Cara Mengetahui NISN Secara Online, Cepat dan Mudah Banget

NSIN adalah kombinasi angka unik yang diberikan oleh setiap sekolah.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 12 Okt 2022, 19:15 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2022, 19:15 WIB
Cara Mengetahui NISN Secara Online, Cepat dan Mudah Banget
4 Langkah Mudah Periksa NISN Buat Para Siswa | via: kemdikbud.go.id

Liputan6.com, Jakarta Cara mengetahui NISN secara online sangat berguna bagi siswa SD, SMP, dan SMA. NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. NISN adalah layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

NSIN adalah kombinasi angka unik yang diberikan oleh setiap sekolah. Cara mengetahui NISN dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui laman resmi Kemendikbud. NISN memiliki sifat permanen alias angka tersebut tidak berubah dari jenjang pendidikan SD hingga SMA.

Cara mengetahui NISN secara online sangatlah penting. Sebab NISN ini digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam pendaftaran peserta didik baru. Terkadang siswa lupa mengenai berapa NISN nya, untuk itu dengan tahu cara mengetahui NISN ini dapat membantu siswa mengingatnya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mengetahui NISN secara online yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/10/2022).

Mengenal NISN

Cara Mengetahui NISN Secara Online, Cepat dan Mudah Banget
Ilustrasi siswa/siswi sekolah. (Foto: Istimewa)

Menurut Kemdikbud, NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN dan terdaftar di referensi Kemendikbud. Sedangkan NPSN adalah kode pengenal sekolah Indonesia yang bersifat unik dan membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya.

Manfaat dan tujuan dari adanya NISN adalah untuk mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan. Selain itu, juga berguna sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah. Tak hanya itu, manfaat lainnya dari NISN adalah Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online.

Terkadang, NISN juga berfungsi untuk penerimaan rapor hasil belajar siswa. NISN ini hanya berlaku selama pemegang menjadi siswa. Perlu diketahui, ciri-ciri NISN yakni terdiri dari sepuluh angka unik yang selalu diawali tiga angka yang merupakan tahun kelahiran siswa tersebut. Bagi siswa yang telah memiliki NISN dengan 3 digit pertama tidak sesuai dengan tahun kelahiran, NISN tetap dinyatakan valid, namun data siswa yang bersangkutan dapat diubah.

Cara Mengetahui NISN Secara Online Berdasarkan Nama

Cara Mengetahui NISN Secara Online, Cepat dan Mudah Banget
3 Alasan Kenapa NISN Penting Buat Siswa | via: smpmuslimincibeureumcimahi.blogspot.com

Adapun cara mengetahui NISN secara online berdasarkan nama dapat dicari melalui data kemdikbud.go.id dengan langkah sebagai berikut: 

1. Untuk melakukan pencarian dan melihat NISN menggunakan nama siswa silakan buka browser dan ketik alamat https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

2. Setelah laman terbuka, pilih menu pencarian NISN ‘Pencarian Berdasarkan Nama”.

3. Kemudian setelah pencarian NISN berdasarkan nama siswa ditemukan maka isi:

a. Nama siswa

b. Tempat lahir

c. Tanggal lahir

d. Nama ibu kandung

4. Setelah seluruh kolom yang tersedia telah diisi lengkap dan benar untuk mengetahui nomor NISN, maka selanjutnya tekan pada tombol enter atau cari. Setelah itu, selanjutnya cara mengetahui NISN menggunakan nama siswa yang anda cari akan muncul NISN dari siswa yang dicari.

Cara Mengetahui NISN Secara Online Berdasarkan Sekolah

Cara Mengetahui NISN Secara Online, Cepat dan Mudah Banget
Ilustrasi seragam SMA (sumber: iStock)

Selain mengetahui NISN berdasarkan nama, anda juga bisa mengetahui NISN berdasarkan sekolah. Berikut ini cara mengetahui NISN berdasarkan sekolah yang bisa anda coba, yakni:

1. Buka browser pada komputer Anda lalu kunjungi laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

2. Setelah laman pencarian NISN sekolah terbuka, pilih menu pencarian berdasarkan NISN.

3. Langkah selanjutnya adalah masukkan nomor NISN siswa yang akan kita cari nomor NISN-nya. 

4. Masukkan nama ibu kandung secara lengkap dan benar.

5. Kemudian tekan tombol cari, maka pencarian NISN berdasarkan sekolah yang anda cari akan sesuai kata kunci yang anda lihat.

Cara Memperbaiki Data NISN yang Salah

Cara Mengetahui NISN Secara Online, Cepat dan Mudah Banget
Ilustrasi Ujian Nasional | Via: istimewa

Apabila memiliki kendala dengan data NISN siswa yang tidak sesuai dengan akta kelahiran siswa tersebut, maka bisa untuk melakukan perubahan atau perbaikan dengan langkah sebagai berikut:

1. Siapkan persyaratan yang ingin dilampirkan untuk upload berkas, antara lain:

a. Scan Ijazah siswa jenjang sebelumnya

b. Scan Akta kelahiran siswa

2. Login halaman pada halaman NISN. Login menggunakan username dan password seperti biasanya.

3. Klik bagian menu edit data > Pengajuan > Nama & Tanggal Lahir

4. Kemudian pilih bagian "siswa"  dan klik ok. Kemudian pilih dan klik nama siswa yang akan diganti datanya dan klik "ok".

5. Kemudian akan muncul tampilan perubahan data yang dihendaki.

6. Isi data sesuai dengan perubahan yang diajukan. Semua kolom wajib diisi. Upload berkas yang diperlukan (akta/ijazah .jpg).

7. Kemudian tampilan hasil isi akan muncul dan teliti kembali apakah sudah sesuai. Jika sudah klik tombol "pengajuan perubahan".

8. Sampai tahap ini kita sudah berhasil mengajukan perubahan data NISN . Untuk melihat laporan apakah sudah ditangani bisa cek di bagian "Status". 

Cara Cetak NISN

Cara Mengetahui NISN Secara Online, Cepat dan Mudah Banget
ilustrasi printer (sumber: Pexel)

1. Cara awal sebelum mencetak atau print kartu NISN, anda perlu mengetahui NISN terlebih dahulu pada tampilan laman situs Kemdikbud. Buka browser dan masuk ke https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

2. Masukkan NISN dan nama ibu kandung.

3. Centang kolom Captcha dan klik cari data.

4. NISN serta informasi mengenai data akan ditampilkan pada halaman akhir secara rinci.

5. Saat informasi dan data tentang NISN telah berhasil ditampilkan secara jelas, maka selanjutnya yaitu memilih menu print pada layar.

6. Anda bisa mengeklik tanda titik tiga pada Chrome yang berada di pojok kanan bagian atas browser untuk mencari menu print. Setelah diklik maka akan ada beberapa pilihan menu, silakan pilih menu print NISN.

7. Setelah itu akan muncul pageview untuk percetakan pada layar komputer, saat memilih menu print di halaman sebelumnya. Untuk menyimpan file NISN yang akan di print, anda dapat mengeklik pilihan dari kolom pilihan destination untuk memindahkan file tersebut.

8. Setelah menyimpan file tersebut, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah merubah kembali isi file tersebut ke dalam format jenis PDF lalu pilih menu simpan atau cetak.

9. Anda juga bisa memilih untuk mengeklik cetak jika ingin mencetak kartu NISN secara langsung tanpa menyimpan format PDF terlebih dahulu.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya