Kalor Adalah Tenaga Panas yang Diterima atau Dilepas Benda, Kenali Contohnya

Kalor adalah energi panas yang berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah.

oleh Husnul Abdi diperbarui 15 Jul 2022, 18:10 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2022, 18:10 WIB
Gaya
Ilustrasi Mempelajari Ilmu Fisika Credit: unsplash.com/Windows

Liputan6.com, Jakarta Kalor adalah istilah yang mungkin pernah kamu temui saat pelajaran Fisika di sekolah. Kalor tidak terjadi begitu saja, namun energi kalor dapat dihantarkan hanya dengan suatu usaha. Kalor terbentuk disebabkan karena gesekan benda sehingga membentuk panas.

Kalor adalah salah satu bentuk energi dalam ilmu Fisika. Joseph Black mengartikan kalor terjadi ketika ada dua zat yang dicampur. Banyak kalor yang dilepas oleh zat yang suhunya lebih tinggi sama dengan jumlah kalor yang diterima oleh zat yang suhunya lebih rendah.

Kalor adalah energi panas yang berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Peranan kalor tidak hanya mampu mengubah suhu, tetapi sekaligus mengubah wujud suatu benda.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/7/2022) tentang kalor adalah.


Kalor adalah

Ilustrasi Kompor Gas
Ilustrasi kompor gas (dok. Pixabay.com/PublicDomainPictures/Putu Elmira)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalor adalah tenaga panas yang dapat diterima dan diteruskan oleh satu benda ke benda lain secara hantaran (konduksi), penyinaran (radiasi), atau aliran (konveksi). Kalor adalah energi yang terbentuk karena suatu kejadian atau usaha. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, kalor adalah energi panas yang berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah.

Kalor terjadi karena gesekan antarbenda hingga membentuk panas. Ilmuwan Fisika, James Prescott menjelaskan kalor adalah salah satu bentuk energi yang digambarkan dengan satuan energi. Satuan kalor adalah Joule (J) atau Kalori (Kal). Menurutnya, kalor dapat menaikkan suhu suatu zat sekaligus mengubah wujudnya. Benda yang menerima kalor suhunya akan naik, sedangkan benda yang melepaskan kalor suhunya akan turun.

Menurut satuan internasional (SI), kalor memiliki satuan Joule (J). Satuan kalor terdiri dari jumlah energi panas yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air agar bisa naik sebesar 1 derajat Celcius. Besaran satuan kalor adalah 4.184 J yang dibulatkan menjadi 4.2 J.

Bukti sederhana dari teori kalor adalah ketika menggesekkan kedua telapak tangan untuk beberapa waktu, maka tangan akan merasakan hangat karena adanya energi kalor dari proses tersebut.


Mengenal Kalor Jenis

Kalor adalah salah satu bentuk energi yang berasal dari suatu usaha. Kamu juga perlu mengenali kalor jenis. Kalor jenis adalah banyaknya kalor yang dibutuhkan oleh sebuah zat untuk meningkatkan suhu. Kalor jenis adalah bentuk energi yang bisa dipindah dari satu benda ke benda yang lain. Satu gram suatu zat pada dasarnya membutuhkan besaran suhu satu derajat Celcius.

Kapasitas setiap kalor berbeda-beda, kalor jenis besi adalah 460 J/kg derajat Celcius. Untuk kalor jenis air adalah 4200 J/kg derajat Celcius. Kapasitas kalor adalah jumlah kalor yang diserap suatu benda dengan massa tertentu. Biasanya digunakan untuk menaikkan suhu sebesar 1 derajat Celcius. J/K merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya kapasitas kalor dalam Sistem Internasional.


Perpindahan Kalor

tiga macam perpindahan kalor
tiga macam perpindahan kalor.

Perpindahan kalor bisa kamu pahami melalui contohnya, seperti paparan sinar matahari terhadap es dan juga proses perebusan air. Dua aktivitas itu sebenarnya menjelaskan mengenai proses terjadinya perpindahan kalor. Mengutip sampoernaacademy.sch.id, tiga cara perpindahan kalor adalah sebagai berikut:

Konduksi

Konduksi adalah salah satu cara perpindahan kalor yang terjadi karena adanya perantara atau medium tanpa terjadinya perpindahan partikel dari medium itu sendiri. 

Medium yang bisa menghantarkan panas tersebut disebut juga dengan konduktor. Benda-benda yang termasuk ke dalam konduktor adalah besi, alumunium, tembaga, sampai logam.

Contoh peristiwa konduksi adalah ketika kita memanaskan ujung penggaris besi, maka lama kelamaan ujung lainnya akan ikut memanas. Hal itu terjadi karena penggaris besi itu menghantarkan panas sampai ke ujung lainnya. Contoh lainnya adalah ketika merebus air dengan panci yang tertutup. Lama kelamaan, tutup panci itu akan ikut panas. 

Konveksi

Konveksi adalah perpindahan panas atau kalor yang disertai dengan perpindahan dari medium atau zat perantaranya. Konveksi terbagi menjadi dua, yaitu konveksi alami dan konveksi paksa. Contoh dari peristiwa konveksi adalah terjadinya  angin darat dan laut, asap cerobong asap bisa naik ke atas, serta ketika memasak kacang hijau, kacang akan ikut naik ke atas dengan air ketika dipanaskan. 

Radiasi

Radiasi adalah perpindahan kalor yang terjadi tanpa melibatkan zat atau medium perantara apapun. Radiasi ini memiliki ciri khas di mana kalor yang dipindahkan tidak perlu bersentuhan. Dengan kata lain, kalor yang terpancar akan tetap mengalir ke arah yang dituju tanpa adanya medium. Contoh terjadinya radiasi adalah ketika seseorang menyalakan api unggun. Secara tidak sadar, ketika api unggun sudah berkobar dan menghasilkan panas, badan kita juga  akan terasa hangat. Selain itu, contoh radiasi adalah paparan sinar matahari yang bisa membuat baju menjadi kering. 


Rumus dan Contoh Soal

Rumus Kalor

Rumus kalor adalah:

c = Q/m. ΔT atau Q = m.c. ΔT

Keterangan: 

c = Kalor jenis dalam bentuk J/Kg.K atau Kal/gr° C

Q = Besaran energi dari kalor dalam bentuk joule atau kalori

M = Massa dalam gram atau Kg

ΔT = Perubahan suhu atau bisa disebut juga suhu dalam kelvin atau °C

 

Contoh Soal Kalor dan Pembahasannya

1. Air sebanyak 3 kg bersuhu 10oC dipanaskan hingga bersuhu 35oC. Jika kalor jenis air 4.186 J/kgoC, tentukan kalor yang diserap air tersebut?

Penyelesaian:

Diketahui:

m = 3 kg

c = 4.186 J/kgoC

∆T = (35 – 10)oC = 25oC

Ditanyakan: Q = …?

Jawab:

Q = mc∆T

Q = 3 kg × 4.186 J/kgoC × 25oC

Q = 313.950 J

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya