Amuk Topan Haiyan, Akhirnya Bantuan RI Tiba di Tacloban

Pesawat hercules milik TNI Angkatan Udara membawa bantuan sembako dari Cebu menuju Tacloban.

oleh Liputan6 diperbarui 19 Nov 2013, 10:53 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2013, 10:53 WIB
bantuan-haiyan2-131117b.jpg
Indonesia kembali menyalurkan bantuannya untuk korban topan Haiyan di pelosok lain Filipina. Pesawat hercules milik TNI Angkatan Udara membawa bantuan sembako dari Cebu menuju Tacloban.

Tak cuma sembako, pesawat yang dipimpin Mayor Pnb Puguh Yulianto itu juga mengangkut puluhan pengungsi yang akan kembali ke Tacloban. Salah satu pengungsi yang turut serta dalam penerbangan ini adalah Blacayon. Tacloban merupakan salah satu wilayah yang masih rawan konflik.

Blacayon mengatakan, telah sepekan ini berada di posko pengungsian Cebu. Di Cebu, dia membeli sejumlah bahan makanan dan perlengkapan bangunan. Kembalinya dia ke Tacloban karena keluarganya masih berada di sana.

"Saya ke Cebu bersama militer. Saya tinggalkan seluruh keluarga saya untuk membeli sejumlah bahan makanan," ujar Blacayon saat tiba di Bandara Tacloban, Filipina, seperti dilaporkan langsung Liputan6.com, Selasa (19/11/2013).  

"Saya juga membeli sejumlah bahan bangunan seperti cat, paku dan barang lainnya untuk memperbaiki rumah saya yang hancur akibat badai 'Yolanda' (topan haiyan)," tutur Blacayon.

Angin kencang diikuti serangan badai dan ombak tinggi menyapu puluhan rumah saat topan haiyan menghantam Filipina pada 8 November 2013 lalu. Lebih dari 3.000 orang meninggal dunia, infrastruktur serta kota pun melumpuh akibat sapuan topan 'maut' itu. Salah satu yang terparah adalah Kota Tacloban. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya