidup tanpa aliran listrik di sebagian besar negara tersebut.

Kondisi es diperkirakan akan mereda dalam beberapa hari ke depan.

Sebanyak 92 kematian terkait cuaca telah tercatat di seluruh negeri selama seminggu terakhir, menurut penghitungan yang dilakukan oleh CBS, mitra BBC di AS, dikutip Senin (22/1/2024).

Meskipun jumlah korban tewas terbesar terjadi di Tennessee dan Oregon, korban jiwa juga dilaporkan di Mississippi, Illinois, Pennsylvania, Washington, Kentucky, Wisconsin, New York, New Jersey, dan tempat lain.

Dalam satu insiden di Portland, Oregon Rabu lalu, tiga orang tewas tersengat listrik ketika angin kencang menyebabkan kabel listrik jatuh dan menimpa kendaraan yang mereka tumpangi. Seorang bayi yang berada di dalam kendaraan selamat.

Kematian lainnya masih dalam penyelidikan, termasuk kematian seseorang dalam kecelakaan lima mobil di Kentucky dan empat di Illinois.

Lima orang – mayoritas dari mereka dianggap tunawisma – meninggal hanya dalam empat hari di Seattle, menurut Associated Press.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Waspada Lapisan Es

Sekolah diliburkan karena salju di musim dingin di Washington AS. (Jacquelyn Martin/AP)
Sekolah diliburkan karena salju di musim dingin di Washington AS. (Jacquelyn Martin/AP)

Di Mississippi, cuaca buruk telah mendorong para pejabat untuk memperingatkan pengemudi untuk "mengemudi hanya jika diperlukan" dan "waspada terhadap lapisan es" di jalan-jalan negara bagian. Perguruan tinggi dan universitas di negara bagian tersebut telah menunda kepulangan siswa dari liburan musim dingin karena kondisi tersebut.

Jumlah korban tewas di negara bagian itu meningkat menjadi 11 setelah tiga kematian lagi diumumkan di sana pada hari Minggu (21/1).

Pihak berwenang Mississippi juga menyelidiki apakah rumor online tentang potensi kekurangan air akibat badai mendorong warga untuk menyimpan air di bak mandi mereka. Tindakan tersebut menyebabkan penurunan sementara tekanan air dan keran kering bagi ribuan penduduk di Jackson, ibu kota negara bagian tersebut, yang memiliki masalah air bersejarah.

Masalah air juga terus melanda Tennessee, di mana 400.000 orang masih berada di bawah peringatan untuk merebus air karena pipa rusak di daerah Memphis – salah satu dari hampir 30 daerah yang mengeluarkan peringatan serupa. Perusahaan utilitas setempat di sana mengatakan telah memperbaiki 41 saluran air dan lebih dari 4.000 pipa air karena suhu yang dingin.

“Gunakan air matang atau air kemasan untuk minum, membuat es, menyikat gigi, mencuci piring, dan menyiapkan makanan sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata perusahaan tersebut di X. "Air keran aman untuk mandi dan mandi, usahakan jangan sampai masuk ke mulut Anda."

Restoran dan bar di kota bagian selatan AS dilaporkan menggunakan air kemasan untuk melayani pelanggan pada hari Minggu, dan beberapa di antaranya terpaksa tutup atau menawarkan menu yang dimodifikasi.

 


Listrik Masih Terputus dan Waspada Banjir Besar

Ilustrasi palang sengatan listrik (pixabay)
Ilustrasi listrik (pixabay)

Meskipun sebagian besar listrik telah pulih di wilayah AS yang terputus karena cuaca musim dingin, puluhan ribu orang masih belum mendapatkan aliran listrik di seluruh negeri.

Hingga Minggu (21/1) malam, 45.000 orang kehilangan aliran listrik di Oregon. Pemadaman listrik lebih lanjut dilaporkan terjadi di Pennsylvania, California, New Mexico, dan Indiana.

Layanan Cuaca Nasional AS telah mengeluarkan peringatan badai es pada hari Senin (22/1) untuk sebagian wilayah Arkansas dan Oklahoma, dan kondisi berkendara diperkirakan berbahaya di sebagian besar wilayah negara itu hingga hari Senin (22/1).

Setelah itu, diperkirakan akan terjadi pencairan es, dan beberapa ahli meteorologi memperingatkan bahwa udara hangat dan hujan dapat menyebabkan banjir di beberapa bagian wilayah barat tengah dan timur laut AS.

Pada akhir minggu ini, suhu di beberapa bagian timur negara itu mungkin jauh di atas rata-rata sepanjang tahun.

Infografis Ragam Festival Kuliner Nusantara
Infografis Ragam Festival Kuliner Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya