Olahraga Terbaik di Pagi, Sore atau Malam Hari? Kenali Kelebihan Masing-Masing

Olahraga di pagi hari lebih baik? Tidak juga, ada kelebihan dari olahraga pagi, sore dan malam hari

oleh Benedikta Desideria diperbarui 24 Agu 2024, 08:25 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2024, 08:10 WIB
Olahraga Pagi
Olahraga di pagi hari lebih baik? Tidak juga, ada kelebihan dari olahraga pagi, sore dan malam hari. (Foto: Freepik/teksomolika)

Liputan6.com, Jakarta Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Namun, banyak orang masih bingung mengenai waktu terbaik untuk berolahraga: pagi atau malam hari? Kedua pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebenarnya, entah itu pagi atau malam hal terpenting adalah berolahraga. Pilih waktu yang nyaman untuk melakukan aktivitas tersebut karena ini adalah bagian dari kebiasaan hidup.

"Selalu saya sampaikan ke pasien saya adalah berolahragalah saat bisa. Jika merasa lebih dan dan nyaman di pagi hari, ya pagi hari saja. Jika tidak sempat ya lakukan di sore atau malam hari," kata dokter Sue Decotiis.

Namun, memang ada beberapa kelebihan di masing-masing waktu olahraga tersebut yang bisa jadi pertimbangan seperti disampaikan Manajer Kebugaran Crunch Fitness, Mauro Maietta mengutip CBS News, Sabtu, 24 Agustus 2024.

Olahraga di Pagi Hari

"Berolahraga di pagi hari dapat membantu meningkatkan metabolisme dan tingkat energi sepanjang hari. Selain itu, olahraga pagi juga baik untuk membangun rutinitas yang konsisten," jelas Maietta.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu, para peneliti mengamati "hubungan linear yang kuat" antara berolahraga dan penurunan obesitas pada orang yang berolahraga di pagi hari dibandingkan dengan kelompok sore dan malam.

Olahraga di Sore Hari

Ternyata bagi yang ingin melepaskan stres, olahraga di sore atau malam hari ini bisa menjadi pelepas stres setelah hari yang panjang.

"Apalagi ditambah dengan suhu tubuh dan fleksibilitas otot cenderung mencapai puncaknya pada sore hari sehingga cocok untuk melakukan olahraga yang intens," kata Maietta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Olahraga di Malam

Ilustrasi olahraga lari di malam hari
Ilustrasi olahraga lari di malam hari. (Image by Freepik)

 "Berolahraga di malam hari dapat membantu Anda menghilangkan stres dari hari itu dan bersantai," kata Maietta.

Namun, jika memilih olahraga malam, Maietta mengatakan penting untuk menyelesaikannya setidaknya beberapa jam sebelum tidur untuk menghindari gangguan tidur.

“Pastikan Anda menyisihkan setidaknya 15 hingga 20 menit untuk pendinginan yang cukup untuk mengembalikan detak jantung Anda mendekati tingkat istirahat,” katanya.


Perbedaan Kelebihan Berolahraga di Pagi dan Sore Hari

Sebuah studi memperlihatkan ternyata ada sedikit perbedaan manfaat olahraga pagi dan malam terkait jenis kelamin.

Studi kecil yang diterbitkan pada tahun 2022 menemukan bahwa wanita yang berolahraga di pagi hari kehilangan lebih banyak lemak dan mengalami penurunan tekanan darah yang lebih besar, sementara berolahraga di malam hari meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan suasana hati.

Bagi pria, studi tersebut menemukan bahwa berolahraga di malam hari meningkatkan lebih banyak kehilangan lemak dan penurunan tekanan darah yang lebih besar dibandingkan dengan berolahraga di pagi hari.

Terkait hal ini, Maietta mengatakan bahwa yang terbaik itu dikembalikan pada masing-masing individu.

"Pada akhirnya, waktu dan frekuensi terbaik untuk latihan Anda bergantung pada jadwal, preferensi, dan respons tubuh Anda," kata Maietta.


Tak Sempat Berolahraga? Bisa Kok Menyempatkan

Bagi Anda yang tak sempat berolahraga, baik di pagi, sore, atau malam, Maietta mengatakan bahwa bisa menyelipkan waktu beberapa menit saja.

"Latihan mikro — latihan singkat, mulai dari 20 detik hingga beberapa menit saja — adalah cara yang bagus untuk memasukkan sesi gerakan singkat ke dalam hari Anda," kata Maietta.

Lalu, trik sederhana lainnya adalah lakukan gerakan ekstra. Misal daripada naik lift lebih baik naik tangga dan parkir lebih jauh dari tempat aktivitas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya