Cegah Agar si Kecil Tak Gemar Membully atau Jadi Korban Bully

Bila pola pikir si kecil tidak diasah, bisa jadi kelak cenderung membully

oleh Fitri Syarifah diperbarui 27 Mar 2014, 13:03 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2014, 13:03 WIB
Waspadai Tanda si Kecil Bakal Membully atau di-Bully
Bila pola pikirnya tidak diasah, anak akan memaksakan kehendaknya pada orang lain

Liputan6.com, Jakarta Bagaimanapun, perkembangan buah hati sejak kecil akan terekam hingga dewasa. Bila pola pikirnya tidak diasah, anak akan memaksakan kehendaknya pada orang lain. Walhasil, anak bisa jadi senang membully orang lain.

Begitu disampaikan Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Srti Ariani, S.Psi., M.Si (Nina). Menurutnya, orangtua harus peka terhadap perkembangan buah hati agar ia tidak jadi subjek atau objek bully.

"Misalnya perhatikan anak yang sering merengek atau memakasakan kehendak pada orang lain. Bisa saja dia terbiasa dan saat dewasa ia akan melakukan bullying," jelas Nina.

Nina menjelaskan, saat anak beranjak dewasa konotasi bullying cenderung akan lebih luas. Jadi bukan hanya bullying yang ringan. Seseorang bisa berbuat semena-mena, membiarkan orang lain sengsara dengan kekuasaannya juga termasuk bullying.

"Pelajari mengapa anak rewel. Dulu nangis, ketika dia sudah besar, dia bisa banting tv dan bullying orang. Saat dewasa, orangtua akan semakin tidak berdaya," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya