Doa Pembukaan Ibadah Singkat Katolik, Lengkap dan Mudah Dihafal

Doa pembukaan ibadah singkat merupakan wujud ungkapan rasa syukur karena kesehatan dan kesejahteraan yang telah diberikan Tuhan.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 02 Apr 2024, 11:58 WIB
Diterbitkan 25 Mei 2023, 18:25 WIB
Ilustrasi berdoa, bersyukur
Ilustrasi berdoa, bersyukur. (Photo on Rawpixel)

Liputan6.com, Jakarta Ibadah merupakan hal yang sangat penting bagi setiap umat beragama, termasuk umat Katolik. dalam ibadah pun harus mengikuti ketentuan-ketentuan tertentu termasuk bacaan doa pembukaan ibadah singkat.

Doa pembukaan ibadah singkat merupakan wujud ungkapan rasa syukur karena kesehatan dan kesejahteraan yang telah diberikan Tuhan, sehingga kita bisa memiliki kesempatan untuk memenuhi kewajiban untuk beribadah kepada-Nya.

Doa pembukaan ibadah singkat biasa dibaca sebelum memulai proses ibadah di gereja. Selain sebagai bentuk rasa syukur, doa pembukaan ibadah singkat Katolik ini sebagai permohonan ampun atas dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Dalam ajaran agama Katolik, ada sejumlah doa pembukaan ibadah singkat yang bisa dibaca. Seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (25/5/2023), berikut adalah sejumlah doa pembukaan ibadah agama Katolik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Pembukaan Ibadah Singkat Allah Yang Maha Kuasa

Ya, Allah Bapa,

Pencipta dan Pemelihara kehidupan kami, terimalah hormat dan sembah bakti kami kepadaMu. Besarlah karya dan kasih-Mu, ya Tuhan, karena Engkau tidak hanya menciptakan dunia, namun juga mengasihi dan menyelamatkannya.

Saat kami merenungkan kebaikan-Mu, bantulah kami semakin mengenal Engkau, agar aku dapat mengasihi Engkau, sebab Engkau lebih dahulu mengasihi kami. Demi Kristus Tuhan dan Penyelamat kami.

Amin.


Doa Pembukaan Singkat Ajaran Sosial Gereja Katolik

Paus Fransiskus Pimpin Misa Malam Natal di Vatikan
Paus Fransiskus berdoa ketika memimpin misa Malam Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Selasa (24/12/2019). Paus Fransiskus memimpin Natal bagi 1,3 miliar umat Katolik dunia. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Ya Allah Bapa,

Kami mengasihi Engkau dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan kami. Bantulah kami mewujudkan kasih kepadaMu dengan mengasihi sesama kami seperti kami mengasihi diri kami sendiri. Kami mohon rahmat-Mu agar kami dapat mengasihi sesama seperti Kristus Putera-Mu telah mengasihi kami.

Semoga Roh Kudus membantu kami untuk menyingkirkan dalam hati kami segala yang jahat. Dan dengan bimbingan Roh Kudus, kami dapat memahami kehendak-Mu, melaksanakan perintah-Mu, untuk hidup dalam kasih kepada semua orang, supaya dunia mengetahui bahwa kami adalah milik-Mu.

Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.

Amin.


Doa St. Thomas Aquinas

The Abrahamic Family House Satukan Tiga Agama
Pemandangan kapel pembaptisan Gereja Santo Fransiskus dari Assisi, di Rumah Keluarga Abrahamik, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Selasa (21/2/2023). Sebuah kompleks baru, diberi nama The Abrahamic Family House, didirikan di tepi Teluk Persia, di ibu kota Uni Emirat Arab, yang di dalam kompleks tersebut terdapat gereja Katolik, sinagog Yahudi, dan masjid Islam. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Allah Pencipta segala sesuatu, Sumber terang dan kebijaksanaan yang sejati, asal mula segala makhluk, curahkanlah seberkas cahaya-Mu untuk menembus kegelapan akal budiku.

Ambillah dariku kegelapan ganda yang menyelimutiku sejak lahir, suatu ketidak-mengertian karena dosa dan ketidaktahuan.

Berilah kepadaku, pengertian yang tajam dan ingatan yang kuat dan kemampuan untuk memahami segala sesuatu dengan benar dan mendasar.

Karuniakanlah kepadaku talenta untuk menjelaskan dengan tepat dan kemampuan untuk mengutarakannya dengan saksama, luwes dan menarik.

Tunjukkanlah bagaimana aku memulainya, arahkanlah perkembangannya dan bantulah sampai kepada penyelesaiannya. Kumohon ini demi Yesus Kristus Tuhan kami.

Amin.


Doa Katolik tentang Kasih

Ratusan Umat Katolik di Manila Peringati Rabu Abu
Seorang pendeta meletakkan abu di dahi seorang pemuja selama upacara Rabu Abu di luar sebuah gereja di pusat kota Manila, Filipina pada22 Februari 2023. Orang Filipina berbondong-bondong ke gereja dan dahi mereka ditandai dengan salib abu untuk memperingati Rabu Abu setelah larangan tradisi prapaskah beberapa tahun terakhir karena pandemi COVID-19. (AP Photo/Aaron Favila)

Tuhan yang mengasihi kami, Engkau sendiri berinkarnasi dan dipakukan di kayu salib karena mengasihi kami, sehingga menjadi korban penghapus dosa bagi umat manusia, untuk mengampuni dosa-dosa kami dan membebaskan kami dari hukuman dan kutukan.

Engkau juga memberikan pada kami anugerah dan berkat yang melimpah, dan berjanji akan datang kembali di akhir zaman untuk menyelamatkan kami dengan sepenuhnya dari belenggu dosa, sehingga kami dapat disucikan dan memasuki tujuan yang indah—Kerajaan surga.

Ini semua adalah kasih dan keselamatan besar dari Engkau bagi kami, sehingga kami bersedia untuk mencintai-Mu selamanya dan mengikuti-Mu.

Amin!


Doa Syukur Katolik

Pelaksanaan Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta
Umat Katolik melaksanakan Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (25/12/2022). Tema Natal yang diusung Gereja Katedral Jakarta tahun ini adalah 'Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tuhan yang terkasih, aku berterima kasih pada-Mu,karena Engkau menciptakan matahari, bulan dan bintang untuk manusia; menciptakan semua jenis hewan dan tumbuhan juga untuk manusia; Engkau mengendalikan empat musim dalam setahun dan pergantian siang dan malam untuk manusia; Engkau menciptakan dunia dan segala sesuatunya untuk manusia; Aku berterima kasih karena mengizinkanku menikmati begitu banyak dan segalanya dari Engkau;

Tuhan, aku berterima kasih,darah keselamatan dari-Mu yang memberi kami harapan untuk hidup; Engkau juga bernubuat bahwa Engkau akan datang kembali pada akhir zaman, untuk mengungkapkan kebenaran untuk menyelamatkan manusia dan menyucikan manusia dari dosa untuk masuk ke tempat tujuan yang indah.

Tuhan, kasih yang Engkau berikan padaku sungguh sangat banyak, sehingga Aku hidup dalam kasih-Mu siang dan malam. Aku ingin mengucapkan doa syukur di pagi hari dan doa syukur di malam hari, karena aku ingin setiap saat selalu bersyukur atas kasih Tuhan.


Doa Harian Katolik Pagi Hari

Gua Maria Tritis di Gunungkidul
Gua Maria Tritis menjadi tempat ibadah umat Katolik yang berlokasi di Gunungkidul, Yogyakarta. (dok. Instagram @erickhezekiel/https://www.instagram.com/p/BmuZDLTDJNn/Dinny Mutiah)

"Allah, Bapa kami yang ada di dalam surga, kami berterima kasih kepada-Mu karena hari yang baru ini. Berilah kami iman yang hidup, harapan yang kuat dan cinta yang ikhlas.

Kami akan berusaha sungguh-sungguh agar segala pikiran, perkataan yang akan kami ucapkan pada hari ini, dan segala perbuatanku berkenan kepada-Mu. Dan bimbinglah kami dengan terang Roh Kudus-Mu agar kami semakin serupa dengan Yesus Kristus, Putra-Mu.

Berkatilah keluarga kami dan semua orang yang akan kami jumpai hari ini. Berkatilah pula persaudaraan kami dengan mereka, agar menunjukkan kebaikan, seperti Engkau baik hati bagi semua orang. Semoga teladan Santa Perawan Maria dalam kesetiaan kepada-Mu dan keprihatinannya terhadap sesama menjadi semangat hidup kami pada hari ini. Ini semua kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya