Lupa Hal Ini Setelah Mandi Bisa Bahayakan Vagina

Ada satu hal yang sering wanita lupa lakukan setelah mandi yang bisa bahayakan vagina.

oleh Melly Febrida diperbarui 03 Mei 2017, 06:00 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2017, 06:00 WIB
Vagina
Ada satu hal yang sering wanita lupa lakukan setelah mandi yang bisa bahayakan vagina.

Liputan6.com, Jakarta Kaum Hawa sering terburu-buru saat pagi hari. Menyiapkan sarapan, mandi, berpakaian, dan melakukan aktivitas lainnya. Ada satu hal yang hampir selalu dilupakan wanita usai mandi, dan itu tak bagus untuk vagina.

Wanita cobalah meluangkan waktu beberapa menit untuk mengeringkan area vagina setelah mandi. Biasanya, wanita cenderung buru-buru mengeringkan tubuh  sehingga melewatkan vagina, seperti dilansir Her, Selasa (2/5/2017). Mengabaikannya dapat berdampak negatif pada kesehatan vagina.

Jason James, M.D., direktur medis di Miami's FemCare Ob-Gyn, mengatakan, melupakan kebiasaan mengeringkan daerah intim bisa meningkatkan kemungkinan berkembangnya infeksi ragi.

James menjelaskan, ragi tumbuh subur pada kondisi lembab dan semakin lembab, semakin banyak kesempatan mengalami infeksi jamur yang buruk.

"Semua wanita memiliki ragi dan bakteri yang hadir setiap saat di dalam vagina, tapi ketidakseimbangan satu sama lain bisa menimbulkan infeksi".

"Kehangatan, kelembaban, dan gesekan dapat menyebabkan iritasi dan perubahan pH yang meningkatkan ragi dan menimbulkan infeksi klinis."

Langsung mengenakan pakaian setelah mandi tanpa benar-benar mengeringkan vagina akan menciptakan kondisi lembab. Cobalah luangkan waktu satu atau dua menit ekstra di kamar mandi untuk mengering area kewanitaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya