Cara Menonaktifkan IG Sementara, Lengkap dengan Cara Menghapus Akun Instagram

cara menonaktifkan IG sementara dan menghapus total akun Instagram

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 27 Feb 2023, 14:35 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2023, 14:35 WIB
Akan ada Tampilan Iklan di Instagram Stories
Ilustrasi Instagram Stories. (via: marketing4ecommerce.net)

Liputan6.com, Jakarta Cara menonaktifkan IG sementara berikut dapat anda terapkan saat anda ingin membatasi penggunaan media sosial anda. Instagram adalah salah satu situs media sosial paling populer dan salah satu yang paling membuat ketagihan. Jika anda ingin mengurangi kebiasaan Instagram anda, anda harus tau cara menonaktifkan IG sementara. 

Selain mengatahui cara menonaktifkan IG sementara, anda juga perlu mengetahui cara menghapus akun IG anda jika merasa sudah tidak ingin menggunakannya lagi. Perbedaan antara keduanya adalah menghapus akun Instagram anda bersifat permanen, sedangkan menonaktifkan bersifat sementara dan anda dapat masuk kembali nanti.

Untuk cara menonaktifkan IG sementara dan menghapus akun IG anda, anda dapat menggunakan browser web di desktop dan seluler. Pengguna iPhone dan Android juga dapat menghapus akun mereka langsung melalui aplikasi Instagram dengan mudah dan juga cepat, dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara menonaktifkan IG sementara dan menghapus total akun Instagram pada Senin (27/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perbedaan Menghapus Akun Permanen dan Menonaktifkan IG Sementara

Instagram - Vania
Ilustrasi Instagram/https://unsplash.com/Alex Bracken

Jika anda merasa sudah waktunya istirahat dari Instagram, salah satu jejaring sosial terbesar, anda memiliki dua pilihan yaitu: menghapus atau menonaktifkan akun anda. Ada perbedaan besar antara keduanya. Menangguhkan akun Instagram anda menyembunyikan komentar, suka, semua foto, video, jumlah pengikut dan detail lainnya. 

Setelah anda menonaktifkan akun untuk sementara, tidak ada yang dapat melihat profil anda, tetapi anda masih dapat mengakses pesan pribadi, misalnya. Penonaktifan mudah dibatalkan, dan anda dapat melanjutkan dari bagian terakhir yang anda tinggalkan kapan saja dengan masuk ke Instagram melalui aplikasi atau situs website.

Setelah anda menghapus akun anda, Instagram akan secara permanen menghapus semua konten profil anda, termasuk foto, gulungan, sebutan, komentar, suka dan daftar pengikut. Jika anda ingin mengakses data profil anda di masa mendatang, sebaiknya unduh salinan cadangan sebelum menghapus akun anda.

 

Akun Instagram yang Dihapus Tidak Dapat Dipulihkan Lagi Setelah 30 Hari

Setelah anda menekan tombol hapus, akun Instagram anda tidak lagi tersedia untuk umum. Namun, anda memiliki 30 hari untuk berubah pikiran. Jika anda memutuskan untuk kembali ke Instagram, masuk kembali dengan nama pengguna dan kata sandi anda dan anda akan mendapatkan kembali akses ke profil anda.

Setelah 30 hari setelah permintaan penghapusan, Instagram secara permanen menghapus semua data anda, anda tidak akan dapat menggunakan atau memulihkan akun tersebut. Inilah mengapa kami menyarankan anda menyimpan foto, video, kiriman yang diarsipkan, pertukaran DM dan informasi relevan lainnya dari Instagram sebelum menghapus akun anda.


Cara Mencadangkan dan Unduh Data Akun IG Sebelum Dihapus

Instagram memungkinkan Anda untuk mengelola datamu dan mengunduhnya jika Anda memutuskan untuk menghapus akun. Cadangkan foto Anda, cerita yang diposting, gulungan, posting yang diarsipkan dan data lainnya jika Anda membutuhkannya di masa mendatang. Ingat setelah anda menghapus akun Instagram anda, alat Unduh Data Instagram tidak akan dapat diakses lagi.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengunduh data Instagram anda di aplikasi dan situs web Instagram.

Cara Mencadangkan Dan Unduh Data IG di Aplikasi

1. Buka profil anda, ketuk tiga baris di kanan atas, dan buka "Aktivitas Anda".

2. Pilih "Unduh informasi anda".

3. Masukkan alamat email anda dan klik "Minta unduhan".

Cara Mencadangkan Dan Unduh Data di Situs Web

1. Klik "Lainnya" di kiri bawah dan ketuk "Pengaturan."

2. Pilih "Privasi dan keamanan."

3. Pilih "Minta unduhan".

4. Masukkan alamat email anda dan konfirmasi.

Setelah Anda meminta informasi, mungkin perlu waktu hingga 14 hari bagi Instagram untuk mengirimkan tautan unduhan melalui email kepada anda.


Cara Menghapus Akun IG Secara Permanen

Ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus akun Instagram anda. Proses penghapusan akun berbeda di iPhone, Android atau situs web.

Cara Menghapus Akun IG di Perangkat iPhone Anda.

1. Ketuk ikon profil anda di kanan bawah dan klik ikon garis tiga di kanan atas.

2. Pilih "Pengaturan."

3. Ketuk "Akun."

4. Pilih "Hapus akun".

5. Konfirmasikan sekali lagi dan ketuk "Hapus akun".

6. Pilih "Lanjutkan menghapus akun".

Cara Menghapus Akun IG di Perangkat Android Dan Browser Web

Sayangnya, Instagram tidak mengizinkan anda untuk menghapus akun Anda di versi Android dan situs webnya. Untuk menghapus akun Instagram Anda, Anda perlu mengakses halaman penghapusan akun Instagram di browser web seluler atau komputer Anda. Ikuti langkah ini:

1. Masuk ke akun anda.

2. Pilih "Pengaturan" di profil Anda.

3. Tekan "Bantuan" dan buka "Pusat bantuan".

4. Pilih "Kelola akun Anda" di sebelah kiri.

5. Klik "Hapus akun Anda."

Ingat, Anda hanya dapat mengakses pusat bantuan Instagram melalui situs web, jadi buka Instagram di browser web apa pun untuk menemukan halaman penghapusan.


Cara Menonaktifkan IG Sementara

Jika ingin istirahat dari Instagram, Anda tidak perlu menghapus akun secara permanen. Tangguhkan profil Anda dan kembali kapan pun Anda mau. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan akun Instagram Anda sementara.

1. Klik "Profil" di sebelah kiri.

2. Pilih "Edit profil".

3. Pilih "Nonaktifkan sementara akun saya".

4. Pilih alasan.

5. Masukkan kembali kata sandi Anda.

6. Konfirmasikan dengan mengklik "Nonaktifkan sementara akun".

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya