Pria 123 Tahun Berbagi Tips Hidup Sehat dan Panjang Umur

Carmelo Flores Laura adalah pria tertua di Bolivia yang masih hidup dan tinggal sederhana. ia menceritakan tips hidup sehat.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 16 Agu 2013, 08:00 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2013, 08:00 WIB
kakek-bolivia-130815b.jpg
Entah kebetulan atau tidak, beberapa orang yang umurnya panjang rata-rata memiliki kehidupan yang sederhana. Dan jika catatan publik di Bolivia benar, Carmelo Flores Laura adalah pria tertua disana yang masih hidup dan tinggal sederhana.

Carmelo yang bulan lalu berusia 123 tahun itu, merupakan penduduk asli Aymara yang tinggal di sebuah gubuk di sebuah dusun terpencil di dekat Danau Titicaca. Ia seorang yang buta huruf dan bahkan tidak bisa berbahasa Spanyol dan tidak memiliki gigi. Ia juga berjalan tanpa tongkat dan tidak memakai kacamata.

Direktur catatan sipil Bolivia, Eugenio Condori, menunjukkan tanggal lahir Carmelo Flores 16 Juli 1890. Menurut cucunya, Carmelo merupakan pejuang dulu. Sayang, Carmelo tidak dapat mengingat kisahnya.

Walaupun begitu, ia mengaku ingin berbagi mengenai kesehariannya. Ketika ditanyai apa aktivitasnya, Carmelo mejawab dnegan santai. "Saya berjalan banyak, itu saja".

"Saya setiap hari pergi berjalan sambil menggiring sapi dan domba. Saya tidak makan mie atau nasi, hanya barley (gandum), kentang, kacang-kacangan, dan umbi-umbian," kata Carmelo, seperti dikutip News, Kamis (15/8/2013).

Untuk minuman, Carmelo lebih memilih minum air dari aliran gunung Illampu, salah satu gunung tertinggi di Bolivia. Dia juga mengatakan tidak minum alkohol, meskipun ia pernah meminumnya ketika masih muda. Mungkin itu yang membuat ia tidak pernah sakit parah.

(Fit/Abd)


POPULER

Berita Terkini Selengkapnya