Vid, Panggilan Khusus untuk COVID-19 dari Pevita Pearce?

Pevita Pearce menulis COVID-19 dengan sebutan Vid di unggahan Instagram pribadinya @pevpearce

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 18 Des 2020, 15:08 WIB
Diterbitkan 18 Des 2020, 15:08 WIB
Pevita Pearce, Pevita Pearce Positif COVID-19, Corona, COVID-19, Corona COVID-19, Virus Corona
Artis Pevita Pearce positif COVID-19 yang disebabkan Virus Corona baru SARS-CoV-2 (Instagram: @pevpearce)

Liputan6.com, Jakarta - Pevita Pearce diketahui positif COVID-19. Kabar kurang sedap dibagikan Sri Asih melalui unggahan terbaru di akun Instagram pribadinya, @pevpearce, pada Jumat siang, 18 Desember 2020.

Sebanyak empat foto dia bagikan di unggahan tersebut. Pada foto yang pertama, terlihat Pevita Pearce duduk di atas tempat tidur rumah sakit sambil memerlihatkan wajah pucatnya.

Kemudian, terdapat foto yang menunjukkan beberapa jenis vitamin yang harus dikonsumsi Pevita Pearce selama dirawat karena COVID-19.

Di halaman (slide) selanjutnya, kiriman berupa minuman dari keluarganya. Dan, di bagian terakhir, Pevita Pearce merekam sebuah momen ketika dia hendak masuk ke dalam sebuah ruangan dan terlihat seorang petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD).

Namun, ada satu hal menarik dari unggahan tersebut. Pevita Pearce menyebut COVID-19 yang disebabkan paparan Virus Corona baru SARS-CoV-2 dengan 'Vid'.

"Day 5 with the Vid" begitu tulis Pevita Pearce sebagai kalimat pembuka di keterangan foto tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini


Rajin Olahraga seperti Pevita Pearce Masih Bisa Kena COVID-19

[Bintang] Pevita Pearce
Pevita Pearce. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Dari keterangan foto tersebut, Pevita Pearce memberitahu kepada semua orang bahwa seseorang seperti dirinya yang terbiasa mengonsumsi makanan sehat, minum vitamin, rutin berolahraga, bahkan mengikuti semua protokol kesehatan pun masih bisa tertular sampai akhirnya dinyatakan positif COVID-19.

"Aku harap ini bisa jadi pengingat untuk kita semua bahwa bahkan yang paling sehat pun bisa tertular," tulis Pevita Pearce.

 


VID Panggilan Sayang Pevita Pearce untuk COVID-19?

Pevita Pearce (Foto: Instagram/@pevpearce)
Pevita Pearce (Foto: Instagram/@pevpearce)

Terkait sebutan Vid yang ditulis Pevita Pearce, beberapa waktu yang lalu pun ada seorang tokoh masyarakat yang menyingkat COVID-19 dengan CVD.

Sementara CVD dan COVID-19 adalah dua hal yang berbeda. CVD merupakan singkatan dari Cardiovaskular.

Bagaimana dengan Vid yang ditulis Pevita Pearce? Berdasarkan hasil pencarian, ditemukan sebuah kondisi yang disebut dengan VID Syndrome. VID di sini, seperti dikutip dari situs Pub Med NCBI, merupakan singatkan dari very importante disease (penyakit sangat penting).

Apakah itu maksud Pevita Pearce?

 


Nama COVID-19

Pevita Pearce (Foto: Instagram/@pevpearce)
Pevita Pearce (Foto: Instagram/@pevpearce)

Yang jelas, sebagaimana yang tercantum di situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), nama resmi untuk penyakit yang disebabkan Virus Corona adalah COVID-19. Yang sebelumnya dikenal sebagai 2019 Nover Coronavirus.

Sementara untuk nama virusnya adalah SARS-CoV-2 atau sindrom pernapasan akut parah coronavirus 2.

Mengapa virus dan penyakit memiliki nama yang berbeda?

Virus, dan penyakit yang ditimbulkannya, seringkali memiliki nama yang berbeda. Misalnya, HIV adalah virus penyebab AIDS. Orang sering mengetahui nama suatu penyakit, tetapi bukan nama virus yang menyebabkannya.

Ada berbagai proses, dan tujuan, untuk penamaan virus dan penyakit.

Virus diberi nama berdasarkan struktur genetiknya untuk memfasilitasi pengembangan tes diagnostik, vaksin, dan obat-obatan. Ahli virologi dan komunitas ilmiah yang lebih luas melakukan pekerjaan ini, sehingga virus dinamai oleh Komite Internasional Taksonomi Virus (ICTV).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya