Tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah dengan Harakat, Lengkap Arti dan Maknanya

Tulisan Arab masya allah tabarakallah dengan harakat adalah مَاشَاءَ اللهُ تَبَارَكَ اللهُ.

oleh Laudia Tysara diperbarui 28 Mar 2023, 15:10 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2023, 15:10 WIB
FOTO: Meningkatkan Ibadah Selama Bulan Suci Ramadhan
Umat muslim membaca Alquran (tadarus Alquran) saat mengisi bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (4/4/2022). Beragam kegiatan dilakukan umat muslim untuk meningkatkan ibadah sambil menunggu waktu berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Tulisan Arab Masyaallah Tabarakallah dengan harakat adalah مَاشَاءَ اللهُ تَبَارَكَ اللهُ. Ungkapan sesuai tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah ini berasal dari bahasa Arab, dan terdiri dari dua kata yaitu "Masya Allah" dan "Tabarakallah."

Arti tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah adalah “Inikah yang dikehendaki Allah, semoga Allah memberkahimu.” Ungkapan masya allah tabarakallah termasuk dalam kalimat thayyiban atau kata-kata yang baik.

Masya Allah tabarakallah dianjurkan diungkap bagi umat Muslim ketika mereka melihat sesuatu yang mengagumkan atau menakjubkan atas kuasa Allah. Masya Allah tabarakallah adalah ungkapan kekaguman dan bagian dari doa.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah beserta arti dan maknanya, Selasa (28/3/2023).


مَاشَاءَ اللهُ تَبَارَكَ اللهُ

Sholat Tarawih Pertama di Masjid Istiqlal
Umat Islam bersiap melaksanakan Sholat Tarawih pertama di Masjid Istiqlal Jakarta, Sabtu (2/4/2022). Sebagian besar umat muslim di Indonesia mulai melaksanakan Sholat Tarawih dan akan melaksanakan puasa Ramadhan 1443 Hijriah pada 2 April 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masya Allah Tabarakallah

Artinya: “Inikah yang dikehendaki Allah, semoga Allah memberkahimu.”

Tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah tersebut merujuk pada penjelasan buku berjudul Tarikh Khulafa (2016) oleh Ibrahmi al-Quraibi dan Dahyal Afkar.

Ungkapan ini berasal dari bahasa Arab, dan terdiri dari dua kata yaitu "Masya Allah" dan "Tabarakallah." Tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah, khususnya ungkapan masya allah merujuk pada Keputusan Bersama Menteri Agama (Menag) dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Nomor 158 Tahun 1987 Nomor 0543b/U/198, huruf ﺵ yang diserap dalam bahasa Indonesia menjadi “sy” sehingga مَا شَاءَ اللهُ jika dituliskan dalam bahasa Indonesia menjadi masyaallah atau masya allah.

Diungkap Ketika Kagum

Masya Allah Tabarakallah umumnya diucapkan oleh umat Muslim ketika mereka melihat atau mendengar sesuatu yang indah atau memukau. Ini disebut pula sebaga kalimat thayyiban yang artinya kata-kata yang baik.

Ungkapan sesuai tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah adalah jenis kalimat thayyibah yang sumbernya dari Al-Qur'an sebagaimana firman Allah SWT dalam surat al-Kahfi ayat 39. Hal ini dijelaskan dalam jurnal penelitian berjudul Peningkatan Pengucapan Kalimat Thoyyibah Melalui Reality Story Book di Taman Kanak-kanak Lab School FIP UMJ (2018) oleh Widia Winata.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat al-Kahfi ayat 39:

"Dan mengapa kamu tidak mengucapkan tatkala kamu memasuki kebunmu “maa syaa allah, laa quwwata illaa billah."

Tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah dianjurkan untuk diucapkan ketika seseorang melihat sesuatu yang menakjubkan. Dalam buku berjudul Seri Kalimat Thayyibah: Yuk, Ucapkan Masya Allah (2019) oleh Dian K mengatakan ucapkanlah kalimat masya allah sebagai ungkapan kekaguman atas kuasa Allah SWT sebab tidak ada yang terjadi tanpa kehendak-Nya.

Melalui ungkapan ini, seorang Muslim akan menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini, termasuk keindahan alam dan penciptaan manusia, adalah hasil dari kehendak dan kebijaksanaan Allah SWT.


Diungkap Sebagai Doa

FOTO: Meningkatkan Ibadah Selama Bulan Suci Ramadhan
Umat muslim membaca Alquran (tadarus Alquran) saat mengisi bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (4/4/2022). Beragam kegiatan dilakukan umat muslim untuk meningkatkan ibadah sambil menunggu waktu berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Tulisan Arab masya allah, khususnya ungkapan tabarakallah artinya semoga Allah memberkahimu. Ini mengapa ungkapan masya allah tabarakallah juga dapat dianggap sebagai bagian dari doa, karena ketika seseorang mengucapkannya, ia berdoa agar Allah SWT terus memberkahi dan mempertahankan keindahan dan keajaiban yang telah diciptakan-Nya.

Pada ungkapan sesuai tulisan Arab masya allah, Kementerian Agama Arab Saudi menjelaskan arti tabarakallah dalam bahasa Arab تَبَارَكَ اللهُ رَبُّ الْعٰلَمِينَ adalah berkah yang banyak dan luas. Arti tabarakallah bisa menjadi doa sekaligus pujian sempurna.

Para ulama menjelaskan arti tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah, khususnya ungkapan tabarakallah adalah sebagai doa sebagai wujud kekaguman atas segala ciptaan Allah SWT di dunia. Mulai dari ketika seseorang mengangumi manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya.

Selain itu, arti tabarakallah dari juga sama dengan pujian Maha Berkah, Maha Suci, dan Maha Tinggi. Arti tabarakallah dalam bahasa Arab ini ditafsirkan oleh Ibnu Katsier sebagai ungkapan mengagumi ciptaan Allah SWT dan mengangungkan nama-Nya.

Secara keseluruhan, ungkapan sesuai tulisan masya allah tabarakallah adalah wujud kekaguman, bagian dari doa, bentuk rasa syukur, dan pengakuan akan kekuasaan Allah SWT. Melalui ungkapan ini, seorang Muslim menyadari kebesaran Allah SWT dan menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah hasil dari kehendak-Nya.

Cara Menjawabnya

Seseorang yang mendengar ungkapan sesuai tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah, harus menjawab dengan Jazakallah khair. Ini penjelasannya cara menjawab masya allah tabarakallah yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber.

  1. “Jazakallah Khair.” Artinya: “Allah SWT akan membalasmu dengan kebaikan.”
  2. “Barakallah Fii”. Artinya: “Semoga Allah SWT Memberkahimu.”

Balasan atau cara menjawab dari ucapan sesuai tulisan Arab masya allah tabarakallah adalah jazakallah khair atau Allah SWT akan membalasmu dengan kebaikan. Balasan lain adalah barakallah fii atau yang berarti semoga Allah memberkahimu.

Keutamaan dari mengucap ungkapan sesuai Masya Allah Tabarakallah, juga disampaikan Allah SWT dalam Al-Qur’an surat al-Araf ayat 54:

إِنَّ رَبَّكُمُ ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ فِى سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ ٱسْتَوَىٰ عَلَى ٱلْعَرْشِ يُغْشِى ٱلَّيْلَ ٱلنَّهَارَ يَطْلُبُهُۥ حَثِيثًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ وَٱلنُّجُومَ مُسَخَّرَٰتٍۭ بِأَمْرِهِۦٓ ۗ أَلَا لَهُ ٱلْخَلْقُ وَٱلْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ ٱللَّهُ رَبُّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Artinya: “Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.”

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya