Cara Mengolah Kulit Pisang Jadi Yoghurt, Hhmmm Yummy!

Lima mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta mengolah kulit pisang menjadi yoghurt. Bagaimana caranya?

oleh Gabriel Abdi Susanto diperbarui 25 Sep 2013, 12:17 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2013, 12:17 WIB
yogurt-pisang-130925b.jpg
Lima mahasiswa jurusan pendidikan IPA fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Ratna Wirawati, Manna Wassalwa, Zamzam Fatma Ambarsari, Feby Kristifany dan Anita Setyorini berhasil mengolah limbah kulit pisang menjadi yoghurt. Gagasan mahasiswa pendidikan IPA ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2011 bidang Kewirausahaan.

“Langkah membuatnya yaitu dengan mengumpulkan limbah kulit pisang lalu mengupas bagian dalam kulit pisang dan dihaluskan menggunakan mixer” ungkap saah satu mahasiswa nbernama Zamzam sepert dikutip dari laman resmi Universitas Negeri Yogyakarta, uny.ac.id, Rabu (25/9/2013).

Sedangkan bahan tambahannya adalah susu bubuk dan gula pasir. Cara pembuatannya dijelaskan Feby Kristifany. Pertama kali adonan yoghurt dibuat dengan takaran 1 liter krim pisang dicampur dengan 0,5 kg gula pasir lalu disterilkan atau dipasteurisasi dengan cara memanaskan adonan cream kulit pisang tersebut hingga suhu 73ºC selama 15 menit dengan menggunakan panci, kompor dan thermometer.

Langkah berikutnya proses kulturisasi yaitu memasukkan bibit yoghurt dan susu bubuk putih. Cream kulit pisang yang sudah dikulturkan tersebut dihangatkan dalam suhu 45 ºC selama 24 jam atau disebut proses inkubasi.

Kemudian krim kulit pisang diletakkan dalam kardus tersebut selama 24 jam, setelah itu yoghurt kulit pisang yang sudah jadi dimasukan ke dalam kulkas.

(Abd)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya