Cara Melihat NISN, Berdasarkan Nama, Sekolah, Serta Cara Memperbaikinya

Cara melihat NISN serta cara memperbaikinya.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 20 Jul 2022, 15:55 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2022, 15:55 WIB
[Bintang] 3 Alasan Kenapa NISN Penting Buat Siswa
3 Alasan Kenapa NISN Penting Buat Siswa | via: smpmuslimincibeureumcimahi.blogspot.com

Liputan6.com, Jakarta Cara melihat NISN dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan mencari NISN berdasarkan nama juga berdasarkan sekolah. NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional yang merupakan kode pengenal yang dimiliki oleh siswa atau peserta didik. NISN ini bersifat unik karena hanya dibuat oleh Kemendikbud dan diberikan kepada siswa yang telah terdaftar di NISN.

Nomor Induk Siswa Nasional  adalah kode pengenal identitas siswa yang dan berlaku sepanjang masa. NISN ini menjadi pembeda yang membedakan satu siswa dengan yang lainnya di seluruh Indonesia juga sekolah Indonesia yang ada di luar negeri. Cara melihat NISN juga sangat mudah untuk diakses oleh siswa yang sudah tercatat dalam data Kemendikbud.  

Dilansir dari Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, NISN diberikan kepada peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di referensi Kemendikbud. Cara melihat NISN yang merupakan hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ini ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN, https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

Berikut ini cara melihat NISN yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/7/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Melihat NISN Berdasarkan Nama

[Bintang] 3 Alasan Kenapa NISN Penting Buat Siswa
3 Alasan Kenapa NISN Penting Buat Siswa | via: iskandar1.wordpress.com

Untuk pencarian NISN berdasarkan nama siswa, dapat dilihat melalui pencarian online yaitu di data kemdikbud.go.id dengan langkah sebagai berikut: 

1. Untuk melakukan pencarian dan melihat NISN menggunakan nama siswa silakan buka browser dan ketik alamat https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

2. Setelah laman terbuka, pilih menu pencarian NISN ‘Pencarian Berdasarkan Nama”.

3. Kemudian setelah pencarian NISN berdasarkan nama siswa ditemukan maka isi:

· Nama siswa

· Tempat lahir

· Tanggal lahir

· Nama ibu

4. Setelah seluruh kolom yang tersedia telah diisi lengkap dan benar untuk mencari nomor NISN, maka selanjutnya tekan pada tombol enter atau cari. setelah itu, selanjutnya pencarian NISN menggunakan nama siswa yang kamu cari akan muncul NISN dari siswa yang kamu dicari.


Cara Mencari NISN Berdasarkan Sekolah

[Bintang] 4 Langkah Mudah Periksa NISN Buat Para Siswa
4 Langkah Mudah Periksa NISN Buat Para Siswa | via: miftahadv.com

Untuk langkah cara mencari dan melihat NISN berdasarka sekolah, maka bisa diakses dengan secara online pada laman Dapodik NISN, yaitu dengan cara:

1. Buka browser pada komputer Anda lalu kunjungi laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

2. Setelah laman pencarian NISN sekolah terbuka, pilih menu pencarian berdasarkan NISN.

3. Langkah selanjutnya adalah masukkan nomor NISN siswa yang akan kita cari nomor NISN-nya. 

4. Masukkan nama ibu kandung secara lengkap dan benar.

5. Kemudian tekan tombol cari, maka pencarian NISN berdasarkan sekolah yang kamu cari akan sesuai kata kunci yang kamu lihat.


Tujuan dan Manfaat NISN

[Bintang] 3 Alasan Kenapa NISN Penting Buat Siswa
3 Alasan Kenapa NISN Penting Buat Siswa | via: yayasanberliancirebon.wordpress.com

Dilansir dari data kemendikbud, adapun tujuan serta manfaat dari NISN, yaitu:

- Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan. 

- Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit unit kerja di kemendikbud, dinas pendidikan daerah hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini. 

- Sebagai sistem pendukung program dapodik dalam pengembangan dan penerapan program -program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten, hingga sekolah seperti, Bantuan Operasional Sekolah, Ujian Nasional, PIP, juga SNMPTN.


Memperbaiki Data NISN Siswa yang Tidak Sesuai

Apabila memiliki kendala dengan data NISN siswa yang tidak sesuai dengan akta kelahiran siswa tersebut, maka bisa untuk melakukan perubahan atau perbaikan dengan langkah sebagai berikut:

1. Siapkan persyaratan yang ingin dilampirkan untuk upload berkas, antara lain:

· Scan Ijazah siswa jenjang sebelumnya

· Scan Akta kelahiran siswa

2. Login halaman pada halaman NISN. Login menggunakan username dan password seperti biasanya.

3. Klik bagian menu edit data > Pengajuan > Nama & Tanggal Lahir

4. Kemudian pilih bagian "siswa"  dan klik ok. Kemudian pilih dan klik nama siswa yang akan diganti datanya dan klik "ok".

5. Kemudian akan muncul tampilan perubahan data yang dihendaki.

6. Isi data sesuai dengan perubahan yang diajukan. Semua kolom wajib diisi. Upload berkas yang diperlukan (akta/ijazah .jpg).

7. Kemudian tampilan hasil isi akan muncul dan teliti kembali apakah sudah sesuai. Jika sudah klik tombol "pengajuan perubahan".

8. Sampai tahap ini kita sudah berhasil mengajukan perubahan data NISN . Untuk melihat laporan apakah sudah ditangani bisa cek di bagian "Status". 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya