Cara Merajut yang Mudah dan Benar, Buat Syal sampai Tas Kekinian

Kumpulan cara merajut yang mudah dan benar, cocok untuk pemula.

oleh Laudia Tysara diperbarui 26 Jun 2023, 03:30 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2023, 03:30 WIB
Merajut
Ilustrasi merajut. (Pexels.com/Alex Green)

Liputan6.com, Jakarta Pelajari cara merajut yang mudah dan benar bila ingin membuat barang rajutan bagus serta berkualitas. Merajut adalah salah satu teknik membuat kain, pakaian, tas, topi, syal, selimut, sweater, dan masih banyak lagi. Menggeluti hobi merajut pun sudah dianggap sebagai sesuatu yang classy.

Untuk yang baru pertama kali akan mencoba cara merajut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Cara merajut untuk pemula adalah perhatikan teknik dasarnya. Meliputi cast on, knit stitch, dan cast off. Selain itu, pilih alat dan bahan yang tidak akan menyulitkan praktiknya di awal. 

Menurut sebuah penelitian tahun 2007 yang dilakukan di Harvard Medical School menunjukkan bahwa proses cara merajut dapat memicu respons relaksasi dan menurunkan detak jantung yang cepat hingga 11 denyut per menit. Tekanan darah juga mengalami penurunan saat merajut.

Berikut Liputan6.com ulas cara merajut yang mudah dan benar dari berbagai sumber, Rabu (28/4/2021).


Cara Merajut yang Mudah dan Benar

Merajut
Ilustrasi merajut. (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Cara Merajut Pertama

Cara merajut yang cocok untuk pemula di mulai dengan menentukan hasil dari rajutan yang akan dibuat. Teknik merajut dapat membuat beragam barang-barang kreatif seperti syal, scarf, topi, selimut, dan sweater.

Bagi pemula disarankan mencoba cara merajut syal atau topi terlebih dahulu. Akan tetapi, tak ada yang salah jika ingin mencoba membuat sweater. Cara merajut sweater atau syal menggunakan teknik yang sama.

Cara Merajut Kedua

Terdapat dua bahan utama yang dibutuhkan dari cara merajut yaitu benang dan jarum rajut atau yang biasa disebut dengan hakpen. Agar terlihat menarik, pilihlah berbagai benang dengan warna yang diinginkan agar proses cara merajut lebih menyenangkan.

Untuk pemula terdapat pemilihan bahan-bahan khusus cara merajut, diantaranya:

1. Jarum: Untuk pemula, pillihlah jarum kayu atau bambu untuk digunakan. Kayu dan bambu memiliki permukaan tarik alami yang mencengkeram benang dan membuatnya lebih tidak licin daripada jarum baja atau aluminium. Jarum plastik sebenarnya tidak masalah untuk digunakan.

2. Benang: Jika Anda membeli benang dan jarum, pilih benang akrilik murah sehingga kesalahan tidak akan terasa seperti masalah besar. Sebagai pemula, wajar apabila Anda melakukan kesalahan dalam teknik merajut.

Kesalahan adalah bagian dari perjalanan, mereka akan lebih ringan jika menggunakan benang murah dibandingkan dengan benang artisan yang mahal.

3. Ukuran: Ukuran jarum yang akan digunakan tergantung pada benang yang digunakan. Saat membeli bola benang sebelum melalui cara merajut, label benang biasanya akan menyertakan ukuran jarum yang disarankan yang tercantum dalam milimeter.

Ikuti label benang saat pertama kali praktik cara merajut. Naik atau turun satu milimeter tidak akan menjadi masalah besar. Akan tetapi cara merajut mungkin akan menjadi terlalu ketat atau terlalu longgar. Perhatikan langkah awal cara merajut ini.


Cara Merajut yang Mudah dan Benar

Merajut
Ilustrasi merajut. (Pexels.com/Sam Lion)

Cara Merajut Ketiga

Proses cara merajut, setidaknya ada tiga teknik dasar yakni cast on, knit stitch, dan cast off. Setiap teknik cara merajut dapat menghasilkan rajutan yang berbeda. Pilihlah dan pelajari teknik cara merajut yang diinginkan atau yang sesuai dengan hasil rajutan.

Mulailah cara merajut dengan meniru proses merajut yang pernah dibuat oleh orang lain. Anda bisa menggunakan media seperti Youtube atau piranti sosial media lain agar memperoleh referensi yang cara merajut.

Cara Merajut Keempat

Merajutlah dengan hati yang riang. Anda juga bisa melampiaskan emosi dengan cara merajut. Kesabaran dan ketelitian dibutuhkan saat praktik cara merajut, tentu agar bisa mendapatkan hasil yang rapi.

Selalu ingat hasil yang akan didapatkan ketika praktik cara merajut agar lebih termotivasi. Saat sudah selesai, Anda akan merasakan kebahagiaan tersendiri karena berhasil menyelesaikan cara merajut. Hasil rajutan dapat dipakai sendiri atau diberikan untuk orang yang dicintai.


Cara Merajut yang Mudah dan Benar untuk Syal

Merajut
Ilustrasi merajut. (Pexels.com/Alex Green)

1. Tentukan tebal atau tipisnya syal sesuai dengan keperluan. Jika sedang musim penghujan maka gunakan wol yang tebal dan jika musim kemarau cara merajut pakailah benang yang lebih tipis.

2. Sebelum mempelajari sebuah pola, buatlah test swatch cara merajut terlebih dahulu. Ini merupakan cara mempraktikkan jenis tusuk tertentu tanpa berusaha membuat bentuk apa pun atau hanya sekedar berlatih dan mencari tahu seketat dan selonggar apa tusuk yang kamu inginkan.

3. Membuat rantai (chain). Setiap proyek cara merajut bisa dibilang kerap di mulai dengan sebuah tusuk rantai (chain stitch). Berlatihlah membuat tusuk rantai cara merajut selama kurang 10-15 menit per hari sampai mampu menahan benang hingga tidak terlalu longgar atau rapat.

4. Buatlah tusuk ganda atau double crochet cara merajut. Teknik ini merupakan yang paling cocok untuk cara merajut sweter atau syal karena jenis tusuk ini sedikit longgar jika dibandingkan dengan jenis tusuk lainnya.

5. Buatlah rantai (chain/ch) yang saling terhubung sebanyak 15 buah. Ambil benang dengan kait hakpen dari depan ke belakang (yam over). Kemudian cara merajut selanjutnya geser hakpen yang berisi dua lubang pertama, masukkan ke rantai ke-4 dan ambil lagi benang dengan kait hakpen.

6. Tarik dengan lembut benang yang melilit tersebut melalui tusuk rantai. Bawa hakpen melewati rantai. Hasil cara merajut ini kamu akan memiliki tiga lubang pada hakpen.

7. Ambil benang dengan kait hakpen dan tarik melewati dua lubang pertama pada hakpen. Ambil bagian belakang lalu tarik hakpen melewati dua lubang terakhir yang ada pada hakpen. Maka cara merajut lengkap sudah double crochet yang kamu buat, kamu hanya perlu mengulanginya cara merajut ini sampai terbentuk syal.


Cara Merajut yang Mudah dan Benar untuk Gelang

Merajut
Ilustrasi merajut. (Pexels.com/Castorly Stock)

Cara Merajut Gelang Wol Anyam

Alat dan Bahan:

- Benang wol dengan 3 warna yang berbeda.

- Aksesoris tambahan atau pernak-pernik lainnya

- Gunting

- Tang

Cara merajut gelang wol:

1. Siapkan 3 helai benang wol yang warnanya sama dengan panjang sesuai dengan lingkar pergelangan tangan kamu. Kamu juga bisa mematok sekitar 20 cm jika ingin membuat untuk orang lain atau membuat dalam jumlah banyak.

2. Kemudian, ikat ketiga benang wol tersebut pada bagian atasnya lalu kepang hingga habis.

3. Lakukan langkah pertama dan kedua tersebut untuk dua warna yang lainnya.

4. Setelah ketiga benang wol dengan warna berbeda tersebut dikepang, kamu bisa menggabungkan ketiganya sehingga menjadi sebuah gelang.

5. Lalu, kamu bisa menambahkan aksesoris yang sudah kamu siapkan di sekeliling gelang tersebut dengan bantuan tang.

6. Kamu dapat mengatur lebar gelang tersebut dengan cara menambah atau mengurangi benang wol yang digunakan.

Cara Merajut Gelang Wol Ring

Alat dan Bahan:

- Benang wol

- Ring aluminium yang biasa digunakan untuk membuat gelang (kamu juga bisa menggunakan ring yang biasa digunakan pada dream catcher)

- Aksesoris tambahan atau pernak-pernik lainnya

- Gunting

- Lem

Cara merajut gelang wol:

1. Langkah pertama, siapkan ring terlebih dahulu

2. Lalu, oleskan sebagian permukaanya (sekitar 1 cm) dengan lem.

3. Selanjutnya, kamu bisa menempelkan ujung benang wol pada bagian yang diolesi lem tersebut.

4. Kemudian, lilitkan benang wol ke seluruh permukaan ring. Usahakan untuk membuat lilitan yang rapi melingkari ring tanpa ada yang saling bertumpukan.

5. Setelah semuanya tertutupi dengan rapi, kamu bisa mengelem kembali bagian ujung dari ring tersebut.

6. Tambahkan berbagai pernak-pernik dan aksesoris agar gelang kamu semakin cantik.


Cara Merajut yang Mudah dan Benar untuk Tas

Merajut
Ilustrasi merajut. (Pexels.com/Ksenia Chernaya)

1. Buat simpul awal

- Lingkarkan benang pada hakpen dengan menyisakan benang. Letakkan sisa benang di tengah lingkaran

- Masukkan hakpen dari bawah ke tengah lingkaran

- Kemudian tarik benang yang panjang

Jika kamu sudah membuat simpul awal, cara merajut selanjutnya adalah membuat simpul rantai.

- Kaitkan hakpen pada benang

- Tarik benangnya hingga keluar dari hakpen

- Ulangi cara merajut tersebut sampai kamu mendapatkan panjang yang diinginkan

2. Buat simpul rantai

Setelah kamu membuat simpul awal dan mengetahui cara membuat simpul rantai, cara merajut selanjutnya adalah membuat pola untuk tas rajutan itu.

- Buat tusuk rantai sebanyak empat rantai

- Kaitkan hakpen pada benang

- Masukkan hakpen pada lubang kelima kemudian kaitkan hakpen pada benang dan tarik benangnya hingga melewati lubang kelima

- Hakpen yang dikaitkan benang tersebut tarik melewati satu buah lubang yang ada

- Kemudian ulangi lagi cara merajut ini dengan melewati dua lubang

- Lalu kaitan benang pada hakpen tarik melewati dua lubang terakhir

- Lalukan secara berulang cara merajut ini dengan terus memutari hingga simpul rantai yang kemudian putar sisi sebaliknya

- Buat hingga tiga baris

3. Buat simpul rantai keriting

- Buat tusuk rantai sebanyak 7 rantai

- Masukkan hakpen pada lubang ketiga yang kemudian kaitkan pada benang lalu tarik hingga melewati lubang ketika tersebut

- Kaitkan lagi benang lalu tarik hingga melewati dua lubang

- Ulangi terus cara merajut hingga ujung kemudian putar sampai keduanya terkait

- Buat sampai dua baris

4. Buat kembali pola simpul rantai

5. Lalu ulangi cara merajut ini lagi untuk membuat simpul keriting

6. Ulangi terus hingga membentuk badan tas sesuai dengan seleramu

7. Buat juga untuk pegangan tasmu dengan tusuk rantai

8. Selesai

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya