Membaca Kepribadian Seseorang Lewat Tanda Tangan? Yuk, Simak Rahasianya

Ilmu grafologi meyakini bahwa setiap goresan tinta yang tercipta saat seseorang menulis adalah cerminan dari pola gerakan otot yang berasal dari sistem syaraf Ideo Motor Responses (IMR).

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 10 Jul 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi Tanda Tangan
Ilustrasi tanda tangan. (Foto: Unsplash/Ashley Piszek)

Liputan6.com, Jakarta - Kepribadian setiap individu dapat ditelusuri melalui berbagai aspek, salah satunya adalah tanda tangan. Menurut laman Fakultas Psikologi Universitas Medan Area, Abbe JH Michon mengungkap bahwa karakteristik goresan pena seseorang dapat digunakan untuk mengelompokkan sifat manusia, yang dikenal sebagai ilmu grafologi.

Grafologi meyakini bahwa gerakan otot saat menulis merupakan representasi dari pola sistem syaraf Ideo Motor Responses (IMR). Gerakan otot ini terjadi tanpa disadari sebagai respons terhadap stimulasi alam bawah sadar.

Ilmu ini percaya bahwa goresan pena dapat mengungkap berbagai elemen dari kepribadian dan karakter individu. Melalui tanda tangan, kita bisa melihat respon emosional, intelektualitas, motivasi, energi, dan dorongan seseorang.

Berikut beberapa tipe kepribadian berdasarkan tanda tangan:

1. Tanda tangan dengan inisial nama

Tanda tangan berupa inisial nama menunjukkan seseorang yang menjaga privasi. Orang dengan tanda tangan seperti ini cenderung tidak suka bertele-tele.

Hal ini juga bisa diartikan sebagai bentuk kepercayaan diri dan aktualisasi diri. Mereka biasanya memiliki harga diri yang tinggi, terutama jika nama depannya lebih ditonjolkan.

2. Tanda tangan yang diakhiri dengan garis bawah

Membaca kepribadian seseorang dengan tanda tangan yang diakhiri dengan garis bawah diindikasikan sebagai orang yang berkeyakinan dan memiliki keberanian penuh. Mereka juga memiliki jiwa kepemimpinan.

Namun, jika garis bawah tanda tangan terlalu pendek, ini bisa menunjukkan karakter yang terlalu dominan atau suka mengontrol orang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jenis Tanda Tangan Penuh Dekorasi

3. Tanda tangan yang cenderung miring ke atas

Orang dengan tanda tangan yang cenderung miring ke atas memiliki kepribadian eksklusif dan percaya pada masa depan yang cerah. Mereka memiliki semangat kerja dan inisiatif tinggi, serta hangat, ramah, dan peduli terhadap orang lain.

4. Tanda tangan yang penuh dekorasi

Orang dengan tanda tangan yang dipenuhi dekorasi dan hiasan cenderung mencari perhatian. Tanda tangan seperti ini juga menunjukkan kurangnya kepercayaan diri. Mereka cenderung pintar berbohong dan agresif. Dekorasi di sekeliling tanda tangan mengindikasikan sifat yang menutup diri dan kecenderungan pesimis.

Ilmu grafologi memberikan wawasan menarik tentang kepribadian seseorang melalui tanda tangannya. Dengan memahami karakteristik grafis goresan pena, kita dapat melihat sisi emosional, intelektual, motivasi, energi, dan dorongan individu tersebut.


Cara Lain Mengenal Kepribadian Seseorang

Selain melalui tanda tangan, ada cara lain untuk mengenal kepribadian seseorang. Para psikolog percaya, urutan kelahiran ikut memengaruhi karakter seseorang. Hal ini terkait dengan pola pengasuhan orangtua.

"Salah satu faktor utamanya adalah orangtua memperlakukan anak-anak mereka secara berbeda berdasarkan apakah mereka anak tertua, tengah, bungsu, atau anak tunggal,” kata Kevin Leman, Ph.D, seorang psikolog yang telah mempelajari urutan kelahiran sejak 1967.

Lebih jauh, karakter atau kepribadian seseorang ikut dipengaruhi oleh interaksi mereka dengan saudara kandung.

Anak pertama, kedua, dan seterusnya memliki karakteristik berbeda-beda. Seperti misalnya anak sulung cenderung lebih bisa diandalkan, sedangkan anak tengah agak pemberontak namun gemar menyenangkan orang lain, serta anak bungsu yang cenderung egois dan suka kesenangan.

Adapun anak tunggal cenderung memiliki sifat:

  • Dewasa untuk usianya
  • Perfeksionis
  • Teliti
  • Rajin
  • Pemimpin
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya