Ternyata Orang Jepang Minum Kunyit untuk Jaga Kesehatan Lambung, Wajib Ditiru Orang Indonesia!

Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dengan berbagai kandungan di dalamnya.

oleh Fachri pada 25 Mei 2023, 10:25 WIB
Diperbarui 25 Mei 2023, 10:24 WIB
Sido Muncul.
Irwan Hidayat bersama Darius Sinatrhya dan Susumu Kawase dalam BTS iklan Sido Muncul Natural Sari Kunyit.

Liputan6.com, Jakarta Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dengan berbagai kandungan di dalamnya. Dilansir dari Kementerian Kesehatan, senyawa yang terkandung dalam kunyit (kurkumin dan minyak atsiri) mempunyai peranan penting sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, antimikroba, dan antiracun.

Dengan berbagai kandungan tersebut, kunyit pun mampu menjaga kesehatan lampung, meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati radang, mengatasi perut yang kembung, hingga memperbaiki fungsi liver. Untuk itu, guna menyebarluaskan manfaat kunyit kepada masyarakat Indonesia, PT Industri Farmasi Dan Sido Muncul Tbk meluncurkan iklan produk anyarnya, yakni Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus. 

Produsen jamu dan obat herbal modern tersebut menggandeng Darius Sinathrya sebagai bintang iklan produk Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus. Menariknya, iklan ini juga turut menggandeng sosok asli Jepang, yakni Susumu Kawase.

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat menuturkan alasan iklan Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus menggandeng Susumu karena dirinya merupakan sosok asli Jepang yang merepresentasikan seseorang mengonsumsi ukon atau kunyit secara rutin.

“Saya ke Jepang, 30 tahun yang lalu, orang Jepang sudah minum ukon atau kunyit. Setelah saya ketahui, orang Jepang itu mayoritas perokok. Dan karena perokok, mereka selalu menjaga agar asam lambungnya tidak tinggi,” tuturnya usai proses produksi iklan di Studio Toha, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (24/5/2023).

Irwan pun menjelaskan bahwa salah satu akibat dari asam lambung tinggi adalah pengentalan darah. Dirinya mengatakan, hal itu akan memengaruhi peredaran darah ke saraf otak menjadi terhambat yang bisa berdampak pada migrain hingga vertigo.

“Maka itu, salah satu obatnya orang Jepang adalah minum kunyit. Dan kunyit juga mampu memperbaiki fungsi liver, sangat bagus untuk liver. Dan liver itu obatnya hanya kunyit dan temulawak,” jelasnya.

“Itulah mengapa kita mengiklankan kunyit dengan bintang iklannya asli orang Jepang, Susumu,” imbuh Irwan.

Sosok yang sudah mengonsumsi kunyit selama 15 tahun tersebut juga mengatakan bahwa iklan yang dibuat Sido Muncul merupakan niat baik untuk menunjukkan bahwa merokok dapat memperberat metabolisme, terutama lambung dan liver.

“Saya ingin memberikan sumbangan pengetahuan yang saya miliki supaya semua orang sehat. Dan pengetahuan tersebut akan disampaikan pada iklan ini yang bercerita tentang tradisi minum kunyit di Jepang,” kata Irwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selalu Konsumsi Produk Sido Muncul

Darius.
Darius Sinatrhya dalam proses iklan Sido Muncul Natural Sari Kunyit.

Dalam kesempatan yang sama, Darius Sinathrya menceritakan bahwa dirinya selalu mengonsumsi produk Sido Muncul Natural. Bahkan, Ia sering membawa produk Sido Muncul saat sedang syuting.

“Dan sejak tahu ada soft capsule-nya, saya minum setiap hari dan selalu dibawa saat syuting. Biasanya, saya konsumsi mulai dari Sari Kunyit, sebelum ada produk Sari Kunyit Natural,” katanya.

Di sisi lain, Susume mengatakan bahwa di Jepang, banyak minuman yang berbahan dasar kunyit dan dirinya mengonsumsi itu. Ia juga menuturkan bahwa di Jepang, kunyit diolah untuk menjaga kesehatan lambung. 

“Kalau di Jepang, saya senang minum kunyit dalam bentuk cair, kalau sekarang di Indonesia ada Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus,” katanya.


Sido Muncul Aman Dikonsumsi

Sido Muncul.
Maria Reviani Hidayat selaku Wakil Direktur Marketing Sido Muncul di sela-sela proses syuting iklan Sido Muncul Natural Sari Kunyit.

Maria Reviani Hidayat selaku Wakil Direktur Marketing Sido Muncul juga memastikan bahwa produk Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus aman dikonsumsi. Pasalnya, setiap produk Sido Muncul Natural Sari Kunyit diawasi pembuatannya mulai dari penanaman bibit bahan baku hingga panen dan terdapat tes di setiap batch serta tidak mengandung pestisida.

“Kita awasi semua dari proses penanaman sampai panen. Bahan baku kita juga jaga betul-betul dan kemudian produknya sendiri kita make sure aman diminum,” tegasnya.

“Jadi setiap batch ada 6 quality control-nya, yaitu bebas pestisida, bebas pupuk, bebas logam berat, bebas mikroba, lalu juga bebas bahan haram dan kita melakukan tes DNA,” jelas Maria.

Dirinya juga memastikan bahwa produk ini aman dikonsumsi untuk segala umur dan masyarakat umum yang ingin menjaga kesehatan tubuhnya.


Tentang Produk Sido Muncul Natural Sari Kunyit

Darius.
Darius Sinatrhya dalam proses iklan Sido Muncul Natural Sari Kunyit.

Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus merupakan suplemen herbal dengan ekstrak tunggal kunyit yang berkualitas dan mengandung 100 mg curcuminoid dan piperine terstandar di setiap kapsul lunaknya. Kandungan tersebut dapat meringankan gangguan lambung sehingga kesehatan tubuh semakin optimal.

Selain itu, Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus juga hadir dalam bentuk soft capsule yang membuat kandungan ekstrak kunyit jadi lebih stabil dan lebih mudah diserap oleh tubuh.

“Yang capsule beda, ukurannya lebih kecil (mini capsule) dibanding sebelumnya, sehingga lebih mudah ditelan. Bentuknya soft capsule jadi mudah diserap tubuh,” jelas Irwan.

Suplemen herbal ini juga diproduksi berstandar GMP/CPOTB dengan quality control yang ketat dan dianalisa di laboratorium terakreditasi dan diproses dengan low temperature extraction system atau teknologi ekstraksi suhu rendah untuk menjaga mutu kandungan zat aktif dalam ekstrak. Serangkaian tes dari hulu ke hilir pun dilakukan guna memastikan kualitas dan keamanan produk. 

Rangkaian uji laboratorium tersebut meliputi uji toksisitas, tes logam berat, bebas dari pupuk, pestisida, hingga aflatoksin. Kualitas produk semakin terjamin tatkala Sido Muncul melakukan tes DNA untuk memastikan produk bebas dari cemaran berbahaya dan sebagainya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya