Di Taiwan, Vaksinasi Hepatitis Ampuh Mencegah Kanker Hati

Solusi agar terhindar dari kanker hati adalah dengan melakukan vaksinasi hepatitis.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 27 Agu 2014, 08:00 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2014, 08:00 WIB
Lever, liver, hepatitis

Liputan6.com, Jakarta Solusi agar terhindar dari kanker hati adalah dengan melakukan vaksinasi hepatitis. Sebab, faktor risiko terbesar dari penyakit dengan gejala mata kuning adalah viral hepatitis atau virus hepatitis B dan C.

"Di Indonesia, jumlah penderitanya terbilang cukup besar, mencapai 30 juta jiwa. Hampir 1 banding 10. Jadi, sangat penting untuk melakukan vaksinasi," kata DR. Dr. Rino A. Gani, SpPD, KGEH.

Dalam acara `Bayer Himbau Masyarakat dan Pemerintah Tanggap Penanganan Hati Stadium Lanjut` di Restoran Tesate, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/8/2014), Spesialis Penyakit Dalam FKUI-RSCM, menyebutkan bahwa sudah ada bukti vaksinasi hepatitis ampuh mencegah terjadinya kanker hati.

"Itu sudah dibuktikan di Taiwan. Sejak mereka melakukan vaksinasi untuk bayi yang baru lahir, kejadian kanker hati semakin berkurang," kata dia menambahkan.

Tapi, berhubung tidak semua jenis hepatitis dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi hepatitis, maka solusi lain untuk mencegah penyakit dengan gejala nyeri di perut bagian atas, terasa ada benjolan di perut bagian kanan atas, dan kembung adalah dengan menjalani pola hidup sehat, yaitu dengan menghindari konsumsi alkohol berlebihan.

"Selain virus, gaya hidup turut berpengaruh. Kegemukan dan alkohol, menyebabkan kenapa kanker hati di Indonesia semakin banyak," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya