6 Fungsi Mata Manusia yang Jarang Disadari, Organ Penting Wajib Dijaga

Salah satu fungsi mata manusia adalah untuk keseimbangan tubuh

oleh Rizzaq Aynur Nugroho diperbarui 28 Mar 2019, 16:20 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2019, 16:20 WIB
Fungsi Mata
Ilustrasi mata manusia. Tampak cincin limbal mengelilingi bagian iris mata. (Sumber Wikimedia Commons)

Liputan6.com, Jakarta Fungsi mata utamanya memang untuk melihat. Selain itu, mata salah satu indera yang berfungsi untuk menerima informasi berupa gambaran sesuatu yang bisa dilihat yang kemudian dikirim ke otak.

Mata adalah organ penting yang terdapat pada makhluk hidup. Mata pada manusia dibagi menjadi dua organ, yaitu organ bagian luar dan organ bagian dalam.

Ada beberapa fungsi mata yang perlu diketahui. Setiap organ mata pada manusia ini memiliki peranan dan fungsinya masing-masing yang saling berkesinambungan. Sebagai salah satu dari lima indera, mata memang mempunyai fungsi yang vital bagi kehidupan seseorang.

Setiap organ dalam mata juga memiliki fungsi yang jika salah satu bermasalah, maka akan memengaruhi fungsi organ lainnya. Selain itu, mata juga mempunyai fungsi yang umum terlepas dari fungsi khusus organ masing-masing.

Untuk mengetahui fungsi mata dan organ-organ pada mata lainnya, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai mata, Kamis (28/03/2019). Yuk, simak fungsi mata!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagian-bagian Mata

Ilustrasi organ dalam mata
Ilustrasi organ dalam mata (sumber: Pixabay)

1. Bagian luar mata

Bagian luar mata terdiri dari empat jenis organ yang semuanya terletak di bagian luar mata. Semua organ ini juga memiliki fungsinya masing-masing. Organ dibagian luar mata yang pertama adalah kelopak mata. Fungsi dari kelopak mata adalah untuk melindungi dan menutupi mata. Kemudian ada bulu mata yang berfungsi sebagai pencegah masuknya debu dan kotoran ke dalam mata.

Organ bagian luar mata selanjutnya adalah alis. Alis berfungsi untuk menahan keringat dan juga kotoran agar tidak masuk ke dalam mata. Bagian terakhir luar mata adalah kelenjar air mata. Fungsi dari bagian ini adalah untuk menghasilkan air mata, membasahi dan menjaga mata agar tetap lembab.

2. Bagian dalam mata

Bagian dalam mata terdiri dari beberapa organ yang fungsinya saling berkesinambunga. Berikut organ-organ dalam mata beserta fungsinya.

- Sklera, berfungsi untuk melindungi bagian dalam pada bola mata.

- Koroid, berfungsi untuk menyuplai makanan dan juga oksigen ke dalam retina dan mencegah untuk terjadinya pantulan cahaya yang kemungkinan masuk ke dalam bagian bola mata.

- Retina, fungsinya untuk melihat cahaya atau menangkap cahaya.

- Iris, berfungsi untuk memberikan warna pada mata dan mengatur besar kecilnya pupil.

- Pupil, berfungsi untuk mengatur sedikit atau banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata.

- Lensa, berfungsi untuk mengatur daya akomodasi lensa supaya bayangan tepat jatuh pada retina.

- Bintik kuning, berfungsi sebagai tempat berkumpulnya reseptor.

- Bintik buta, bagian dalam mata yang menjadi tempat masuk dan juga membelokkan berkas saraf.


Fungsi Mata Secara Umum

Tanpa Ekstensi, Bulu Mata Bisa Lentik dengan Cara Mudah
Ilustrasi bulu mata lentik. (Boldsky.com)

1. Sebagai alat indera penglihatan

Fungsi mata yang umum adalah sebagai alat indera penglihatan. Ini adalah fungsi utama dari mata. Mata dapat digunakan untuk melihat objek yang jauh dan dekat.

Cara kerja mata juga cukup kompleks, di mana setiap bagian-bagian organ dalam mata memiliki fungsinya masing-masing sehingga sebuah objek dapat dilihat oleh mata. Mata hanya bisa melihat objek yang terkena pantulan cahaya atau yang menghasilkan cahaya.

2. Sebagai alat komunikasi

Fungsi mata selanjutnya adalah untuk alat komunikasi. Mungkin komunikasi dengan mata tidak selalu dilakukan. Namun terkadang kamu bisa memberikan kode dengan mata untuk mengisyaratkan sebuah tindakan.

3. Sebagai fungsi keindahan

Mata menjadi fungsi keindahan dilihat dari sisi atau unsur artistiknya. Bayangkan saja jika seseorang tidak mempunyai mata, maka akan terlihat aneh.

Pada sebagian orang, mata memiliki corak warna yang beragam seperti biru, coklat, hitam pekat, atau abu-abu. Ini bisa menjadikan fungsi mata tidak hanya untuk melihat, tapi juga untuk keindahan

4. Mempelajari berbagai hal

Mata adalah indera pertama yang akan merespons dan akan menerima informasi yang diberikan oleh seseorang atau sesuatu. Dengan mata, kamu bisa membaca buku, melihat sebuah kejadian, dan mempelajarinya.


Fungsi Mata Secara Umum

ilustrasi mata
Ternyata, mengaplikasikan krim mata memiliki aturannya sendiri. Simak di sini waktu terbaik untuk mengaplikasikan krim mata. (Foto: unsplash)

5. Mengawasi segala hal yang mungkin membahayakan

Dengan melihat, kamu bisa menjadi lebih awas dan waspada dengan apa yang ada di sekitar. Kamu bisa terhindar dari sesuatu yang membahayakan yang bisa dihindari karena melihat terlebih dahulu.

6. Sebagai keseimbangan

Fungsi mata selanjutnya adalah sebagai keseimbangan. Fungsi mata sebagai keseimbangan akan membuatmu bisa berdiri dengan tegak.

Mata adalah bagian kecil dari sistem vestibular yaitu sistem keseimbangan tubuh. Sistem ini juga terdapat pada organ telinga.

Dengan melihat menggunakan mata, kamu akan mendapatkan informasi secara visual. Sehingga otakmu akan siap dan juga mengerti tindakan apa yang harus dilakukan.

Itulah beberapa fungsi mata, dijelaskan dari bagian oragan-organ yang terdapat pada mata. Semua orang patut bersyukur ketika mata masih bisa berfungsi dengan baik dan benar. Maka dari itu, jagalah mata sebaik-baik mungkin dan gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya