Pengertian Hadits Menurut Bahasa dan Istilah, Unsur, Serta Sejarahnya

Pengertian hadits menurut bahasa dan istilah penting dikenali umat Islam.

oleh Husnul Abdi diperbarui 04 Feb 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2022, 16:00 WIB
Pengertian Hadits Menurut Bahasa dan Istilah
Pengertian Hadits Menurut Bahasa dan Istilah (Photo by Anis Coquelet on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Pengertian hadits menurut bahasa dan istilah perlu dipahami oleh setiap muslim. Pasalnya, hadits ditulis oleh para ulama zaman dulu untuk menginformasikan tentang sunah rasul. Tentunya apa yang disampikan oleh Rasulullah SAW adalah benar.

Hadits adalah sunah rasul yang dituliskan kembali, karena itulah hadits tentunya memiliki fungsi terhadap pemahaman Al-Qur’an. Penafsiran hadits  tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, hanya orang yang benar-benar ahli dan memiliki ilmu pengetahuan terkait tentangnya yang bisa melakukannya.

Pengertian hadits menurut bahasa dan istilah penting dikenali umat Islam. Perkembangan hadits merupakan elemen penting selama tiga abad pertama sejarah Islam, dan kajiannya memberikan indeks yang luas pada pikiran dan etos Islam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/2/2022) tentang pengertian hadits menurut bahasa dan istilah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Hadits Menurut Bahasa dan Istilah

Hadis, sunnah, Islam
Hadis, sunnah, Islam. Image by Amirul Islam from Pixabay

Pengertian hadits menurut bahasa dan istilah dapat kamu pahami dengan penjelasan berikut. Dalam bahasa Arab, hadith berarti "laporan", "akun", atau "naratif". Kata Hadits juga berarti al-khabar (berita), yaitu sesuatu yang dipercakapkan dan dipindahkan dari seseorang kepada orang lain. Bentuk pluralnya adalah al-ahadits. Dalam terminologi Islam, pengertian hadits berarti melaporkan, mencatat sebuah pernyataan dan tingkah laku dari Nabi Muhammad SAW.

Pengertian hadits menurut bahasa dan istilah ini tentunya perlu kamu ikuti dengan pemahaman dari para ahli. Pengertian hadits menurut bahasa dan istilah, tekhusu dari para ahli, yaitu:

- Menurut para ahli hadits, hadits merupakan segala perkataan (sabda), perbuatan, hal ihwal (kejadian, peristiwa, masalah), dan ketetapan lainnya yang disandarkan kepada Nabi Muhahmmad SAW.

- Menurut ahli ushul fiqh (ushuliyyun), hadits adalah segala perkataan, perbuatan, dan ketetapan yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW yang hanya berhubungan dengan hukum-hukum islam.

- Menurut jumhur ulama, beberapa ulama berpendapat bahwa pengertian hadits menurut bahasa dan istilah adalah segala perkataan (sabda), perbuatan, dan ketetapan lainnya (taqrir) yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabat, dan para tabiin.

Pengertian hadits menurut bahasa dan istilah pada intinya bisa dimaknai sebagai segala perkataan (sabda), perbuatan, dan ketetapan lainnya dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan hukum syariat Islam selain Al-Qur’an.

Dalam memahami pengertian hadits menurut bahasa dan istilah, kamu juga perlu mengetahui siapa saja ulama-ulama ahlul hadits. Ada banyak sekali ulama-ulama ahlul hadits. Namun yang paling terkemuka ada 7 orang, di antaranya adalah Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Turmudzi, Imam Ahmad, Imam Abu Daud, Imam Ibnu Majah, dan Imam Nasa’i.


Unsur Hadits

Pengertian hadits menurut bahasa dan istilah tentunya harus disertai dengan pengenal unsurnya. Menurut Khusniati Rofiah dalam buku Studi Ilmu Hadits, tiap Hadits memiliki dua unsur utama yaitu sanad dan matan. Ada juga rawi yang menyampaikan Hadits. Unsur-unsur Hadits adalah:

Rawi

Rawi dalam Hadits adalah orang yang menyampaikan atau menuliskan dalam suatu kitab apa-apa yang pernah didengar dan diterimanya dari seseorang (gurunya). Bentuk jamaknya adalah ruwah dan perbuatannya menyampaikan Hadits disebut meriwayatkan Hadits.

Hadits yang ditakhrijkan dari suatu kitab Hadits pada umumnya membubuhkan nama rawi terakhirnya pada akhir matan Hadits. Contohnya, Hadits di depan, rawi terakhirnya adalah Imam Bukhari. Sedangkan rawi pertamanya adalah Abdullah (sahabat nabi).

Matan

Matan dalam Hadits adalah pembicaraan (kalam) atau materi berita yang diover oleh sanad yang terakhir. Baik pembicaraan itu sabda Rasulullah SAW, sahabat ataupun Tabi’in. Baik pembicaraan itu tentang Nabi atau taqrir Nabi.

Sanad

Sanad dalam Hadits adalah yang disebut sebelum matan Hadits. Sanad merupakan silsilah orang-orang yang menghubungkan Hadits. Sisilah orang-orang maksudnya adalah susunan atau rangkaian orang-orang perawi Hadits yang menyampaikan materi Hadits sejak mukharrij sampai kepada perawi terakhir yang bersambung kepada Nabi.


Sejarah hadits

ilustrasi Al-Quran/freepik
ilustrasi Al-Quran/freepik

Hadits sebagai kitab berisi berita tentang sabda, perbuatan dan sikap Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul. Sabda dan perbuatan ini dikumpulkan para sahabat Nabi yang selanjutnya disampaikan kepada sahabat lain. Masa pembentukan Hadits tiada lain masa kerasulan Nabi Muhammad SAW itu sendiri, ialah lebih kurang 23 tahun.

Masa pembentukan

Pada masa ini Hadits belum ditulis, dan hanya berada dalam benak atau hafalan para sahabat saja. perode ini disebut al wahyu wa at takwin. Periode ini dimulai sejak Muhammad diangkat sebagai nabi dan rasul hingga wafatnya (610M-632 M).

Pada saat ini Nabi Muhammad sempat melarang penulisan Hadits agar tidak tercampur dengan periwayatan Al Qur'an. Namun, setelah beberapa waktu, Nabi Muhammad SAW membolehkan penulisan Hadits dari beberapa orang sahabat yang mulia, seperti Abdullah bin Mas'ud, Abu Bakar, Umar, Abu Hurairah, Zaid bin Tsabit, dan lainnya.

Masa penggalian

Masa ini dimulai sejak wafatnya Nabi Muhammad pada tahun 11 H atau 632 M. Pada masa ini Hadits belum ditulis ataupun dibukukan, kecuali yang dilakukan oleh beberapa sahabat seperti Abu Hurairah, Abu Bakar, Umar bin Khattab, Abdullah bin Mas'ud, dan lainnya. Seiring dengan perkembangan dakwah, mulailah bermunculan persoalan baru umat Islam yang mendorong para sahabat saling bertukar Hadits dan menggali dari sumber-sumber utamanya.

Masa penghimpunan

Masa ini ditandai dengan sikap para sahabat dan tabi'in yang mulai menolak menerima Hadits baru, seiring terjadinya tragedi perebutan kedudukan kekhalifahan yang bergeser ke bidang syari'at dan 'aqidah dengan munculnya Hadits palsu.

Pada masa pemerintahan Khalifah 'Umar bin 'Abdul 'Aziz sekaligus sebagai salah seorang tabi'in memerintahkan penghimpunan Hadits. Masa ini terjadi pada abad 2 H, dan Hadits yang terhimpun belum dipisahkan mana yang merupakan Hadits marfu' dan mana yang mauquf dan mana yang maqthu'.

Masa pendiwanan dan penyusunan

Abad 3 H merupakan masa pendiwanan (pembukuan) dan penyusunan Hadits. Selanjutnya pada abad 4 H, usaha pembukuan Hadits terus dilanjutkan hingga dinyatakannya bahwa pada masa ini telah selesai melakukan pembinaan maghligai Hadits. Sedangkan abad 5 hijriyah dan seterusnya adalah masa memperbaiki susunan kitab Hadits seperti menghimpun yang terserakan atau menghimpun untuk memudahkan mempelajarinya dengan sumber utamanya kitab-kitab Hadits abad ke-4 Hijriyah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya