Pria Asal Nepal Berhasil Taklukkan Puncak Everest Sebanyak 29 Kali

Pria asal Nepal ini bekerja sebagai sherpa atau pemandu di jalur pendakian puncak Everest.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 13 Mei 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2024, 10:00 WIB
Gunung Everest
Gunung Everest (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Kathmandu - Pendaki asal Nepal, Kami Rita, berhasil mencapai puncak Gunung Everest untuk ke-29 kalinya pada Minggu (12/5/2024). Ia berhasil memecahkan rekor sebagai pendaki yang paling sering mencapai puncak gunung tertinggi di dunia.

"Kami Rita mencapai puncak pagi ini. Sekarang dia telah membuat rekor baru dengan mencapai puncak Everest sebanyak 29 kali,” kata Mingma Sherpa dari Seven Summit Treks, penyelenggara ekspedisinya, seperti dilansir Malay Mail, Minggu (12/5).

Rita juga bekerja sebagai sherpa, orang yang bertugas memandu di jalur pendakian, selama lebih dari dua dekade. Ia pertama kali mencapai puncak setinggi 8.849 meter pada tahun 1994 ketika masih bekerja untuk ekspedisi komersial.

Sejak itu, ia pun mendaki Gunung Everest setiap tahun untuk membawa rombongan pendaki.

Rita mengaku bahwa ia hanya bekerja dan menjalankan tugasnya sebagai seorang sherpa, tanpa berencana memecahkan rekor apapun.

Selain Gunung Everest, ia juga telah berhasil menaklukkan puncak gunung lainnya termasuk puncak setinggi 8.000 meter di gunung tertinggi kedua dunia, K2 di Pakistan.

Sebagian besar calon pendaki Gunung Everest biasanya akan dikawal oleh pemandu asal Nepal, di mana tahun lalu ada lebih dari 600 pendaki berhasil mencapai puncak Everest.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Catata Rekor yang Pernah Didapatkan Orang Lain

Gunung Himalaya
Suasana pemandangan Gunung Himalaya, Gunung Ama Dablam (Kiri) (ketinggian 6812 meter) dari desa Khumjung di wilayah Everest, sekitar 140km timur laut Kathmandu (16/4). (AFP Photo/Prakash Mathema)

Rekor pendakian Gunung Everest lainnya juga pernah dipecahkan oleh bocah berusia dua tahun asal Inggris lantaran menjadi orang termuda yang berhasil mencapai Base Camp Gunung Everest.

Ross Dallas (35) membawa putranya, Carter, ke perkemahan di wilayah selatan gunung yang terletak 17.598 kaki di atas permukaan laut.

Dallas bersama istrinya, Jade (31), berhasil menyelesaikan pendakian tersebut dengan menggendong Carter di punggungnya.

Baca selengkapnya... 


Aksi Serupa

Gunung Himalaya
Para pendaki berjalan di sepanjang jalan di Syangboche di wilayah Everest, sekitar 140km timur laut Kathmandu (16/4). (AFP Photo/Prakash Mathema)

Ada pula rekor lain yang pernah tercatat. Sebelumnya, pendakian ke Gunung Everest dengan membawa anak turut dilakukan oleh keluarga Laddha, yang membawa putrinya, Arishka, baru berusia enam tahun, ke Gunung Everest. 

Dimple Laddha mengatakan bahwa selama dua tahun sebelum perjalanan mereka pada April 2024, ia dan Arishka sering jalan kaki sejauh lima mil atau sekitar delapan kilometer di dekat rumah mereka di Pune, India.

Ia akhirnya memutuskan bahwa putrinya sudah siap untuk menghadapi tantangan ke Gunung Everest. 

"Anak-anak pada umumnya memiliki banyak energi," kata Dimple Laddha.

"Saya pikir tugas orang tua adalah mengarahkan energi tersebut ke arah yang benar," tambahnya.

Selengkapnya di sini... 

Infografis 7 Tips Naik Gunung Minim Sampah
Infografis 7 Tips Naik Gunung Minim Sampah. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya