6 Latihan yang Berguna untuk Menguatkan Otot Perut adalah Sebagai Berikut

Latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah back up, sit up, push up, squat jump, plank, dan Bicycle Crunch.

oleh Laudia Tysara diperbarui 09 Apr 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi Push Up
Seorang pria sedang melakukan push up yang dibantu oleh pelatih wanitanya. Sumber: Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Apa saja latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut? Ada enam latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut, yaitu back up, sit up, push up, squat jump, plank, dan Bicycle Crunch.

Dalam buku berjudul Dr. Olahraga Mengajari Teknik Bermain Basket (2012) oleh Dewi F, dijelaskan bahwa gerakan sederhana sebagai latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah back up, sit up, push up, dan squat jump.

Tidak hanya itu. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah juga termasuk plank dan bicycle crunch yang dilakukan dengan melibatkan gerakan mengayuh sepeda dalam posisi terlentang.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah, Minggu (9/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Back Up

Ilustrasi sit up
Seorang pria sedang melakukan sit up yang dibantu oleh pelatih wanitanya. (Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels)

Latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah back up. Back up atau gerakan push up disebut sebagai salah satu jenis olahraga atau latihan fisik yang sederhana namun sangat efektif dalam meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh.

Gerakan ini melibatkan berbagai kelompok otot selain perut, yakni terutama otot lengan, dan dada, serta memberikan manfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah back up karena gerakannya melibatkan otot rektus abdominis yang merupakan otot utama pada bagian perut.

Ketika menjaga posisi tubuh yang benar saat melakukan gerakan back up, otot perut akan bekerja keras untuk menjaga kestabilan tubuh, sehingga dapat melatih dan mengembangkan otot perut.

2. Sit Up

Latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah sit up. Ini salah satu jenis gerakan yang sangat efektif dalam memperkuat dan mengencangkan otot perut, serta membantu menstabilkan otot inti tubuh. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud RI menjelaskan sit up cukup sulit dilakukan bagi yang tidak terbiasa.

Ketika melakukan latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah seperti sit up dengan benar, otot-otot perut seperti otot rektus abdominis, otot obliques, dan otot transversus abdominis akan bekerja secara aktif untuk mengangkat tubuh dari posisi tidur terlentang ke posisi duduk atau setengah duduk.

Selain itu, sit up juga dapat membantu dalam meningkatkan massa otot. Ketika melakukan sit up dengan beban tambahan seperti dumbbell atau bola kecil, gerakan ini akan memberikan stimulus tambahan pada otot-otot perut, yang dapat merangsang pertumbuhan otot dan meningkatkan massa otot pada area perut.

Begini cara melakukan latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah seperti sit up sebagaimana dijelaskan Kemdikbud RI:

Lakukan dengan tidur terlentang, kedua lutut ditekuk dan kedua tangan berada di belakang kepala. Angkat bahu ke atas hingga duduk, kedua tangan tetap berada di belakang kepala. Rebahkan kembali badan ke lantai, lakukan sebanyak mungkin.


3. Push Up

Ilustrasi squat jump
Seorang wanita sedang melakukan squat jump untuk menguatkan otot perutnya. (Photo by Sergio Pedemonte on Unsplash)

Latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah push up. Ini salah satu jenis latihan yang sangat efektif untuk menguatkan otot perut. Gerakan push up melibatkan otot-otot inti tubuh, termasuk otot perut, otot punggung, dan otot panggul.

Ketika melakukan push up, otot perut bekerja keras untuk menjaga tubuh tetap stabil dan lurus selama gerakan naik-turun. Hal ini membuat push up menjadi salah satu latihan yang sangat berguna untuk menguatkan otot perut.

Selain itu, latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah push up juga dapat membantu mengaktifkan otot-otot perut dalam beragam variasi gerakan.

Misalnya, ketika melakukan push up dengan tangan rapat atau diamond push up, otot perut harus bekerja lebih keras untuk menjaga keseimbangan dan mengatur gerakan. Begitu juga ketika melakukan push up dengan tangan lebih lebar atau wide grip push up, otot perut akan diaktifkan untuk membantu menjaga stabilitas tubuh.

Selanjutnya, latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah push up juga dapat membantu mengencangkan otot perut dan membentuk bentuk perut yang lebih rata.

Begini cara melakukan latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah seperti push up sebagaimana dijelaskan Kemdikbud RI:

Posisikan badan telungkup/ tengkurap, kedua kaki lurus rapat dengan ujung kaki menempel di lantai. Kedua tangan lurus menumpu di lantai selebar bahu atau dengan siku ditekuk. Setelah itu, angkat badan ke atas dan turunkan badan hingga hampir menyentuh lantai. 

4. Squat Jump

Latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah squat jump. Gerakan squat jump melibatkan otot perut dalam menjaga keseimbangan tubuh dan melakukan gerakan melompat dari posisi squat.

Ketika melakukan squat jump, otot perut harus bekerja keras untuk menjaga stabilitas tubuh, mengendalikan gerakan melompat, dan kembali ke posisi squat.

Hal ini membuat squat jump menjadi latihan yang sangat berguna untuk menguatkan otot perut. Selain itu, squat jump juga dapat membantu melibatkan otot perut dalam gerakan yang melibatkan kontraksi dan relaksasi yang cepat.

Begini cara melakukan latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah seperti squat jump sebagaimana dijelaskan Kemdikbud RI:

Sikap awal adalah berjongkok sembari salah satu kaki berada di depan, lalu kaitkan kedua tangan di belakang kepala. Setelah itu, lompatlah ke atas hingga kedua kaki lurus ke atas. Pindahkan kaki saat secara bergantian ketika mendarat.


5. Plank

plank
Seorang wanita sedang melakukan latihan gerakan plank untuk menguatkan otot perutnya/Photo by Li Sun from Pexels

Latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah plank. Ini salah satu latihan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut. Meskipun gerakan ini mirip dengan push up, namun plank dilakukan dengan menahan posisi tubuh menggunakan siku dan kaki.

Meskipun sederhana, plank sering dianggap sebagai latihan yang sulit karena menuntut kekuatan inti tubuh yang baik. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah plank yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

  1. Pertama, harus memposisikan tubuh kita seperti dalam posisi tiarap terlebih dahulu.
  2. Lalu, angkat posisi tubuh bagian atas dengan tangan, sementara tangan ditekuk pada siku-siku.
  3. Selanjutnya, kita harus menahan beban tubuh dengan menggunakan siku-siku tangan, yang ditempatkan dalam posisi 90 derajat.
  4. Kaki kita harus diletakkan dalam posisi lurus, menopang beban tubuh dengan ujung jari kaki.
  5. Kepala kita ditekuk ke bawah, dan bahu ditempatkan dalam posisi yang paling nyaman untuk menahan beban tubuh.
  6. Tahan posisi tubuh seperti itu selama 30 detik setiap sesi.

6. Bicycle Crunch

Latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah Bicycle Crunch. Bicycle Crunch atau gerakan mengayuh sepeda, merupakan gerakan yang dilakukan dalam posisi berbaring, mirip dengan mengayuh sepeda namun dalam posisi terlentang.

Berikut ini adalah cara melakukan latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah Bicycle Crunch yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

  1. Awali gerakan ini dengan posisi tubuh berbaring terlentang, dengan kedua telapak tangan ditempatkan di belakang kepala untuk menopang kepala.
  2. Tarik kedua siku ke arah depan, menjaga kepala dan leher dalam posisi yang nyaman.
  3. Kemudian angkat kedua kaki dari lantai, dan tekuk lutut sehingga kaki berada dalam posisi seperti mengayuh sepeda.
  4. Selanjutnya, ayunkan kaki sesuai dengan gerakan mengayuh sepeda, dan sedikit menyilangkan kaki kanan dan kaki kiri.
  5. Ketika kaki kanan mengayuh ke arah kepala, dekatkan kaki tersebut dengan siku kiri, dan begitu pun sebaliknya.
  6. Lakukan gerakan ini dengan konsisten selama 45 detik dalam setiap sesi latihan.
  7. Gerakan Bicycle Crunch merupakan latihan yang efektif untuk melibatkan otot-otot perut, terutama otot rektus abdominis, obliques, dan otot punggung bagian bawah.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya