Wanita Hamil Perlu Bersihkan Karang Gigi

Memasuki trimester kedua masa kehamilan, jangan takut dan paranoid datang ke dokter gigi untuk membersihkan karang.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 04 Sep 2015, 11:00 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2015, 11:00 WIB
Bersihkan Gigi Baiknya Pakai Benang Gigi
Dental Floss. Foto: pearldental

Liputan6.com, Jakarta Memasuki trimester kedua masa kehamilan, jangan takut dan paranoid datang ke dokter gigi untuk membersihkan karang. Langkah ini merupakan cara agar calon ibu terhindar dari risiko infeksi mulut, dan mencegah anak lahir prematur.

Ginekolog dari Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading dr Boy Abidin mengatakan, mulut yang sehat membantu wanita hamil mengunyah makanan dengan baik. Sehingga makanan bergizi itu dapat terserap dengan baik oleh janin.

"Kalau malas melakukan itu, kecukupan nutrisi pada janin tidak terpenuhi secara optimal yang berdampak kelahiran bayi prematur dengan berat badan lahir rendah," kata dr Boy dalam diskusi Pentingnya Kesehatan Gigi dan Gusi pada Ibu Hamil di Jakarta, Kamis (4/9/2015)

Boy melanjutkan, dari sebuah studi ditemukan wanita dengan kondisi gigi dan mulut yang sehat mampu menurunkan risiko preeklamsia (tekanan darah tinggi selama hamil) atau keracunan kehamilan sebesar 5 hingga 8 persen. Selain itu, membersihkan karang gigi dapat mengurangi bayi lahir prematur sebesar 50 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya