30 Tempat Wisata di Magelang yang Indah, Keren, dan Instagramable

Tempat wisata di Magelang terdiri dari pemandangan pegunungan, sungai, bangunan candi, hingga air terjun.

oleh Husnul Abdi diperbarui 11 Jun 2023, 06:10 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2023, 06:10 WIB
borobudur
Perjalanan menuju puncak Gunung Telomoyo disuguhi pemandangan eksotis sehingga bisa sejenak lupa derita hidup. (foto: Liputan6.com/edhie prayitno ige)

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Magelang yang mungkin banyak dikenal adalah Candi Borobudur. Namun, Magelang juga memiliki destinasi wisata lainnya yang tak kalah menawan. Hal ini berkaitan dengan wilayahnya yang dikelilingi beberapa gunung dengan berbagai potensi alam.

Bentang alam yang luar biasa membuat Magelang memiliki destinasi wisata alam yang melimpah. Dari perbukitan yang asyik, aliran sungai yang unik, dan pastinya panorama alam yang cantik.

Tempat wisata di Magelang terdiri dari pemandangan pegunungan, sungai, bangunan candi, hingga air terjun. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti menikmati pemandangan yang indah, menyusuri sungai yang jernih, hingga menikmati air terjun yang menyejukkan di Magelang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/9/2021) tentang tempat wisata di Magelang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tempat Wisata di Magelang Dataran Tinggi

Melihat Kemegahan Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu
Pemandangan Candi Borobudur saat pagi hari dari Punthuk Setumbu, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (19/10). Dari Punthuk Setumbu tempat ini wisatawan bisa melihat kemegahan Candi Borobudur. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Punthuk Setumbu

Tempat wisata di Magelang yang pertama adalah Punthuk Setumbu. Eksotisme panorama mentari yang terbit di pagi hari bisa kamu temukan di Punthuk Setumbu. Bukit 400 mdpl ini dulunya merupakan area persawahan penduduk setempat. Namun setelah pemandangan sunrise Borobudur tersaji cantik di berbagai sosial media, tempat ini pun mulai hits dikunjungi wisatawan untuk menanti sunrise.

Gereja Ayam

Kamu tentunya sudah cukup familiar dengan namanya. Sejak digunakan untuk syuting Ada Apa Dengan Cinta 2, wisata Magelang ini semakin menjadi incaran turis. Di basement-nya terdapat ruang-ruang untuk berdoa bagi agama apapun. Sedangkan dari tingkat kedua dan ketiganya, kamu dapat menyaksikan panorama pegunungan menorah yang hijau dan indah. Tingkat paling atas, yang juga disebut Mahkota Ayam adalah tempat terbuka dan yang paling keren untuk berswafoto bersama.

Bukit Barede

Bukit Barede berada tak jauh dari Punthuk Setumbu. Bukit ini juga menjadi salah satu alternatif untuk menyaksikan sunrise dan Candi Borobudur dari ketinggian.

Bukit Dagi

Bukit Dagi masih berada di kompleks Candi Borobudur. Untuk mengunjunginya, cukup masuk ke kompleks Candi Borobudur dan melalui beberapa anak tangga. Di Bukit ini kamu akan menemukan beberapa pondok yang bisa digunakan sebagai tempat menginap. Udaranya yang sejuk khas pegunungan membaut bukit ini cocok untuk tempat meditasi dan bersantai.

Punthuk Kendil

Tempat wisata di Magelang berikutnya adalah Punthuk Kendil. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan 4 gunung yang sangat menakjubkan. Keindahan gunung merbabu dan merapi yang sangat dekat tentu membuatmu terpana akan keindahan alam ciptaan Tuhan. Apalagi kamu juga bisa melihat Candi Borobudur dari sini. Lokasinya berada di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.


Tempat Wisata di Magelang Candi

Candi Borobudur
Patung-patung Buddha terlihat di candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 10 Mei 2016. Pada 2016 arsip pemugaran Candi Borobudur 1973-1983 beserta arsip lainnya diajukan ke UNESCO sebagai Memory of the World. (AFP Photo/Goh Chai Hin)

Candi Borobudur

Candi Borobudur telah lama menjadi kebanggaan Indonesia sebagai salah satu wisata Magelang. Candi Borobudur merupakan monumen Budha terbesar di dunia, sebuah situs kuno yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Borobudur dibangun ada abad ke-9 pada masa pemerintahan dinasti Syailendra.

Candi Borobudur dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Arsitektur dan batu candi ini tidak ada bandingannya. Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini dihiasi dengan ukiran batu di relief yang mewakili gambar dari kehidupan Buddha. Komentator mengklaim bahwa ini adalah ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia, yang tak tertandingi dalam artistik.

Candi Selogriyo

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah Candi Selogriyo. Candi satu ini memiliki keunikan tersendiri dan tentunya sangat menarik bagi kamu yang suka bertualang. Bagaimana tidak, untuk mencapai candi ini, kamu perlu menyusuri jalur trekking sepanjang 2 km melintasi pesawahan dan bukit hijau yang menawarkan keindahan alam. Candi Selogriyo memiliki pelataran yang cukup luas dengan panorama pegunungan yang memukau dengan udara yang sejuk.

Candi Mendut

Magelang tak cuma punya Candi Borobudur sebagai peninggalan sejarah. Sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur, kamu bisa menemukan Candi Mendut yang juga bercorak Buddha. Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Candi ini masih digunakan untuk acara peribadatan seperti Waisak.

Candi Pawon

Candi Pawon berada di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut atau sekitar 2,5 kilometer dari Borobudur. Candi ini juga bercorak Buddha yang kemungkinan dibangun oleh Dinasti Syalendra antara abad 8 hingga 9 Masehi. Candi Pawon terbuat dari batu andesit. Candi ini berdenah bujur sangkar, dengan panjang sisi-sisinya 10 m, dan mempunyai tinggi 13,3 m.


Tempat Wisata di Magelang Pegunungan

keteb
Puncak Merapi dari Ketep Pass. (foto: Liputan6.com / edhie prayitno ige)

Ketep Pass Magelang

Ketep Pass merupakan tempat wisata di Magelang yang menawarkan keindahan alam menakjubkan, karena menjadikan gunung Merapi sebagai latar belakang utamanya. Di sini kamu bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Di Pelataran Panca Arga kamu bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong. Pemandangan alamnya yang memukau, menjadikan Ketep Pass sebagai destinasi yang sangat diminati.

Dusun Butuh Kaliangkrik

Dusun Butuh Kaliangkrik merupakan wisata Magelang yang baru-baru ini viral dan banyak dikunjungi wisatawan. Dusun yang dikenal juga dengan Nepal Van Java ini terletak pada ketinggian 1620 mdpl, di kaki gunung. Panorama pegunungan yang indah serta udara yang sejuk membuat banyak orang mengunjungi wisata alam pegunungan satu ini.

Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong mungkin kurang familiar di telinga kamu bila disandingkan dengan destinasi lainnya. Namun panorama cantik yang ada di salah satu tempat wisata di Magelang ini tidak akan mengecewakanmu.

Bukit dengan ketinggian 624 Mdpl ini tidak kalah indah dengan Punthuk Setumbu. Berada di atas puncak, kamu akan disuguhi pemandangan cantik gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Candi Borobudur. Tempat wisata alam di Magelang yang satu ini berada di Desa Giritengah Kecamatan Borobudur.

Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur merupakan wisata Magelang yang baru dibuka sekitar pertengahan 2017, tepatnya berada di kaki Gunung Sumbing. Berada di Gardu Pandang Silancur, kamu bisa menikmati panorama alam sekitar dengan latar Gunung Sumbing.

Mangli Sky View

Mangli Sky View merupakan tempat wisata di Magelang yang berada pada ketinggian 1570 mdpl. Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang menawan, berupa hamparan awan yang membentang di langit. Kamu juga bisa menikmati pemandangan hamparan perkebunan sayur dan latar belakang beberapa gunung yang begitu indah.


Tempat Wisata di Magelang Air Terjun

Air Terjun Kedung Kayang (Sumber: Wonderful Indonesia)
Air Terjun Kedung Kayang (Sumber: Wonderful Indonesia)

Air Terjun Grenjengan Kembar

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah Air Terjun Grenjengan Kembar. Air terjun di lereng Gunung Merbabu ini pas untuk kamu yang ingin menyatu dengan alam. Lokasi tepatnya berada di Dusun Citren, Desa Munewarang,, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Di destinasi wisata ini, kamu bisa menikmati udara yang segar, panorama alam yang indah dan hijau, air terjun dengan debit air yang cukup deras, serta kualitas air yang dingin dan bersih.

Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun Kedung Kayang sebagai salah satu tempat wisata di Magelang menyuguhkan pemandangan yang cantik dan mengesankan. Nuansa alami yang begitu segar membuat siapapun betah berlama-lama berada di tempat ini. Ada juga spot selfie yang unik dengan pemandangan alam yang menyegarkan mata.

Air Terjun Goa Slandak

Wisata alam di Magelang yang satu ini menawarkan dua wisata sekaligus yaitu air terjun dan goa yang letaknya berdampingan. Kalau masih ingin berpetualang, di sebelah atasnya ada juga air terjun yang lebih kecil tapi tidak kalah jernihnya, bernama Kedung Sembrani.


Tempat Wisata di Magelang Sungai

Serunya Rafting dan Bermain Arung Jeram di Sungai Elo Magelang
Serunya rafting si Sungai Elo. Foto: Dhitakoesno

Rafting Sungai Elo

Tak hanya menelusuri sejarah dan kebudayaan masa lampau, di wisata dekat Candi Borobudur kamu juga bisa merasakan pengalaman rafting menyusuri Sungai Elo, Magelang. Wisata yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur ini menawarkan paket wisata arung jeram lengkap dengan alat dan pemandu. Panjang rafting di sungai ini sekitar 10 – 11 kilometer, biasanya ditempuh sekitar 2 – 2,5 jam.

Sungai Progo Atas

Pencinta olahraga arung jeram bisa mencoba tempat wisata di Magelang satu ini, yaitu Sungai Progo Atas. Tempat wisata ini memiliki aliran sungai mencapai 12 kilometer. Sungai Progo Atas merupakan lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah.

Terdapat beberapa rute arung jeram di Sungai Progo, yaitu arung jeram Sungai Progo Atas, arung jeram Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Ketiga lokasi arung jeram ini ketinggiannya menawarkan sensasi yang berbeda-beda.

Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan Mangunsukmo merupakan jembatan gantung dengan pemandangan yang luar biasa. Tempat wisata di Magelang satu ini tidak hanya memiliki jembatan dengan struktur bangunan yang unik, panorama alam di sekitarnya juga istimewa. Jangan sampai menyesal jika tidak mengunjungi tempat ini.

Top Selfie Pinusan Kragilan

Hutan pinus di lereng Gunung Merbabu ini memang sudah disulap untuk menjadi pemuas dahaga para pecinta selfie dan mereka yang ingin senantiasa eksis di media sosial.

Hasilnya berupa berbagai titik berswafoto keren, seperti tempat tidur gantung (hammock) beraneka warna, ayunan, panggung di atas pohon, menara bambu, sepeda pohon, jembatan gantung, rumah kayu, kursi santai, dan sarang burung.

Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo berjarak sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur. Desa ini menawarkan wisata budaya dan kriya. Di sini kamu akan menemukan berbagai aktivitas seperti membatik, membuat kerajinan, wisata andong, bersepeda, menikmati atraksi seni setempat, hingga membeli kerajinan dari warga.


Tempat Wisata di Magelang Museum dan Taman

Samudraraksa
Pengunjung mengamati kapal Samudraraksa (pelindung lautan) di Museum Kapal komplek Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Magelang, Jateng. (Antara)

Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudraraksa masih berada di Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, sekitar 280 meter berjalan kaki dari Candi Borobudur. Di dalam museum ini terdapat rekonstuksi Kapal Borobudur dalam ukuran sesungguhnya yang dinamai Kapal Samudra Raksa.

Kapal Borobudur berasal dari masa Dinasti Syailendra abad ke-8 yang digambarkan dalam beberapa relief Candi Borobudur. Dalam sejarah dunia, Kapal Borobudur termasuk kapal modern pertama di dunia, karena mempunyai struktur ganda dengan dayung yang banyak dan lambung kapal yang luas.

Museum Borobudur

Di sebelah Museum Kapal Samudraraksa berdiri juga sebuah museum Karmawibhangga atau juga disebut Museum Borobudur. Museum ini menampilkan gambar relief Karmawibhangga yang terukir pada kaki tersembunyi Borobudur, beberapa blok batu Borobudur yang terlepas, serta temuan artefak arkeologi yang ditemukan di sekitar Borobudur dan lokasi lain di Jawa Tengah.

Junkyard Autopark & Cafe

Tempat wisata di Magelang berikutnya adalah Junkyard Autopark & Cafe. Di sini kamu akan disuguhkan barang-barang rongsokan yang ternyata sangat instagramable. Lokasinya berada di Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Berbagai mobil dan motor rongsokan menjadi spot menarik untuk mengambil foto yang instagramable.

Rumah Kamera

Sesuai namanya, bangunan ini memiliki bentuk menyerupai kamera DSLR. Rumah Kamera berlokasi sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur tepatnya di Desa Majaksingim, Kecamatan Borobudur, Magelang. Rumah ini dibangun oleh Tanggol Angien Jatikusumo Seorang pelukis profesional di Indonesia.

Bangunan ini terdiri dari 4 lantai dengan pintu masuk berbentuk lampu flash pada kamera DSLR Bagian mode dan LCD dijadikan sebagai jendela. Selain itu, lensa kamera merupakan bangunan bertingkat berbentuk silinder untuk melihat pemandangan desa dari atas.

Taman Ramadanu

Taman Ramadanu merupakan tempat wisata di Magelang yang Instagramable. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan bunga warna-warni hingga spot kincir angin. Udara sejuk Magelang akan menemanimu menjelajahi taman bunga ini. Lokasinya berada di Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah.

Dewari Park

Masih seputar kebun bungan, kamu juga bisa mengunjungi Dewari Park. Tempat wisata di Magelang ini memang merupakan kebun bunga matahari yang tidak kalah instagramable. Ribuan bunga matahari yang mekar menampilkan pemandangan yang begitu menawan. Lokasinya berada di Kradenan, Baturono, Kradenan, Baturono, Salam, Magelang, Jawa Tengah.


Tempat Wisata di Magelang Gunung

Gunung Andong
Meski dianggap hanya untuk pendaki pemula, Gunung Andong menyajikan hamparan pemandangan puncak yang menakjubkan. (Liputan6.com/ Andi Jatmiko)

Gunung Andong

Satu lagi tempat wisata di Magelang yang asyik untuk menikmati panorama alam dari ketinggian, yaitu Gunung Andong. Dengan ketinggian sekitar 1.400-an mdpl, kamu bisa menikmati panorama alam yang luar biasa, sekaligus menghirup udara yang segar. Momen terbaik berkunjung ke puncak Gunung Andong adalah saat sunset.

Gunung Telomoyo

Tidak ingin repot mendaki gunung, kamu bisa mencoba hiking ke Gunung Telomoyo. Trek menuju puncak sangat mulus, bahkan bisa didaki dengan menggunakan motor. Bonus yang didapat setelah di puncak adalah pemandangan istimewa yang tiada duanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya