Mengapa Allah Itu Al-Alim Sebutkan Bukti-buktinya, Maha Mengetahui Segalanya

Allah itu Al-Alim yang memiliki pengetahuan menyeluruh dan luas terhadap apa yang terlihat dan tidak terlihat.

oleh Laudia Tysara diperbarui 17 Feb 2023, 11:40 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2023, 11:40 WIB
Ilustrasi Islam, muslim, membaca Al-Qur'an
Ilustrasi Islam, muslim, membaca Al-Qur'an. (Photo by Syed Aoun Abbas on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Mengapa Allah itu Al-Alim sebutkan bukti-buktinya ini digambarkan sangat jelas di Al-Qur’an. Allah itu Al-Alim yang artinya Maha Mengetahui segala sesuatu yang terjadi di seluruh alam semesta.

Pengetahuan Allah tidak ada yang bisa menandinginya. Allah berfirman dalam surat Al An’am ayat 59:

“Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz).”

Allah itu Al-Alim yang memiliki pengetahuan menyeluruh dan luas terhadap apa yang terlihat dan tidak terlihat, yang jelas dan yang tersembunyi, saat ini dan di masa depan, jauh dan juga dekat.

Bukti Allah itu Al-Alim adalah hanya Allah yang mengetahui kapan hari kiamat terjadi, mengetahui apa yang terkandung di dalam rahim, mengetahui kapan akan turun hujan, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang mengapa Allah itu Al-Alim sebutkan bukti-buktinya, Jumat (17/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengapa Allah Itu Al-Alim Sebutkan Bukti-buktinya

Ilustrasi Al-qur'an
Ilustrasi Al-Qur'an (sumber: GR Stocks)

Al-Alim dalam Al-Qur’an adalah salah satu nama-nama Allah terbaik dan terindah sesuai asmaul husna. Melansir dari laman website resmi Al-Qur’an Indonesia, mengapa Allah itu Al-Alim berasal dari akar kata ‘a-l-m dalam bahasa Arab Klasik.

Akar kata Al-Alim artinya yang berpengetahun, terjaga, sadar, teliti mencari informasi, mengumpulkan informasi demi pengetahuan intuitif, memiliki pengetahuan dasar segala hal khususnya bertindak berdasarkan ilmu yang diketahui.

Mengapa Allah itu Al-Alim dan sebutkan bukti-buktinya bisa dipahami dari arti Al-Alim adalah Yang Maha Berpengetahuan, Dia yang mengetahui segala-galanya. Dijelaskan, bahwa Dia memiliki pengetahuan yang menyeluruh dan luas terhadap apa yang terlihat dan tidak terlihat, yang jelas dan yang tersembunyi, saat ini dan di masa depan, jauh dan juga dekat.

“Pengetahuan-Nya melampaui dan Dia sadar akan segala hal, bahkan sebelum mereka terjadi. Dia tahu segala detil dan tak ada yang luput dari pengawasan dan catatan-Nya,” dijelaskan.

Dalam buku berjudul Syarah Asmaul Husna oleh Sa'id bin Ali Al-Qathani, mengapa Allah itu Al-Alim dan sebutkan bukti-buktinya, artinya pengetahuan Allah SWT yang tidak terbatas. Ia mengetahui hal-hal yang tampak maupun yang gaib.

Kementerian Agama Kalimantan Selatan dalam keterangan tertulisnya menjelaskan mengapa Allah itu Al-Alim artinya ilmu-Nya segala sesuatu yang lahir, yang batin, yang halus, yang besar, yang permulaan, yang akhir, pembukaannya, dan penutupnya.

Mengapa Allah itu Al-Alim dan sebutkan bukti-buktinya, yakni hanya Allah SWT sendirilah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, mengetahui apa yang terkandung di dalam rahim, mengetahui kapan akan turun hujan, dan mengetahui apa yang akan diusahakan oleh setiap orang serta di negeri mana ia akan mati.

Bukti-bukti Allah itu Al-Alim ini termaktub dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

1. Hal Baik Bisa Didapat Setelah Infak dan Hanya Allah Al-Alim yang Mengetahuinya

Mengapa Allah itu Al-Alim dan sebutkan bukti-buktinya termaktub dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 92:

“Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.”

2. Pengetahuan Allah Lebih Luas daripada Lautan

Mengapa Allah itu Al-Alim dan sebutkan bukti-buktinya termaktub dalam surat Al Kahfi ayat 109:

“Katakanlah (Muhammad): Seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, maka pasti habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).”


Bukti-Bukti Allah Itu Al-Alim Selanjutnya

Ilustrasi Al-Qur'an
Ilustrasi Al-Qur'an (Photo by Anis Coquelet on Unsplash)

3. Datangnya Hari Kiamat Hanya Allah yang Mengetahui

Mengapa Allah itu Al-Alim dan sebutkan bukti-buktinya termaktub dalam surat Al A’raf ayat 187:

Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

4. Hanya Allah yang Mengetahui yang Ghaib

Mengapa Allah itu Al-Alim dan sebutkan bukti-buktinya termaktub dalam surat Al An’am ayat 59:

“Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz).”

5. Allah adalah Tuhan yang Memasukkan Malam ke dalam Siang

Mengapa Allah itu Al-Alim dan sebutkan bukti-buktinya termaktub dalam surat Al Hadid ayat 6:

“Dialah yang memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia Maha Mengetahui segala isi hati.”

6. Allah Maha Teliti dengan yang Manusia Kerjakan

Mengapa Allah itu Al-Alim dan sebutkan bukti-buktinya termaktub dalam surat Al Mujadalah ayat 11:

"Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, "Berdirilah," (kamu) berdirilah. Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan."

7. Allah Maha Mengetahui yang Seluruh Makhluknya Kerjakan

Mengapa Allah itu Al-Alim dan sebutkan bukti-buktinya termaktub dalam surat An-Nur ayat 41:

“Tidakkah engkau (Muhammad) tahu bahwa kepada Allah-lah bertasbih apa yang di langit dan di bumi, dan juga burung yang mengembangkan sayapnya. Masing-masing sungguh, telah mengetahui (cara) berdoa dan bertasbih. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.”

8. Peristiwa yang Terjadi di Bumi Tidak Luput dari Pantauan Allah

Mengapa Allah itu Al-Alim dan sebutkan bukti-buktinya termaktub dalam surat An-An’am ayat 59:

"Tak ada satu pun peristiwa, baik di bumi dan di langit yang luput dari pantauan Allah. Semua yang terjadi atas sepengetahuan-Nya. Pengetahuan Allah sungguh tidak terbatas dan meliputi semua hal tanpa kecuali, sementara pengetahuan makhluk sangat terbatas dan Allah Maha Mengetahui."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya