[Kolom Pakar] Prof Tjandra Yoga Aditama: Angka Kematian TB di India Turun, Patut Dikaji dan Jadi Benchmark

Beberapa hal dalam “India TB Report 2024” dapat kita kaji untuk pengendalian tuberkulosis di negara kita.

oleh Prof Tjandra Yoga Aditama diperbarui 28 Mei 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2024, 12:00 WIB
Prof Tjandra Yoga Aditama
Prof Tjandra Yoga Aditama

Liputan6.com, Jakarta - Seperti ketahui bahwa negara kita merupakan penyumbang kasus tuberkulosis terbanyak kedua di dunia, dan yang pertama adalah India. Tentu kita ketahui bahwa penduduk India adalah 1,3 miliar penduduk, jauh lebih tinggi dari negara kita.

India pada April 2024 mengeluarkan “India TB Report 2024” yang diedarkan secara luas ke masyarakat. Tentu akan bagus kalau negara kita juga mengeluarkan laporan serupa.

Setidaknya, beberapa hal dalam “India TB Report 2024” dapat kita kaji untuk pengendalian tuberkulosis di Indonesia.

Salah satu pencapaian amat penting dalam pengendalian TB di India adalah bahwa negara itu berhasil menurunkan angka kematian (“mortality rate”) akibat Tuberkulosis (TB).

Angka kematian TB India turun cukup tajam, dari 28 / 100.000 penduduk di tahun 2015 menjadi 23 / 100.000 penduduk di tahun 2022. Data lain juga menunjukkan bahwa kematian akibat TB India turun dari 494.000 di tahun 2021 menjadi 331.000 di tahun 2022.

Keberhasilan kedua program TB India adalah bahwa negara itu berhasil mencapai target 2023 mereka yaitu memulai pengobatan pada 95% pasien mereka, angka yang amat tinggi.

Dalam pelaksanaan program TB India, sebagian besar kasus ditangani oleh fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah, tetapi peran swasta juga terus meningkat. Ada 33% kasus yang ditangani oleh swasta di tahun 2023, atau sekitar 840 ribu kasus. Angka ini jauh meningkat dari 190.000 kasus yang ditangani swasta di tahun 2015 yang lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5 Tantangan Pengendalian TB di India

Pemerintah India juga menyampaikan lima faktor risiko yang menjadi tantangan dalam pengendalian TB mereka, yaitu kurang gizi, HIV, Diabetes, alkohol dan kebiasaan merokok.

Untuk yang kurang gizi, selain ada program nasional gizi masyarakat maka pemerintah India juga memberi uang langsung setiap bulan pada pasien TB mereka yang kurang gizi, sesuatu yang perlu dipertimbangkan pula tentunya, dan juga ada program keranjang makanan (“food baskets”).

Tentang HIV, diketahui bahwa risiko TB nya naik sampai 20 kali. Sementara Diabetes meningkatkan kemungkinan mendapat TB sampai dua atau tiga kali lipat dan juga berhubungan dengan kemungkinan risiko resisten berganda obat TB (“Multi-Drug Resistant - MDR TB”).

Akan baik kalau pengalaman dari India juga dipakai sebagai salah satu pertimbangan dan kajian dalam pemerintah mengambil kebijakan TB di negara kita, tentu sepanjang memungkinkan dijadikan "benchmark" pula.

 

Prof Tjandra Yoga Aditama

Ketua Majelis Kehormatan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - PDPI/Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya