Biarkan Anak Bebaskan Rasa Ingin Tahunya

Ini alasan orangtua tidak boleh menekan rasa ingin tahu seorang anak

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Okt 2018, 14:00 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2018, 14:00 WIB
Ilustrasi anak-anak belajar
Ilustrasi (iStock)

 

Liputan6.com, Jakarta Anak punya rasa penasaran mencoba hal baru yang sangat tinggi. Rasa ingin tahu ini merupakan 'modal' bagi anak untuk mengeksplorasi lingkungan dan hal-hal baru. Bayangkan jika rasa tersebut tak ada, anak-anak tak memiliki kenginan untuk belajar, bertualang dan menjajal pengalaman baru.

Seringkali anak mengajukan pertanyaan yanga tak berujung pada ayah dan ibunya. Hal ini memang harus dihadapi dengan ekstra sabar. Jawablah pertanyaan anak sebisa mungkin. Jika tak tahu jawabannya, jawab saja " wah ayah/ ibu belum tahu jawabannya, bagaimana kalau kita cari tahu" .

"Hindari menyepelekan pertanyaan anak, meskipun terdengar lucu atau konyol sebenarnya rasa ingin mereka begitu tinggi. Pertanyaan itu muncul karena mereka bepikiri keras," kata Laura Adlen, seorang pakar pendidikan, dikutip dari CafeMom.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ini Saja yang Harus Anda Lakukan

Untuk membangkitkan rasa ingin tahu anak serta pemikiran kritisnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

- Membaca

Aktivitas satu ini sebenarnya sangat disukai anak-anak jika mereka didampingi orangtua yang juga suka membaca. Bukan hanya membaca cerita dongeng, tapi juga seri buku pengetahuan penuh gambar. Hal-hal detail seperti 'kenapa ayam mengeram telurnya?' atau 'ada binatang yang punya kantung' akan sangat menarik bagi anak.

Membaca akan membuat anak mendapatkan pengetahuan baru sekecil apapun itu, seperti istilah, gambar, pengucapan yang benar. Rasa ingin tahunya pasti akan sangat terpenuhi.

- Ajukan pertanyaan

Kadang perlu juga mengajukan pertanyaan pada anak, pendapat dan alasannya. Misalnya saat ia ingin pakai sepatu warna merah, 'kenapa adik ingin pakai sepatu merah?'.

Dengarlah penjelasan si kecil, pasti Anda akan tahu kalau mereka merupakan pribadi yang sangat pintar dan penuh rasa ingin tahu. Memberinya pertanyaan juga memancing pemikirannya jadi lebih kritis.

Penulis : Mutia/Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya