Mau Gaya Hidup Kamu Lebih Hemat? Sudah Saatnya Terapkan Frugal Living!

Salah satu jurus jitu yang bisa kamu terapkan untuk menjalani gaya hidup hemat adalah dengan mulai menerapkan konsep frugal living.

oleh Fachri pada 01 Sep 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 01 Sep 2022, 11:43 WIB
Frugal Living.
Ilustrasi wanita menerapkan Frugal Living. (Foto: Shutetrstock)

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, mengatur keuangan merupakan perkara yang sangat berat untuk dilakukan. Kenapa berat? Ya, karena sering kali akan muncul pengeluaran yang tak terduga di pertengahan atau akhir bulan. Kondisi itu membuat gaya hidup hemat menjadi semakin sulit diraih.

Salah satu jurus jitu yang bisa kamu terapkan untuk menjalani gaya hidup hemat adalah frugal living. Filosofi gaya hidup ini menjadikan kesederhanaan sebagai tumpuan. Konsep ini bisa diterapkan oleh siapa saja, termasuk mahasiswa yang belum memiliki penghasilan tetap.

Dilansir dari WealthSimple, frugal living dapat diartikan sebagai keadaan sadar (conscious) dalam setiap pengeluaran dengan menentukan prioritas tertentu secara finansial. Seseorang yang menjalani gaya hidup frugal, cenderung memikirkan tentang tujuan utama mereka, serta perubahan dalam bidang finansial dapat membantunya meraih tujuan tersebut.


1. Catat dan Evaluasi Pengeluaran Bulanan

Cara pertama yang paling sederhana untuk dilakukan adalah mulai mencatat pemasukan dan juga pengeluaran. Kamu bisa gunakan beberapa tools, seperti Microsoft Excel dan aplikasi yang terdsedia di Google Play Store.

Nah, setelah kamu melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran, tinggal kamu lakukan evaluasi data yang telah direkam. Ketika berada di step ini, kamu akan memahami pengeluaran mana yang menghabiskan paling banyak biaya.

2. Terapkan Mindfulness dalam Berbelanja

Kamu punya kebiasaan check-out sebuah barang di marketplace? Even, barang tersebut sebetulnya tidak terlalu penting untuk kebutuhan kamu. Jika iya, kamu perlu untuk menerapkan mindfulness sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.

Menurut Oxford Dictionary, mindfulness diartikan sebagai suatu kondisi mental di mana seseorang memiliki kesadaran penuh terhadap suatu hal, termasuk ketika belanja.

Nah, sebelum mulai berbelanja, kamu harus tanyakan kepada diri sendiri ya, apakah produk tersebut memang kamu butuhkan dan bukan sekedar diinginkan? Dan apakah produk tersebut tahan lama?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut membantu menciptakan kondisi mental yang lebih jernih dan mampu mengambil keputusan dengan baik. Selain itu, menekankan kualitas di atas kuantitas juga merupakan salah satu prinsip frugal living.

 


3. Terapkan Meal Planning

Langkah ini bukan hanya berguna untuk mengurangi stres, tapi juga menghemat pengeluaran dengan mengurangi makanan yang terbuang. Meal planning dapat dimulai dengan menuliskan bahan makanan apa saja yang kamu punya, lalu merencanakan makanan apa saja yang dapat dibuat dengan bahan-bahan tersebut.

Cara sederhana ini juga membawa kamu pada kebiasaan hidup sehat dengan tidak mengandalkan makanan cepat saji. Selain itu, belajar memasak adalah aktivitas seru yang tentunya dapat menjadi alternatif kegiatan saat kamu merasa jenuh dengan pekerjaan maupun tugas kuliah.

4. Nabung dan Investasi

Menabung merupakan bagian penting dari frugal living, begitu pula dengan investasi. Uang yang kamu sisakan dari berhemat dapat menjadi tabungan bagi masa depan. Semakin cepat menabung dan berinvestasi, semakin baik, bukan?

Nah, itu dia 4 langkah mengatur keuangan kamu dengan konsep frugal living yang bisa diterapkan. Yang terpenting dari semua adalah bagaimana kamu bisa disiplin dalam mengatur keungan ya!

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya