Mengenal Prioritas 16 Kandidat Utama Senat Alabama Amerika Serikat

Warga Alabama tengah menanti terpilihnya senator Amerika Serikat (AS) yang baru.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 07 Feb 2024, 10:21 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2017, 02:06 WIB
17 Tahun Dirampas AS, Lonceng Balangiga Dikembalikan kepada Filipina
Bendera Amerika Serikat (AS) berkibar saat pengembalian lonceng Balangiga dari pemerintah AS ke Filipina di Pasay, Manila, Selasa (11/12). Lonceng Balangiga dihormati oleh orang Filipina sebagai simbol kebanggaan nasional. (AP Photo/Bullit Marquez)

Liputan6.com, Washington - Warga Alabama tengah bersiap menuju ke tempat pemungutan suara hari ini, selangkah lebih dekat untuk memilih senator Amerika Serikat (AS) yang baru.

Pemilihan pendahuluan khusus dijadwalkan pada 15 Agustus. Namun, jika tidak ada kandidat yang memperoleh suara sebanyak 50 persen, pemilihan putaran kedua akan dilakukan pada akhir September.

Sementara itu, pemilihan umum ditetapkan pada 12 Desember.

Dilansir Fox News, Kamis (1/2/2024), berikut adalah sembilan anggota Partai Republik dan tujuh anggota Partai Demokrat yang mencalonkan diri menjadi senator AS berikutnya dari Alabama.

1. James Beretta, Partai Republik

Dr James Beretta, seorang dokter spesialis nyeri di selatan Birmingham, pindah ke Alabama 25 tahun yang lalu untuk membesarkan keluarganya di daerah yang mengutamakan hidup berkomunitas.

Beretta mengatakan bahwa kekecewaan dengan Washington menjadi alasannya mencalonkan diri.

"Saya bosan dengan korupsi. Saya bosan dengan tujuan saya menjabat adalah untuk mempromosikan ideologi saya sendiri dan bukan apa yang dipilih dan disahkan," katanya.

Beretta mengatakan dia ingin melihat reformasi imigrasi "dilakukan dengan benar" dan berpikir harus ada undang-undang yang melarang untuk menggunakan handphone sambil menyetir. Dia juga berpendapat bahwa kondisi layanan kesehatan saat ini adalah "bencana lain", mengatakan mantan Gubernur Robert Bentley seharusnya memperluas Medicaid di Alabama.

Beretta mendukung Presiden Donald Trump dan menganggap Trump "menampilkan dirinya kepada dunia dengan cara yang jauh lebih baik dibandingkan pemerintahan sebelumnya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Will Boyd, Partai Demokrat

Sepatu Putih Mengenang Perawat Tewas Akibat Covid-19
Serikat perawat Amerika Serikat (AS) meletakkan 164 pasang sepatu putih di luar US Capitol di Washington, DC pada Selasa (21/7/2020). Sepatu-sepatu itu melambangkan para perawat yang tewas akibat covid-19 dan menuntut Senat bertindak cepat melindungi perawat di garis depan. (Olivier DOULIERY/AFP)

Pendeta Will Boyd adalah seorang Demokrat, tapi dia tidak mendukung aturan pengendalian senjata atau aborsi.

"Saya bukan orang yang ingin mengambil senjata. Saya bukan orang yang ingin membunuh bayi," kata Boyd

Dia mengatakan dia dibesarkan di Carolina Selatan dan hanya ingin menegakkan hukum yang ada mengenai siapa yang boleh membeli senjata api. Mengenai aborsi, Boyd menggambarkan dirinya menekankan pentingnya adopsi.

Dikutip dari situs kampanyenya, sebagai senator AS, Boyd akan mendukung "peta jalan kewarganegaraan realistis" bagi imigran tidak berdokumen agar dapat hidup dan bekerja dengan damai di AS.

3. Joseph Breault, Partai Republik

Meski mencalonkan diri sebagai presiden, Joseph Breault tidak terlalu menonjolkan diri. Bahkan, Partai Republik Alabama bahkan tidak menyadari siapa dia.

Selain itu, seperti yang diketahui surat kabar AL.com, Breault juga tidak suka berbicara dengan wartawan.

Breault, seorang pendeta yang berbasis di Pangkalan Angkatan Udara Maxwell di Montgomery, juga merupakan calon dari Partai Republik dalam pemilihan DPR di Utah tahun lalu.

Dia sebelumnya menjabat sebagai pendeta di rumah sakit VA di Salt Lake City dan di pangkalan Angkatan Udara Buckley di Aurora, Colorado.

4. Randy Brinson, Partai Republik

Seorang pendeta awam dan mantan wali universitas, Randy Brinson juga menerima gelar kedokteran dari Medical College of Georgia dan menjabat sebagai kepala gastroenterologi di Pangkalan Angkatan Udara Maxwell.

Selain prestasi profesionalnya, Brinson juga mencatat aktivisme Kristen di situs kampanyenya.

Dia mengatakan dia membawa WAY-FM, sebuah stasiun musik Kristen, ke Montgomery dan memimpin organisasi nirlaba Christian Coalition of Alabama.

Ia juga mendirikan organisasi konservatif Redeem the Vote, yang berupaya meningkatkan pendaftaran pemilih dan partisipasi umat Kristen. Brinson mengundurkan diri dari organisasi untuk mencalonkan diri sebagai Senat.

Sebagai seorang senator, Brinson akan mendorong untuk mengakhiri Common Core, mencabut dan menggantikan ObamaCare serta melindungi hak kepemilikan senjata dan kebebasan beragama.


5. Mo Brooks, Partai Republik

Ilustrasi Gedung Putih, Amerika Serikat. (Dok. Pixabay)
Ilustrasi Gedung Putih, Amerika Serikat. (Dok. Pixabay)

Seperti beberapa lawannya, Anggota Parlemen AS Mo Brooks, R-Ala., lahir di Carolina Selatan tetapi pindah ke Alabama saat masih kecil.

Namun di Alabama, Brooks berpengaruh dalam politik dan hukum.

Dia lulus dari Fakultas Hukum Universitas Alabama, bekerja sebagai jaksa di kantor Kejaksaan Distrik Tuscaloosa dan menjadi juru tulis untuk Hakim Pengadilan Wilayah John David Snodgrass, menurut situs kampanyenya.

Dia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Alabama pada tahun 1982, menunjuk jaksa wilayah Madison County pada tahun 1991 dan menjabat sebagai asisten khusus jaksa agung untuk Sessions pada tahun 1995 ketika Sessions menjadi jaksa agung negara bagian.

Sebagai seorang senator, Brooks mengatakan dia akan membela hak kepemilikan senjata, mendukung janji Trump untuk membangun tembok perbatasan dan mendorong sanksi terhadap "negara-negara yang bermusuhan."

6. Vann Caldwell, Partai Demokrat

Vann Caldwell adalah polisi di Talladega County – dekat pusat negara bagian.

Dia pernah bekerja di sebuah peternakan dan di divisi keamanan publik di Universitas Alabama, menurut situs webnya. Setelah itu, ia mengembangkan bisnis keamanannya sendiri.

Caldwell mengatakan bahwa sebagai seorang senator, dia akan fokus pada perekonomian, yang pada gilirannya akan membantu masalah-masalah lain seperti dalam bidang pendidikan, militer, dan keamanan dalam negeri.

7. Jason Fisher, Partai Demokrat

Jason Fisher sudah lama tinggal di Gulf Coast Alabama, namun politisi Partai Demokrat berusia 45 tahun itu tumbuh dengan bekerja di pertanian di Iowa Timur, menurut situs kampanyenya.

Bagi Fisher, layanan kesehatan adalah isu utama – dan hal ini sangat menyentuh hatinya.

Dia mengatakan dia berharap Kongres akan berupaya memperbaiki undang-undang layanan kesehatan yang ada saat ini agar lebih baik bagi warga Amerika.


8. Michael Hansen, Partai Demokrat

Gedung Putih
Gedung Putih menyala dengan warna biru dan putih, warna bendera Israel, sebagai bentuk solidaritas Amerika Serikat dengan Israel di Washington, Amerika Serikat, Senin (9/10/2023). (AP Photo/Jon Elswick)

Michael Hansen (35) mengatakan pencalonannya sebagai anggota Senat adalah sebuah "kemungkinan kecil" – namun ia tetap ingin mengambil kesempatan tersebut.

Di Senat, Hansen mengatakan dia akan memperjuangkan undang-undang federal untuk melindungi kelompok LGBTQ dari diskriminasi, melawan kebijakan yang secara sistematis menindas orang kulit berwarna dan mengadvokasi pendanaan layanan keluarga berencana, termasuk Planned Parenthood.

9. Doug Jones, Partai Demokrat

Seorang mantan jaksa federal, Doug Jones mengatakan dia "berharap dapat kembali ke jabatan publik."

Di situs kampanyenya, Jones mengkritik Trump karena menarik AS dari perjanjian perubahan iklim Paris. Dia juga mengatakan dia mendukung "hak perempuan untuk memilih" dan mendukung Planned Parenthood.

"Kejahatan seputar kampanye tahun 2016 harus disingkirkan dan kesetaraan penuh bagi perempuan harus dijadikan hukum dan norma di Amerika," katanya.

10. Robert Kennedy Jr., Partai Demokrat

Kennedy kuliah di Fuqua School of Business Universitas Duke dan ditempatkan di Jepang bersama Angkatan Laut. Dia aktif bertugas selama sembilan tahun.

"Saya seorang Demokrat yang bertanggung jawab secara fiskal dan memimpin dengan keyakinan," kata Kennedy di situs kampanyenya.


11. Mary Maxwell, Partai Republik

20160612-Penembakan Orlando, Gedung Putih Kibarkan Bendera Setengah Tiang-AS
Petugas seusai menurunkan bendera setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, sebagai tanda berduka atas penembakan brutal klub gay Pulse di Kota Orlando, Florida, Amerika Serikat (AS), Minggu (12/6). (AFP PHOTO/Yuri GRIPAS)

Mary Maxwell secara khusus pindah dari Australia ke Alabama, AS, untuk mencalonkan diri sebagai Senat terbuka.

Sebagai senator, dia mengatakan komitmennya menentang perang, kewajiban vaksinasi dan privatisasi penjara. Dia juga ingin mengaudit Sistem Federal Reserve dan "akan menyelidiki penindasan yang dilakukan pemerintah."

12. Roy Moore, Partai Republik

Jika Chuck Norris berhasil, Hakim Roy Moore akan menjadi senator berikutnya.

"Alabama membutuhkan Hakim Moore di sana untuk melakukan apa yang selalu dia lakukan: berjuang untuk melindungi hak konstitusional untuk hidup, kebebasan beragama, dan kebebasan untuk melindungi diri kita sendiri dan keluarga kita. Dan dia akan selalu mengutamakan prinsip di atas politik," kata Norris.

Moore baru-baru ini menjabat sebagai Ketua Mahkamah Agung Alabama tetapi ditangguhkan pada bulan September 2016 dari ketua hakim karena melanggar aturan etika peradilan.

Moore menganjurkan penggunaan militer untuk melindungi perbatasan selatan negara itu, dengan segera mencabut ObamaCare dan menjadikan homoseksualitas bertentangan dengan kebijakan militer di situs kampanyenya.

13. Bryan Peeples, Partai Republik

Bryan Peeples masih muda, belum pernah menduduki jabatan terpilih dan tidak memiliki ketua kampanye.

"Saya melakukan ini sendiri," kata pria berusia 37 tahun itu.

Sebagai konsultan untuk hotel dan restoran skala kecil dan menengah, Peeples berfokus pada keluarga berpenghasilan menengah dan usaha menengah.

Dia juga fokus pada reformasi pajak dan pembatasan masa jabatan.


14. Trip Pittman, Partai Republik

Dua Penembakan Massal di AS
Bendera Amerika Serikat berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di semua gedung pemerintah untuk mengenang korban tewas dalam dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (AP/Andrew Harnik)

Senator Negara Bagian Trip Pittman adalah "penerus alami Jeff Sessions di Senat AS", menurut situs kampanyenya.

Pittman mencalonkan diri sebagai Senat negara bagian setelah dia selamat dari kecelakaan pesawat pada tahun 2007.

Pittman menentang aborsi dan mendukung seruan Trump untuk membangun tembok perbatasan.

15. Luther Strange, Partai Republik

Strange saat ini memegang kursi lama Sessions, karena ia ditunjuk oleh gubernur untuk menyelesaikan masa jabatan Sessions. Namun Strange berharap dapat mempertahankan jabatan yang diberikan kepadanya.

Sebelum penunjukannya di Senat, Strange adalah jaksa agung Alabama dan bergabung dalam tuntutan hukum terhadap pemerintahan Obama yang menantang perintah eksekutif Obama mengenai amnesti bagi imigran tidak berdokumen.

16. Charles Nana, Partai Demokrat

Pengusaha Charles Nana berimigrasi ke AS dari Kamerun di Afrika Barat, dan dia membagi waktu antara pekerjaannya di Nashville dan rumahnya di Birmingham.

Nana mendorong adanya "angin segar baru" dalam senat, yang mencakup pendidikan gratis hingga perguruan tinggi.

"Jika kita mempertimbangkan untuk membangun tembok dengan Meksiko, kita pasti mampu memberikan anak-anak kita pendidikan gratis mulai dari Pra-K hingga perguruan tinggi," katanya di situs webnya.

Sementara itu, terdapat empat kandidat yang mundur yakni Dominic Gentile (Partai Republik), Ed Henry (Partai Republik), Karen Jackson (Partai Republik) dan Brian McGee (Partai Demokrat).

Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya