Kiat Mudik Aman Bersama Lansia dan Anak-anak

Anda yang masih belum berangkat mudik, coba perhatikan beberapa hal ini terutama untuk para pengemudi, anak, ibu dan lansia

oleh Gabriel Abdi Susanto diperbarui 05 Agu 2013, 16:01 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2013, 16:01 WIB
7foto-pemudik-130804c.jpg
Anda yang masih belum berangkat mudik, coba perhatikan beberapa hal ini terutama untuk para pengemudi, anak, ibu dan lansia. Apa yang harus dilakukan sebelum mulai mudik. Berikut kiat dari Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Dirjen PP dan PL) Kemenkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTM&H, DTCE:

1. Secara umum perlu menyiapkan fisik yang prima dan memeriksakan kesehatan sebelum perjalanan baik untukpengemudi, anak - anak, lansia, maupun orang tua. Para lansia tidak perlu memaksakan diri untuk mudik jika kondisi kesehatan tidak memungkinkan.

2. Bawa persiapan makanan dan minuman yang cukup, termasuk makanan ringan

3. Bawa perbekalan dan kebutuhan selama mudik yang mencukupi

4. Siapkan obat-obatan pribadi, obat P3K, termasuk obat - obatan untuk anak

5. Istirahat yang cukup dalam perjalanan

6. Bila sakit di perjalanan, manfaatkan fasilitas kesehatan terdekat

7. Jaga kebersihan diri selama perjalanan, cuci tangan pakai sabun sebelum makan

8. Jangan membuang sampah sembarangan

9. Khusus untuk pengemudi, hindari penggunaan obat yang menyebabkan kantuk dan minuman beralkohol, jangan memaksakan diri selama mengemudi (istirahat setelahmengemudi 3-4 jam), hati - hati mengemudi saat turun hujan/ cuaca buruk, mematuhi rambu - rambu lalu - lintas, dan tidak menggunakan alat komunikasi pada saat mengemudi.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya