Timbre adalah Warna Suara, Kenali Jenis-Jenis Vokal dan Contoh Penyanyinya

Timbre adalah warna suara yang membuat suara terdengar berbeda-beda.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 14 Jan 2023, 10:20 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2023, 10:20 WIB
[Bintang] Bruno Mars
Brooklyn, Denver, Tulsa, dan Philadelphia pun menjadi beberapa tempat yang akan dihibur Bruno Mars bersama dengan Cardi B. (Kevin Winter/Getty Images for NARAS/Billboard)

Liputan6.com, Jakarta Timbre adalah istilah yang terkait dengan seni musik. Timbre adalah sesuatu yang mengacu pada karakter atau warna suara. Selain itu juga dapat dipahami bahwa timbre adalah kualitas suara.

Misalnya saja ketika kita datang ke sebuah konser di mana ada banyak penyanyi tampil di sana, lalu apakah semua penyanyi memiliki suara yang sama? Tentu saja, jawabannya adalah tidak. Bahkan jika setiap orang menyanyikan lagu yang sama, suara mereka masing-masing akan terdengar berbeda.

Dari gambaran tersebut dapat dipahami bahwa timbre adalah warna suara yang membuat suara terdengar berbeda-beda. Jadi, jika ada dua atau lebih bunyi dengan frekuensi yang sama, yang merdu adalah timbre.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan timbre, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (14/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa itu timbre?

Dalam seni musik, timbre adalah warna nada atau kualitas nada. Hal ini juga bisa dipahami bahwa timbre adalah warna atau kualitas suara, yang membuat suara menjadi unik, karena berbeda dari yang lain.

Timbre adalah sesuatu yang dapat membedakan beberapa produksi suara, seperti suara paduan suara, alat musik, alat musik gesek, alat musik tiup, dan alat musik perkusi. Timbre juga memungkinkan pendengar membedakan instrumen yang berbeda meski memiliki pitch dan frekuensi yang sama.

Contoh lain seperti ini, ada dua orang yang memainkan alat musik yang berbeda. Satu orang memainkan gitar, dan satu orang lainnya memainkan recorder. Keduanya memainkan lagu yang sama dengan nada yang sama dengan cara yang sama baiknya. Meski demikian permainan dua orang tersebut akan tetap terdengar berbeda, bukan? Nah, timbre adalah hal yang mengacu pada perbedaan itu.

Tidak hanya mengacu pada suara alat musik, timbre juga merujuk pada warna suara manusia atau yang disebut timbre vokal. Beberapa contoh timbre adalah cara yang digunakan untuk mengekspresikan karakter suara dengan istilah serak, empuk, merdu, lembut, dan sebagainya. Istilah-istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana suara seseorang atau suatu alat musik,itulah yang disebut dengan timbre.

Bagaimana Anda mengenali berbagai suara atau suara yang Anda dengar dikaitkan dengan timbre (timbre suara). Dari penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa timbre adalah warna suara, kualitas suara, karakter suara, yang membedakan satu suara dengan suara lainnya.


Jenis-Jensi Vokal

Axl Rose
Axl Rose November Rain

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, timbre warna suara, kualitas suara, karakter suara, yang membedakan satu suara dengan suara lainnya. Dengan kata lain, timbre adalah sesuatu yang ada banyak macamnya. Namun secara umum, jenis-jenis timbre antara lain sebagai berikut:

1. Bas

Jenis suara laki-laki terendah, vokal bas dicirikan oleh suara gemuruh yang rendah dan kaya dengan banyak bobot vokal dengan tessitura sekitar E2-E4 (dua oktaf). Contoh penyanyi yang memiliki timbre bas antara lain adalah Johnny Cash, Barry White, dan Bing Crosby.

2. Bariton

Khas di kalangan pria, bariton juga dapat bernyanyi dalam register tenor juga jika mereka memperluas jangkauan vokal mereka ke nada yang lebih tinggi. Suara bariton memiliki bobot dengan tessitura A2-A4. Contoh penyanyi yang memiliki vokal bariton antara lain adalah John Legend, Hozier, Michael Buble, dan Axl Rose.

3. Tenor

Tenor adalah jenis vokal yang umum juga pada pria. Tenor memiliki bobot vokal yang sedikit lebih ringan daripada bariton dengan tessitura C3-C5. Penyanyi dalam klasifikasi suara ini terkadang terdengar seperti wanita di telepon karena nada tinggi yang dapat mereka capai. Contoh penyanyi dengan vokal tenor antara lain adalah Sting, Freddie Mercury, Jason Mraz, Stevie Wonder, dan Michael Jackson.

4. Countertenor

Ini adalah jenis vokal bernada paling tinggi yang dimiliki pria, dan Anda mungkin salah mengira pria yang bernyanyi dalam countertenor sebagai wanita jika Anda hanya mendengarnya. Nada rendah tidak nyaman untuk penyanyi ini, jadi Anda bisa mengharapkan pria ini selalu menyanyikan nada tinggi. Contoh penyanyi dengan jenis vokal ini antara lain adalah Bruno Mars, James Bowman, dan Alfred Deller.


Jenis-Jensi Vokal

Mariah Carey. (Foto: Instagram terverifikasi @mariahcarey)
Mariah Carey. (Foto: Instagram terverifikasi @mariahcarey)

5. Kontralto

Jenis suara nyanyian terendah untuk wanita, contralto sama langkanya dengan penyanyi bass pria. Para wanita yang bernyanyi dalam rentang tersebut memiliki tessitura sekitar E3-5 dan bobot vokal yang lumayan. Mereka bisa terdengar seperti laki-laki ketika mereka bernyanyi atau berbicara dengan nada rendah yang bisa mereka capai. Contoh penyanyi yang memiliki jenis vokal ini antara lain adalah Annie Lennox, Nina Simone, dan Lalah Hathaway.

6. Alto

Alto adalah jenis vokal dengan nada yang terendah kedua untuk wanita. Penyanyi alto menawarkan bobot vokal yang luar biasa dan kaya tessitura F3-5. Dengan pelatihan, banyak alto dapat memperluas jangkauannya untuk mencapai nada tinggi yang kuat.

Namun, beberapa penyanyi tetap menggunakan rentang alto selama penampilan mereka. Selama 30 tahun terakhir, ada banyak penyanyi alto yang menakjubkan. Mereka antara lain adalah Tracy Chapman, Lana Del Rey, dan Amy Winehouse.

7. Mezzo-Soprano

Salah satu yang paling mengesankan dari semuanya, penyanyi mezzo-soprano adalah wanita yang setara dengan bariton pria. Mezzo-sopranos cenderung memiliki bobot vokal yang lebih ringan daripada alto, tetapi mereka dapat menambah bobot nada atas untuk menambah perasaan pada lirik. Mereka memiliki tessitura sekitar A3-A5. Contoh penyanyi yang memiliki vokal jenis ini antara lain adalah Madonna, Lady Gaga, dan Bette Midler.

8. Sopran

Merupakan jenis vokal dengan nada tertinggi untuk wanita. Sopran memiliki bobot tertinggi dengan tessitura C4-C6. Contoh penyanyi yang memiliki jenis vokal ini antara lain adalah Beyonce, Ariana Grande, Whitney Houston, dan Mariah Carey.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya