Trik Sederhana Menghangatkan Gorengan Lembek Menjadi Krispi Lagi

Saat menikmati gorengan, satu hal yang seringkali membuat frustrasi adalah saat makanan tersebut menjadi lembek setelah beberapa saat.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 06 Agu 2024, 09:42 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 09:42 WIB
Cara Masak Tempe Goreng yang Renyah, Bumbu Meresap Sempurna
Cara Masak Tempe Goreng yang Renyah, Bumbu Meresap Sempurna (YouTube/Dapur ummu syazwan)

Liputan6.com, Jakarta Saat menikmati gorengan, satu hal yang seringkali membuat frustrasi adalah saat makanan tersebut menjadi lembek setelah beberapa saat. Tekstur krispi yang menjadi salah satu daya tarik gorengan seringkali hilang begitu makanan tersebut mendingin atau disimpan untuk beberapa waktu.

Ini bisa menjadi masalah terutama saat anda ingin menghidangkan makanan tersebut untuk keluarga atau tamu, dan tentu saja, semua orang ingin menyajikan makanan yang tetap enak dan menarik secara tekstur.Namun, jangan khawatir! Ada beberapa trik sederhana yang dapat membantu mengembalikan kerenyahan gorengan yang telah melempem.

Dengan metode yang tepat, Anda bisa menghidupkan kembali krispi pada gorengan tanpa harus mengorbankan kualitas rasa atau tekstur. Mari bersama simak beberapa langkah praktis yang bisa Anda coba untuk mendapatkan hasil terbaik seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (6/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Persiapkan Gorengan yang Sudah Tidak Keras

Bukan Digoreng Lagi, Begini Cara Hangatkan Gorengan Lembek Jadi Krispi
Begini Trik Hangatkan Gorengan Lembek Agar Tetap Krispi (Instagram/@tudinarkhumairoh)

Mulailah dengan memeriksa apakah ada gorengan yang melempem dan perlu dihangatkan kembali sebagai langkah pertama. Kemudian, letakkan gorengan tersebut di atas wajan. Jika dibiarkan terbuka di udara, gorengan akan menjadi lembek dalam waktu tiga hingga empat jam saja.


2. Gunakanlah Api Kecil untuk Pemanasan.

Bukan Digoreng Lagi, Begini Cara Hangatkan Gorengan Lembek Jadi Krispi
Cara Hangatkan Gorengan Lembek Jadi Krispi, Jangan Digoreng Lagi (Instagram/@tudinarkhumairoh)

Anda tidak perlu meneteskan minyak tambahan, hanya dengan menempatkan dua atau tiga makanan yang ingin digoreng di dalam penggorengan dan menghidupkan kompor dengan api kecil. Penting untuk diingat bahwa sebaiknya jangan menyalakan kompor melebihi setengah dari kekuatannya. Metode ini sangat praktis, terutama bagi mereka yang tidak memiliki alat penggoreng tanpa minyak.


3. Gorengan yang terus-menerus diputar.

Bukan Digoreng Lagi, Begini Cara Hangatkan Gorengan Lembek Jadi Krispi
Beginilah Cara Mengembalikan Gorengan Lembek Menjadi Krispi Tanpa Digoreng Ulang (Instagram/@tudinarkhumairoh)

Selalu diingatkan untuk membalik gorengan agar tetap panas dan renyah di kedua sisinya, seperti yang biasanya dilakukan. Proses pemanasan gorengan hanya memakan waktu sekitar satu hingga dua menit.


4. Kembali Renyah Gorengan Sudah.

Tanpa Digoreng, Ini Cara Panaskan Gorengan Melempem Agar Kembali Renyah
Cara Menghangatkan Gorengan agar Tetap Renyah Tanpa Menggorengnya Kembali (Instagram/@tudinarkhumairoh)

Gorengan akan tetap renyah seperti semula setelah dipanaskan selama dua menit dan dibolak-balik. Kerenyahan gorengan akan dipertahankan oleh minyak yang masih tersisa pada gorengan, dengan api kompor yang sudah cukup untuk memanaskannya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya