Cara Praktis Membuat Pisang Goreng Renyah dan Awet Tanpa Margarin

Pisang goreng adalah salah satu camilan favorit yang banyak disukai karena rasa manisnya yang lezat dan teksturnya yang renyah.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 06 Agu 2024, 10:48 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 10:48 WIB
Tanpa Telur, Begini Cara Bikin Pisang Goreng yang Kriuk dan Sedikit Serap Minyak
Tanpa Telur, Begini Cara Bikin Pisang Goreng yang Kriuk dan Sedikit Serap Minyak (YouTube/Glentina Pasaribu)

Liputan6.com, Jakarta Pisang goreng adalah salah satu camilan favorit yang banyak disukai karena rasa manisnya yang lezat dan teksturnya yang renyah. Namun, mendapatkan pisang goreng yang renyah dan tahan lama tanpa menggunakan margarin seringkali menjadi tantangan bagi banyak orang.

Margarin seringkali digunakan untuk menambah kerenyahan, tetapi ada cara praktis untuk mencapai hasil yang sama hanya dengan bahan-bahan yang sederhana dan alami. Dengan teknik dan bahan yang tepat, pisang goreng dapat memiliki tekstur renyah yang memuaskan tanpa harus mengandalkan margarin.

Menggunakan campuran bahan seperti tepung beras atau pati jagung serta teknik melapisi pisang dengan adonan yang tepat dapat memberikan kerenyahan yang diinginkan. Selain itu, pemilihan minyak goreng yang berkualitas dan pengaturan suhu yang tepat saat menggoreng juga berperan penting dalam menghasilkan pisang goreng yang renyah dan awet. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pisang goreng bisa dinikmati dalam kondisi terbaiknya untuk waktu yang lebih lama.

Dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara praktis untuk membuat pisang goreng yang renyah, Selasa (6/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Persiapkanlah pisang Kepok.

Tanpa Pakai Margarin, Begini Cara Agar Pisang Goreng Bisa Renyah Berjam-jam
Cara agar pisang goreng tetap renyah berjam-jam tanpa menggunakan margarin (TikTok/@dapur_mamike22)

Pisang kepok yang paling lembut dan manis adalah pisang yang biasanya digunakan untuk digoreng. Ambillah tujuh buah pisang, kemudian irislah menjadi empat bagian memanjang. Setelah itu, tempatkan irisan pisang tersebut di dalam sebuah mangkuk.


2. Buatlah adonan untuk menggoreng pisang.

Tanpa Pakai Margarin, Begini Cara Agar Pisang Goreng Bisa Renyah Berjam-jam
Berikut adalah cara agar pisang goreng tetap renyah berjam-jam tanpa menggunakan margarin (TikTok/@dapur_mamike22).

Dalam rangka menghindari penggunaan margarin, perlu membuat dua jenis adonan tepung yang berbeda, yaitu adonan dengan konsistensi cair dan adonan dengan konsistensi kering. Di bawah ini adalah daftar bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat adonan tepung cair:

- 100 gram tepung terigu

- 1 sendok makan gula pasir

- 1/4 sendok teh garam

- 150 ml air

Adonan tepung kering : 

- 200 gram tepung terigu 

- 1/2 sendok teh baking powder.


3. Lakukan perendaman pisang ke dalam adonan.

Tanpa Pakai Margarin, Begini Cara Agar Pisang Goreng Bisa Renyah Berjam-jam
Agar Pisang Goreng Tetap Renyah Berjam-jam, Tidak Perlu Menggunakan Margarin (TikTok/@dapur_mamike22)

Mulailah dengan merendam potongan pisang kepok ke dalam adonan cair. Kemudian, balut potongan pisang yang telah direndam dengan adonan kering sambil ditekan-tekan agar penyebarannya merata. Teruskan proses ini hingga semua potongan pisang terlapis sempurna dengan campuran tersebut.


4. Menggoreng dengan api sedang.

Tanpa Pakai Margarin, Begini Cara Agar Pisang Goreng Bisa Renyah Berjam-jam
Agar Pisang Goreng Tetap Renyah Berjam-jam, Tanpa Menggunakan Margarin (TikTok/@dapur_mamike22)

Panaskan minyak yang mencukupi di dalam wajan atau pancook dengan intensitas api yang sedang. Setelah itu, masukkan pisang secara bertahap ke dalam minyak panas hingga seluruh permukaan penggorengan terisi penuh. Jika konsistensinya sudah mengental, maka pisang goreng sudah matang dan bisa diangkat dari wajan. Dengan cara ini, kualitas pisang goreng tetap renyah dan daya tahannya lebih optimal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya