Neuro Care Bintaro Dibuka, Ajak Warga Peduli Kesehatan Otak untuk Investasi Masa Depan

Gaya hidup modern yang serba cepat dan penuh tekanan, ternyata seringkali membuat kita mengabaikan kesehatan, termasuk kesehatan otak. Padahal, organ vital ini berperan penting dalam mengatur segala aktivitas manusia.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 06 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 12:00 WIB
Neuro Care Bintaro Dibuka, Ajak Warga Peduli Kesehatan Otak
Menjaga kesehatan otak sangatlah penting karena otak adalah organ luar biasa yang Tuhan ciptakan untuk mengontrol segala aktivitas manusia, mulai dari gerakan, kecerdasan, cara menganalisis, hingga merespons

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup modern yang serba cepat dan penuh tekanan seringkali membuat individu abai akan kesehatan, termasuk kesehatan otak. Padahal, organ vital ini berperan penting dalam mengatur segala aktivitas manusia. Mulai dari berpikir, mengingat, mengendalikan gerakan, perilaku, bahkan emosi.

Apabila kesehatan otak tidak terjaga, maka dapat menyebabkan kondisi medis serius, termasuk gangguan neurologi. Berdasarkan data yang diperoleh Institute for Health Metrics and Evaluation, selama 30 tahun terakhir, kondisi neurologis seperti stroke, penyakit Alzheimer, demensia, serta meningitis telah meningkat secara substansial. Bukan hanya karena penuaan, gangguan neurologi ini juga terjadi karena faktor lingkungan dan gaya hidup.

Melihat kenyataan tersebut, Neuro Care by Klinik Pintar hadir untuk memenuhi kebutuhan kesehatan saraf masyarakat di Indonesia dan bertekad untuk terus memperluas layanannya dengan membuka cabang keduanya di Bintaro, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Peresmian cabang baru ini menegaskan komitmen Neuro Care dalam memberikan akses yang lebih luas bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan otak di tengah gaya hidup modern yang semakin kompleks.

Bersamaan dengan peresmian cabang, Neuro Care by Klinik Pintar meluncurkan kampanye “Jaga Otak, Jaga Masa Depan”. Tak hanya dihadiri para praktisi di bidang neurologi, acara Grand Launching Neuro Care Bintaro by Klinik Pintar turut menghadirkan komika ternama, Pandji Pragiwaksono, yang dikenal sebagai sosok yang cerdas dan kritis.

Pada acara tersebut, Pandji mengungkapkan, dirinya kini lebih aware dengan kesehatan, termasuk kesehatan otak dan saraf. Bahkan tak jarang dia membawakan materi stand-up yang berhubungan dengan isu-isu di dunia kesehatan. Sebab, beberapa tahun lalu Panji mengaku kerap merasakan sakit dan pegal setelah berolahraga.

“Sebagai seorang publik figur, saya sangat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan otak. Dulu, saya merasa fisik dan otak saya aktif di jam 12 malam sampai jam 3 pagi, namun ada satu momen yang akhirnya memaksa saya untuk peduli terhadap kesehatan fisik dan mental, yang tentunya ini juga berkaitan dengan kesehatan otak,” tutur Pandji Pragiwaksono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menjaga Kesehatan Otak untuk Investasi Masa Depan

Dokter Spesialis Saraf dan Kapten di Neuro Care by Klinik dr. Zicky Yombana memberikan penjelasan medis terkait pentingnya menjaga kesehatan otak dan dampaknya apabila kesehatan otak tidak terjaga.

“Menjaga kesehatan otak sangatlah penting karena otak adalah organ luar biasa yang Tuhan ciptakan untuk mengontrol segala aktivitas manusia, mulai dari gerakan, kecerdasan, cara menganalisis, hingga merespons,"ungkapnya.

Dengan demikian, menjaga kesehatan otak berarti menjaga masa depan diri sendiri. Ketika seluruh fungsi otak, termasuk kemampuan kognitif dan intelektual berfungsi dengan baik, otak dapat bekerja secara optimal. 

Hal ini memungkinkan diri untuk meraih masa depan yang cerah, karena otak memiliki peran kunci dalam setiap proses tersebut.

Sebagai langkah proaktif agar masyarakat menyadari pentingnya kesehatan otak, dr Zicky bersama tim Neuro Care memiliki kiat khusus.

“Mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum menyadari pentingnya kesehatan otak, edukasi mengenai peran penting otak sangatlah penting. Neuro Care by Klinik Pintar tidak hanya menyediakan layanan kesehatan neurologi komprehensif, tapi juga menjadikan neurologi sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat modern,"ujarnya.


Edukasi dengan Cara Menyenangkan

Sementara, Zicky juga menyebut, memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan otak bisa dengan cara menyenangkan. Langkah ini dilakukan untuk semakin banyak masyarakat yang sadar pentingnya otak diri sendiri, bukan untuk hari ini saja, tapi otak sehat hingga hari tua.

"Kami juga berupaya untuk memberikan edukasi terkait neurologi kepada masyarakat dengan cara yang lebih menyenangkan,” katanya.

Misalnya saja, lanjut Zicky, kehadiran klinik neurologi selama ini terletak di rumah sakit, dan biasanya memiliki prosedur layanan yang rumit dan antrean yang panjang. Namun, di klinik tersebut, sistembya seamless dengan tujuan memberikan layanan neurologi yang lebih baik, lebih mudah diakses, lebih cepat, dan lebih nyaman. 

Dilain pihak, dr. Dea Martasukma Gita Apsari, Sp.N, Kapten Neuro Care Bintaro juga menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Neuro Care agar pasien bisa mendapatkan pelayanan terbaik.

“Ke depannya, kita akan terus meningkatkan pelayanan Neuro Care dengan memfasilitasi pelatihan berkala untuk staf untuk meningkatkan keterampilan dalam menangani pasien, memastikan bahwa peralatan medis dan fasilitas klinik selalu dalam kondisi terbaik,"ujarnya. 

Klinik tersebut juga untuk menjawab berbagai jenis gangguan saraf, seperti sakit kepala, nyeri punggung, nyeri sendi, stroke, saraf kejepit, hingga penyakit neurodegeneratif.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya