18 Cara Menumbuhkan Alis Agar Tebal Alami, Simpel Tanpa Efek Samping

Sekarang-sekarang ini tampilan alis tebal lebih disukai, oleh sebab itu banyak orang mencari cara menumbuhkan alis agar terlihat tebal.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 20 Okt 2022, 17:30 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2022, 17:30 WIB
Faktor Penuaan Alami
Ilustrasi Alis Mata Credit: unsplash.com/Tony

Liputan6.com, Jakarta Saat ini tampilan alis yang tebal dapat menjadi salah satu tolak ukur kecantikan seseorang. Sama seperti tren kecantikan lain, tren bentuk alis merupakan suatu hal yang dinamis. Ada satu masa bentuk alis tipis menukik menjadi tren yang diikuti banyak orang. Sekarang-sekarang ini tampilan alis tebal lebih disukai, oleh sebab itu banyak orang mencari cara menumbuhkan alis agar terlihat tebal.

Alis merupakan bagian wajah yang berfungsi sebagai pelindung mata dari tetesan keringat yang jatuh dari dahi, air hujan, atau sinar matahari yang berlebihan. Dari segi estetika, Alis berfungsi untuk membingkai wajah. Bentuk alis dapat memengaruhi bentuk wajah seseorang.

Bentuk alis yang berbeda akan memberikan persepsi visual yang berbeda pula pada wajah. Berikut cara menumbuhkan alis yang sulah Liputan6.com Rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Menumbuhkan Alis

alis mata
Alis mata bisa tebal dan penuh terisi dengan memanfaatkan minyak alami ini (Credit: Freepik/drobotdean)

1. Mengoleskan Minyak Kelapa

Salah satu cara menebalkan bulu mata yang paling umum dilakukan adalah mengoleskan minyak kelapa ke bulu mata. Minyak kelapa terbukti sebagai bahan yang aman dan baik untuk memelihara kesehatan bulu mata.

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat dengan mudah diserap oleh batang rambut, termasuk bulu mata, yang berguna untuk membantu melindungi bulu mata dari kerusakan protein akibat pemakaian make-up remover maupun pembersih wajah jenis lain. Mengoleskan minyak kelapa secara rutin dapat mengurangi terjadinya kerontokan bulu mata. Dengan begitu bulu mata menjadi lebih tebal dan sehat.

Sifat anti mikroba yang dimiliki minyak kelapa dapat membantu melindungi kelopak mata dari infeksi bakteri. Infeksi yang terjadi pada kelopak mata dapat menyebabkan kerontokan pada bulu mata.

2. Mengoleskan Minyak Zaitun

Kandungan asam lemak pada minyak zaitun dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi rambut, termasuk alis. Minyak zaitun kaya akan asam lemak, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam palmitat. Salah satu cara menumbuhkan alis adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke alis. 

Minyak zaitun juga mengandung vitamin A dan E pada minyak zaitun telah terbukti dapat bulu alis, menyehatkan folikel alis, serta memperkuat alis. Dengan begitu alis dapat tumbuh lebih cepat, tebal dan tidak mudah rontok. 

3. Mengoleskan Minyak Jarak

Kandungan 90 persen risinoleat pada minyak jarak murni atau minyak kastor dipercaya dapat mencegah kerontokan rambut, termasuk alis. Khasiat ini bermula dari kemampuan minyak jarak murni untuk menjaga kelembaban kulit tanpa menyebabkan iritasi maupun penyumbatan pori-pori atau kelenjar di sekitar kelopak mata.

Pastikan minyak jarak yang digunakan untuk menebalkan bulu mata adalah minyak jarak murni, sebab minyak jarak yang sudah dicampur dengan bahan lain beresiko menyebabkan iritasi pada kulit sekitar mata serta tidak memberikan hasil yang maksimal.

4. Mengompres dengan Teh Hijau

Kandungan kafein dan antioksidan flavonoid dalam teh hijau dapat menstimulasi pertumbuhan bulu alis, sehingga alis tampak lebih tebal. Mengompres alis dengan teh hijau dapat dilakukan dengan menggunakan kantong teh hijau sisa seduhan yang sudah didinginkan terlebih dahulu, kemudian ditempelkan di atas alis.


Cara Menumbuhkan Alis

5. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya sejak dulu dipercaya dapat menyuburkan rambut, termasuk alis. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada lidah buaya dipercaya dapat menebalkan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya langsung ke alis.

6. Mengoleskan Minyak Kemiri

Minyak kemiri mengandung asam linoleat atau omega 3 yang terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Secara tradisional di zaman dulu, masyarakat biasanya membakar kemiri hingga hangus dan mengeluarkan minyak, kemudian mengoleskannya di atas alis sebagai salah satu cara menumbuhkan alis. 

Kemiri bakar ini banyak diaplikasikan ibu-ibu pada anak bayinya agar saat dewasa memiliki alis yang tebal. Sekarang produk minyak kemiri yang dapat langsung digunakan sudah banyak di pasaran. Anda tinggal mengoleskan minyak kemiri ke atas alis sebelum tidur.

7. Mengoleskan Minyak Almond

Minyak almond terkenal dengan kandungan magnesiumnya yang tinggi. Magnesium berfungsi sebagai nutrisi yang dapat menyuburkan rambut. Oleskan minyak almond secara rutin untuk mendapatkan tampilan alis yang tebal.

8. Mengoleskan Minyak Esensial Rosemary

Rosemary merupakan salah satu rempah aromatik yang banyak digunakan sebagai bumbu masak masakan barat. Selain mampu memberikan aroma yang sedap untuk masakan, rosemary dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat.

8. Mengoleskan Minyak Biji Rami

Minyak rami mengandung omega 3 dan asam lemak linoleat yang dapat merangsang pertumbuhan rambut pada alis. Oleskan minyak biji rami sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

9. Mengoleskan Tea Tree Oil

Tea Tree oil atau minyak pohon teh merupakan minyak yang diperoleh dari proses destilasi daun melaleuca alternifolia yang sudah tua. Minyak pohon teh berguna untuk mengatasi kerontokan pada rambut, termasuk alis. Dengan begitu tampilan alis menjadi lebih tebal. 

10. Mengoleskan Minyak Fenugreek

Fenugreek adalah tanaman yang berasal dari Yunani. Namanya memang kurang populer di Indonesia, namun khasiatnya untuk membantu cara menebalkan alis diakui di dunia kecantikan secara internasional. Minyak Fenugreek dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko online.

11. Bawang Merah

Sari bawang merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut. Contohnya seperti selenium, sulfur, mineral, vitamin B dan vitamin E yang tentu saja sangat baik untuk pertumbuhan rambut.Namun, kandungan sulfur pada bawang merah dapat menyebabkan mata perih, untuk itu perlu hati-hati dalam mengaplikasikan sari bawang merah ke area alis. 

Untuk mendapatkan sari bawang merah, Anda dapat menumbuk atau memblender 2 siung bawang merah hingga halus kemudian mengoleskannya ke alis. Diamkan selama 30 menit atau hingga mata Anda tidak kuat lagi menahan perih. Bersihkan sampai bersih dengan menggunakan air dingin.


Cara Menumbuhkan Alis

Mengarsir Bentuk Alis Terlalu Tebal
Ilustrasi Menyikat Alis Credit: pexels.com/Shiny

12. Bawang Bombay

Selain bawang merah, bawang bombay yang merupakan bumbu dapur juga dapat digunakan sebagai penyubur alis. Caranya pun sama, yaitu dengan menghaluskan bawang bombay hingga benar-benar halus, lalu oleskan pada alis. 

13. Mengoleskan Kuning Telur

Mengoleskan kuning telur juga dapat menjadi salah satu cara menumbuhkan alis. Vitamin A, B, dan E yang terkandung dalam kuning telur akan membuat rambut alismenjadi kuat dan sehat. Ambil bagian kuning telur kemudian oleskan pada alis dan diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

14. Mengoleskan Air Lemon

Lemon mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan ini dapat mendukung pertumbuhan rambut alis. Selain itu, lemon mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang berpotensi mengganggu pertumbuhan rambut. Mengoleskan air lemon ke alis dipercaya dapat melebatkan alis. 

15. Mengoleskan Air Jeruk Nipis

Mirip seperti Lemon, jeruk nipis juang tinggi akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat merangsang pertumbuhan rambut alis menjadi lebih tebal dan sehat. Cara mengaplikasikannya pun sama, oleskan air perasan jeruk nipis langsung ke alis, biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih. 

16. Mengoleskan Susu Sapi Segar

Susu terbukti memiliki berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan, termasuk merangsang  pertumbuhan alis menjadi lebat. Selain dengan dikonsumsi secara langsung, anda dapat mengoleskan sisi langsung ke alis, biarkan 30 menit, lalu bilas hingga bersih. 

17. Memperbanyak Asupan Vitamin E

Vitamin E terbukti memiliki peran yang penting pada kesehatan kulit dan rambut, termasuk alis. Vitamin E membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak, sehingga alis menjadi lebih sehat. Vitamin yang memiliki sifat larut air ini bekerja dengan menguatkan akar rambut, sehingga bulu mata tidak mudah rontok.

Vitamin E sebagai antioksidan juga membantu meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh termasuk mata. Dengan begitu nutrisi dapat sampai dan terserap ke akar bulu alis secara maksimal.

18. Menyikat Alis

Menyikat alis dengan spuli berbulu halus dapat melancarkan peredaran darah sekitar area alis. Dengan begitu, folikel rambut akan lebih sehat dan rambut baru dapat tumbuh lebih cepat. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya