Ini Beda Ratu dan Permaisuri, Gelar Baru Camilla dari Kerajaan Inggris

Gelar baru didapatkan Camilla usai menjalani penobatan bersama Raja Charles III.

oleh Novita Ayuningtyas diperbarui 12 Mei 2023, 14:35 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 14:35 WIB
Potret Resmi Raja Charles III dan Camilla Usai Penobatan
Potret Resmi Raja Charles III dan Camilla Usai Penobatan di Istana Buckingham. (Fotografer: Hugo Burnand/Dokumentasi: The Royal Family)

Liputan6.com, Jakarta Penobatan Raja Charles III yang dilakukan pada 6 Mei 2023 lalu menjadi sorotan dunia. Acara tersebut bukan hanya untuk menobatkan Raja Charles III saja, melainkan juga untuk penobatan Camilla.

Sebelumnya, usai Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 2022, Camilla diketahui mendapatkan gelar sebagai Queen Consort atau Permaisuri Ratu. Gelar tersebut diberikan sesuai dengan keinginan dari Ratu Elizabeth II. Camilla sendiri diberikan gelar permaisuri karena tidak memiliki otoritas nyata saat menjabat. Pasalnya, gelar tersebut diberikan karena Camilla merupakan pasangan dari Raja Charles III.

Namun, dilansir Liputan6.com dari People, Jumat (12/5/2023) sebelum penobatan Raja Charles III, sejumlah media termasuk Royal Central mengabarkan jika Raja Charles telah merilis Surat Perintah Kerajaan atau Royal Warrant. Surat Perintah Kerajaan tersebut disebut-sebut berisi mengenai penggantian gelar bagi Camilla.

Dimana Camilla disebut mengganti gelarnya dari Permaisuri atau Queen Consort menjadi Queen atau Ratu. Gelar tersebut pun mulai efektif pada hari penobatan. Pada Sabtu (6/5/2023) Camilla Rosemary Shand diketahui telah resmi memiliki gelar sebagai Ratu Inggris usai dinobatkan bersama sang suami di Wetminster Abbey.

Lantas apa beda dari Permaisuri dan Ratu dalam gelar yang diberikan kepada Camilla? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini perbedaan gelar Ratu dan Permaisuri dalam kerajaan, Jumat (12/5/2023).

 


Perbedaan Ratu dan Permaisuri

Raja Charles III dan Ratu Camilla menyapa rakyat dari balkon Istana Buckingham. ((AP Photo/Petr David Josek)
Raja Charles III dan Ratu Camilla menyapa rakyat dari balkon Istana Buckingham. ((AP Photo/Petr David Josek)

Dilansir Liputan6.com dari laman People, Jumat (12/5/2023) perbedaan antara Ratu dan Permaisuri dalam kerajaan salah satunya ialah kekuasaan. Permaisuri atau Queen Consort merupakan gelar yang diberikan kepada istri dari seorang Raja. Gelar Permaisuri yang diberikan pun membuat istri dari Raja tersebut tidak memiliki kekuasaan yang cukup besar layaknya seorang Ratu.

Sedangkan gelar Ratu sendiri diketahui hanya diperuntukkan bagi penguasa wanita yang menjadi monarki melalui garis suksesi, seperti Ratu Elizabeth II yang naik takhta usai ayahnya, Raja George VI meninggal dunia.


Kekuasaan yang dimiliki

Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla
Raja Charles III dan Ratu Camilla rilis potret resmi acara penobatan mereka pada 6 Mei 2023, tanpa Pangeran Harry dan Pangeran Andrew. (dok. Instagram @theroyalfamily Fotografer: Hugo Burnand/https://www.instagram.com/p/Cr_ZtGAspfp/)

Terdapat perbedaan besar antara Ratu dan Permaisuri. Terlebih, di kerajaan Inggris ada lima tipe Ratu. Seorang Ratu atau Queen atau Queen Regnant memiliki kedudukan dan pangkat yang sama dengan raja untuk memerintah kerajaannya. Seorang Ratu pun memiliki kekuatan kedaulatan, militer hingga politik untuk memimpin sebuah kerajaan.

Meski Camilla memiliki gelar Permaisuri, akan tetapi usai menjalani penobatan, dirinya akan dipanggil sebagai Queen Camilla. Hal ini sama seperti dengan ibu dari Ratu Elizabeth II, Queen Elizabeth. Akan tetapi usai Raja George VI meninggal dunia dan Ratu Elizabeth II naik takhta, penyebutan Queen Elizabeth pun berubah menjadi The Queen Mother.

Meski Permaisuri juga memiliki mahkota, namun seorang permaisuri tidak berbagi kedaulatan dari seorang Raja, serta berbagi kekuatan politik dan militer.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya