Pengertian Poster, Ciri, Syarat, dan Jenis-Jenisnya

Ketahu apa pengertian poster dan beragam aspek yang berkaitan dengan hal tersebut.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 21 Mei 2023, 15:20 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2023, 15:20 WIB
Ilustrasi poster makanan
Ilustrasi poster makanan (sumber: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Pengertian poster kerap dikenal sebagai sebuah plakat yang sudah sering ditemukan di tempat umum. Pembuatan poster memiliki tujuan untuk memberikan informasi, mengajak, maupun menghimbau banyak orang untuk melakukan sesuatu seperti apa yang telah digambarkan atau dituliskan dalam poster tersebut. 

Pengertian poster menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu plakat yang dipasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan. Meski hanya dikenal sebuah plakat, namun poster memiliki peran penting, contohnya dalam promosi sebuah produk.

Untuk mengulas lebih lanjut mengenai pengertian poster, ciri dan berbagai hal yang berkaitan, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Tujuan dari Pembuatan Poster
Ilustrasi Poster Credit: pexels.com/Ranurte

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Pengertian poster adalah kombinasi visual dari desain yang kuat dilengkapi dengan warna-warna dan pesan, bertujuan untuk menangkap perhatian masyarakat yang melihatnya serta menanamkan ide yang berarti dalam ingatannya.

 

Sri Anitah

Pengertian poster adalah gambar yang menggabungkan unsur-unsur visual, seperti garis, kata-kata, dan gambar yang memiliki tujuan untuk dapat menarik perhatian serta menyampaikan pesan secara singkat.

 

Azhar Arsyad

Pengertian poster adalah sebuah media dua dimensi visual yang berisi gambar serta pesan singkat tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan hal-hal khusus dan mampu memengaruhi orang-orang yang melihatnya.


Ciri-Ciri Poster

Ciri – Ciri Poster
Ilustrasi Poster Credit: pexels.com/Yunghoon

Pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum, baik berbentuk pengumuman ataupun iklan. Selain memahami pengertian poster, penting juga mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut:

- Umumnya poster mengandung warna yang mencolok, agar dapat menarik perhatian.

- Desain grafis poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain berukuran besar.

- Pesan disertai dengan gambar.

- Berisi kalimat singkat, jelas, dan mudah dimengerti pembaca

- Poster mengandung unsur gambar yang menarik, supaya membuat orang penasaran untuk melihat dan membaca informasi di dalamnya.

- Poster biasa dipasang di tempat strategis agar diketahui banyak orang.


Syarat Poster

Ilustrasi Poster
Ilustrasi Poster (sumber: Iselene Kei Borromeo Marzan from Pexels)

Beberapa syarat poster adalah sebagai berikut:

- Bahasa yang digunakan mudah dipahami banyak orang.

- Kalimat poster singkat, jelas, dan padat.

- Kombinasi gambar yang menarik dengan tulisan.

- Dibuat semenarik mungkin.

- Dipasang di tempat ramai.

- Bahan untuk membuat poster memiliki kualiatas yang baik.


Jenis-Jenis Poster

Jenis – Jenis Poster
Ilustrasi Poster Credit: unsplash.com/Yue Su

Jenis poster berdasar isi:

- Poster Niaga: Poster yang berisi tentang menjual dan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan. Poster ini berisi suatu produk yang ditawarkan pada masyarakat. Poster niaga banyak digunakan produsen pada masyarakat. Poster ini sering digunakan untuk mengenalkan produk kepada masyarakat umum dengan harapan bisa meningkatkan penjualan.

- Poster Layanan Masyarakat: Poster yang berisi informasi tentang pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

- Poster Kegiatan: Poster yang berisi informasi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, supaya kegiatan tersebut diketahui banyak orang dengan harapan orang tersebut menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan.

- Poster Karya Seni: Poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.

- Poster Pendidikan: Berisi informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.

 

Jenis poster berdasar tujuannya:

- Poster Propaganda: Poster yang bertujuan memberikan motivasi atau semangat kepada masyarakat umum. Biasanya supaya tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan lain-lain, dapat dikatakan juga poster ini merupakan poster untuk memengaruhi orang lain.

- Poster Kampanye: Muncul saat masa pilkada atau pemilu, bertujuan meraih simpati masyarakat sebanyak mungkin agar masyarakat memilih seseorang ini saat pemilu tiba.

- Poster Afirmasi: Bertujuan memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat mempengaruhi.

- Poster Riset: Bertujuan untuk menginformasikan kegiatan penelitian atau riset kepada orang banyak, biasanya poster jenis ini kerap ditemui di sekolah.

- Poster Kelas: Bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa, sering sekali poster ini kita lihat di dalam kelas-kelas yang ada di sekolah.

- Poster Komik: Bertujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum atau banyak orang.

- Poster “Cheesecake”: Poster yang bertujuan untuk mencari perhatian masyarakat umum atau orang banyak, biasanya poster ini memuat gambar-gambar orang terkenal seperti selebriti, penyanyi dan lain-lain yang dapat menarik perhatian banyak orang.

- Poster Komersial: Poster yang bertujuan mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan, poster jenis ini sering disebut sebagai poster niaga.

- Poster “Dicari”: Bertujuan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan, misalnya poster perusahaan yang mencari pekerja, poster mengenai orang hilang dan lain-lain.

- Poster Film: Bertujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan ditayangkan dengan maksud supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya