Jualan Apa yang Cepat Laku? Ini 15 Ide Usaha Online dan Offline yang Bisa Dicoba

Jualan apa yang cepat laku bisa kamu lihat di internet.

oleh Husnul Abdi diperbarui 20 Mei 2023, 19:30 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2023, 19:30 WIB
Ilustrasi jualan | Norma Mortenson dari Pexels
Ilustrasi jualan | Norma Mortenson dari Pexels

Liputan6.com, Jakarta Jualan apa yang cepat laku mungkin menjadi pertanyaan banyak orang. Pasalnya, menjual produk merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menghasilkan keuntungan. Namun, dengan banyaknya jenis usaha yang ada membuat kamu semakin bingung.

Memiliki banyak opsi tentunya menguntungkan, namun juga membuat kamu banyak berpikir. Pasalnya, banyak yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan mau jualan apa. Contohnya produk apa yang paling menguntungkan hingga saingan di pasar.

Jualan apa yang cepat laku bisa kamu lihat di internet. Jualan, baik secara online maupun offline tentunya membutuhkan riset terlebih dahulu jika kamu ingin produkmu laku. Sekarang ini, salah satu jualan yang cepat laku di antaranya adalah usaha kuliner. Namun, kamu tentunya harus mencari nilai dari produkmu, karena sudah banyak yang menjalankan usaha kuliner.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/1/2022) tentang jualan apa yang cepat laku.


Jualan yang Cepat Laku

Merawat Pakaian
Ilustrasi Baju Credit: pexels.com/Kai

Jual Pulsa

Selain usaha kuliner, jualan apa yang cepat laku salah satunya adalah jual pulsa. Hampir tiap orang memiliki ponsel untuk berkomunikasi saat ini. Sebagian besar masyarakat menggunakan kartu telepon pra bayar. Jadi kebutuhan untuk mengisi pulsa pra bayar dapat dijadikan sebagai usaha kecil menguntungkan dengan laba besar. Meski saat ini sudah ada layanan untuk membeli pulsa secara online, berjualan pulsa secara offline masih dapat meraup banyak keuntungan. Dengan modal kecil sekitar Rp 1 jutaan, kamu sudah dapat memulai usaha ini.

Tak hanya pulsa operator seluler, kamu juga dapat membuka bisnis jualan pulsa listrik. Saat ini jumlah pelanggan listrik pra-bayar terus bertambah. Hal ini tak lepas dari langkah PT PLN yang tak lagi menggunakan meteran listrik lama. Bisnis jual token listrik mungkin memberikan komisi yang kecil. Namun dengan jumlah pemakai yang semakin besar, pendapatan kecil tersebut bisa menjadi besar.

Jualan Pakaian

Jualan apa yang cepat laku? Jawabannya adalah jualan pakaian. Salah satu bisnis online yang berkembang saat ini adalah bisnis pakaian atau baju. Jangan lupa untuk menentukan target pasar dan identitas dari merek pakaian yang ingin kamu angkat. Untuk menentukannya, lakukan riset kecil-kecilan tentang produk apa yang populer dan disukai banyak orang. Usahakan untuk fokus dengan satu kategori agar penjualan lebih maksimal dan tidak terjadi kebingungan, sehingga pembeli bisa dengan mudah menemukan apa yang dicari dan dibutuhkannya.

Menjual Foto Online

Jualan apa yang cepat laku selanjutnya adalah menjual foto secara online. Hal ini tentunya berlaku bagi orang-orang yang menyenangi fotografi. Dengan hasil jepretan sendiri, kamu bisa menghasilkan uang dengan menjualnya secara online. Pastinya akan selalu ada orang yang bersedia membeli foto yang kamu hasilkan jika memang fotonya bagus dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. Beberapa situs jual beli foto digital yang melayani transaksi ini adalah istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan shutterstock.com (komisi 20-30% per foto).

Jualan Hasil Kerajinan Tangan (Handmade)

Jika kamu punya keahlian merajut, atau sering bikin kerajinan tangan seperti tas lukis, menjahit, membuat buku edukatif anak, ini bisa dijadikan usaha rumahan yang mudah dan gampang. Banyak cerita kesuksesan sebuah usaha yang berawal dari hobi membuat kerajinan tangan ini. Jualan handmade merupakan bisnis kreatif yang memiliki peluang untuk bertahan karena produk yang dihasilkan tergolong unik, eksklusif. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai kanal pemasaran.


Jualan Makanan dan Minuman

Ilustrasi penjual kaki lima (pixabay)
Ilustrasi penjual kaki lima (pixabay)

Camilan Keripik

Jualan apa yang cepat laku di zaman sekarang ini? Jawabannya tentu adalah jualan makanan dan minuman. Keripik merupakan camilan yang banyak dimakan orang. Keripik dapat mengambil beragam bahan dasar seperti singkong, pisang atau buah-buahan.

Pengolahannya pun tak cukup sulit dan cenderung lebih bertahan lama. Keripik juga bisa dipadukan menjadi aneka rasa bahkan keripik pedas begitu digemari orang Indonesia. Selain keripik, kamu juga bisa mencoba menjual makanan kekinian seperti makaroni, mi, kue, gorengan, dan masih banyak lagi.

Kopi

Kopi juga menjadi jawaban dari pertanyaan jualan apa yang cepat laku. Tingginya minat mengonsumsi kopi orang Indonesia bisa terlihat dari banyaknya kedai kopi kekinian. Tak ada salahnya, apabila kamu ingin mencoba jenis usaha kuliner yang paling laku ini. Untuk memulai usaha kuliner ini, kamu perlu keahlian khusus untuk bisa meracik berbagai jenis kopi agar rasanya nikmat.

Dessert

Tak cuma camilan, salah satu jualan apa yang cepat laku selama pandemi adalah dessert atau makanan penutup. Dessert seperti puding, manisan, hingga es krim bisa jadi pilihan tepat untuk memulai usaha. Ada banyak pilihan dessert kekinian yang bisa kamu coba. Kamu bisa membuat menu dessert box yang bisa dijual secara online. Varian dessert box seperti Dalgona, Milo, Regal, Kit-Kat juga sedang mencuri perhatian. Dessert-dessert ini sangat banyak dijual secara online dan mudah dibuat.

Frozen food

Jualan apa yang cepat laku berikutnya adalah frozen food. Makanan beku atau frozen food menjadi makanan praktis yang bisa dikonsumsi setiap saat. Jenis frozen food juga sangat banyak. Mulai dari aneka sosis, bakso, daging, ikan, dim sum, nugget, pizza, kebab, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mencari supplier frozen food yang terpercaya untuk menjual kembali frozen food pada konsumen. Selain menjadi reseller, kamu juga bisa membuat sendiri produk frozen food. Dengan membuat sendiri frozen food, kualitas produk lebih terjamin. Jenis usaha kuliner frozen food ini sangat mudah dikemas dan dikirimkan pada konsumen melalui kurir.


Jualan Makanan dan Minuman Sehat

jus buah
Photo by Pille-Riin Priske on Unsplash

Makanan Vegetarian

Di masa pandemi, makanan sehat seperti makanan vegetarian dan vegan juga makin banyak dicari. Konsumsi buah dan sayur menjadi kebutuhan penting untuk menjaga kekebalan tubuh selama pandemi. Sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Kamu bisa mencoba menjual makanan vegetarian seperti salad, hummus, dan olahan sayur lainnya. Jenis makanan seperti tempe, tahu, dan olahan biji-bijian pun bisa jadi ide untuk usaha kuliner ini. Pastikan untuk menggunakan buah dan sayur yang berkualitas.

Jus Buah

Jus buah menjadi minuman yang digemari banyak orang, dan bisa menjadi jawaban dari pertanyaan jualan apa yang cepat laku. Kamu bisa menjual jus buah secara online dan mengirimkannya melalui jasa kurir di kotamu. Minum jus buah juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Jus buah menjadi salah satu dari jenis usaha kuliner yang paling laku dan paling sederhana untuk digeluti. Kamu bisa mengemas jus buahmu dalam botol atau cup dan dikirimkan pada konsumen.

Minuman Herbal

Selain jus buah, minuman lain yang laris selama pandemi adalah minuman herbal. Usaha kuliner ini punya banyak bentuk, mulai dari teh herbal, jamu, hingga suplemen. Minuman herbal menjadi cara yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari penyakit. Di masa pandemi, penjualan minuman herbal makin meningkat. Minuman herbal ini bisa kamu kemas dalam bentuk cair siap minum atau racikan yang bisa diseduh sendiri oleh konsumen. Pastikan bahwa produk yang kamu jual aman dan terpercaya kualitasnya.


Jualan Makanan dan Minuman Lainnya

Martabak
Ilustrasi Martabak Credit: freepik.com

Gorengan

Gorengan merupakan jualan apa yang cepat laku selanjutnya. Tak perlu keahlian khusus dan modal besar, kamu sudah bisa mencoba menjual makanan ringan yang banyak diminati ini. Memilih berjualan gorengan, kamu butuh menawarkan variasi seperti rasa, kemasan hingga cara penyajian untuk menambah nilai jual. Selain itu, strategi menjual yang baik juga bisa dilakukan agar usaha ini bisa berkembang dengan sempurna.

Roti Bakar

Usaha kuliner yang paling laku selanjutnya adalah roti bakar. Menjual roti bakar untuk dijadikan bisnis kuliner memang sangat menjanjikan karena mempunyai prospek bisnis yang cerah. Layaknya gorengan, roti bakar juga memiliki banyak penggemar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Maka untuk menjual bisnis kuliner ini perlu melakukan ragam inovasi untuk menarik minat pembeli.

Menjual roti bakar memang tidak membutuhkan keahlian khusus. Namun, karena banyaknya pesaing penjual roti bakar kekinian lainnya, maka perlu melakukan inovasi berupa rasa, tempat, dan pelayanan yang mampu menarik perhatian pembeli.

Martabak

Martabak juga termasuk ke dalam salah satu jualan apa yang cepat laku. Lidah orang Indonesia sangat menyukai cita rasa dari makanan ringan ini yang sangat cocok untuk dijadikan teman bersantai. Ada berbagai pilihan martabak yang biasa ditemui karena kemudahan mengolahnya, yaitu martabak telur, martabak manis, hingga martabak mini. Inovasi juga sangat dibutuhkan ketika kamu memilih berjualan martabak. Walaupaun hanya sekadar makanan ringan, ternyata prospek penjualan martabak sangat tinggi.

Makanan Pedas

Banyak orang yang menggemari masakan dengan cita rasa pedas. Tingginya minat orang-orang untuk mengonsumsi makanan pedas ini bisa kamu jadikan peluang untuk membuka usaha kuliner. Bisa dibilang makanan pedas selalu sukses mendapat perhatian dari para pecinta kuliner.

Namun, di tengah tingginya pesaing, kamu perlu melakukan inovasi agar usaha kuliner kamu bisa dinikmati oleh banyak orang. Beberapa usaha kuliner makanan pedas yang bisa kamu coba seperti seblak, ayam geprek, keripik pedas, masakan padang, dan lain sebagainya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya