Doa Menghidupkan Malam Hari Raya Idul Adha dan Artinya, Waktu Mustajab untuk Berdoa

Membaca doa menghidupkan malam hari raya Idul Adha menjadi anjuran bagi beberapa ulama besar, seperti Imam Syafi’i, Imam Abu al-Qasim al-Ashbahani, dan masih banyak lagi.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 14 Jun 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2023, 17:00 WIB
Doa Menghidupkan Malam Hari Raya Idul Adha dan Artinya, Waktu Mustajab untuk Berdoa
ilustrasi berdoa. freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Doa menghidupkan malam Hari Raya Idul Adha penting untuk diketahui oleh setiap umat Muslim. Pasalnya pada malam ini merupakan salah satu malam terbaik dan waktu mustajab untuk memanjatkan doa.

Menurut Umar bin Abdul Aziz, pada malam-malam tersebut Allah Subhanahu wa ta'ala mencurahkan kucuran Rahmat-Nya yang sempurna. Sementara menurut Imam Syafi’i mengatakan, doa akan diijabah pada 5 malam utama, yaitu malam Jum’at, malam Idul Fitri dan Idul Adha, malam awal bulan Rajab, dan malam nisfu Sya’ban.

Di sisi lain, Imam Abu al-Qasim al-Ashbahani dalam kitab Targib Wa Tarhib meriwayatkan hadis dari sahabat Mu’adz bin Jabal radhiyallahu'anhu,

"Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mengatakan orang yang menghidupkan 5 malam tertentu dengan beragam ibadah, maka ia mendapatkan surga. Yaitu, malam Tarwiyah, malam Arafah, malam Idul Adha, malam Idul Fitri, dan malam nisfu Sya’ban."

Pernyataan yang sama juga dijelaskan oleh Imam Ibnu Majah dalam kitab Sunan Ibnu Majah meriwayatkan dari sahabat Abu Umamah bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Orang yang menghidupkan malam 2 hari raya, yaitu Idul Adha dan Idul Fitri, maka hatinya akan terus hidup ketika hati manusia mulai mati dan tak berfungsi."

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa menghidupkan malam Hari Raya Idul Adha dan artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/6/2023).


Doa Menghidupkan Malam Hari Raya Idul Adha

Doa Menghidupkan Malam Hari Raya Idul Adha dan Artinya, Waktu Mustajab untuk Berdoa
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Berikut ini bacaan doa menghidupkan malam Hari Raya Idul Adha dari Sayyidina Ali yang bisa anda baca pada malam hari raya Idul Adha mulai jam 12 malam sampai imsak, yang berbunyi:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي مُحَمَّدٍ وَآلِهِ مَصَابِيْحِ اْلحِكْمَةِ وَمَوَالِي النِّعْمَةِ ومَعَادِنِ اْلعِصْمَةِ وَاعْصِمْنِيْ بِهِمْ مِنْ كُلِّ سُوْءٍ وَلَاتَأْخُذْنِيْ عَلَي غِرَّةٍ وَلَا عَلَي غَفْلَةٍ وَلَا تَجْعَلْ عَوَاِقبَ اَمْرِيْ حَسْرَةً وَنَدَامَةً وَارْضَ عَنِّيْ فَإِنَّ مَغْفِرَتَكَ لِلظَّالِمِيْنَ وَاَنَا مِنَ الظَّالِمِيْنَ اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ مَا لَا يَضُرُّكَ وَاعْطِنِيْ مَالَايَنْفَعُكَ فَإِنَّكَ اْلوَاسِعَةُ رَحْمَتُهُ اْلبَدِيْعَةُ حِكْمَتُهُ فَاعْطِنِيْ السَّعَةَ وَالدَّعَةَ وَاْلاَمْنَ وَالصِّحَّةَ وَالشُّكْرَ وَاْلمُعَافَاةَ وَالتَّقْوَي وَافْرِغِ الصَّبْرَ وَالصِّدْقَ عَلَيَّ وَعَلَي اَوْلِيَائِيْ فِيْكَ وَاعْطِنِيْ اْليُسْرَ وَلَاتَجْعَلْ مَعَهُ الْعُسْرَ وَاَعِمَّ بِذَلِكَ اَهْلِيْ وَوَلَدِيْ وَاِخْوَانِيْ فِيْكَ وَمَنْ وَلَدَنِيْ مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ وَاْلمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ

Artinya “Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, lampu-lampu hikmah, tuan-tuan nikmat, sumber-sumber penjagaan, jagalah aku dari segala keburukan lantaran mereka, janganlah engkau hukum aku atas kelengahan dan kelalaian.

Janganlah engkau jadikan urusanku suatu kerugian dan penyesalan. Ridhoilah aku. Sesungguhnya ampunan-Mu untuk orang-orang dzalim dan aku termasuk dari mereka.

Ya Tuhanku, ampunilah aku dosa yang tidak merugikan-Mu, berilah aku anugerah yang tidak memberi manfaat kepada-Mu. Sesungguhnya rahmat-Mu teramat luas, hikmah-Mu indah. Berilah aku kelapangan, ketenangan, keamanan, kesehatan, syukur, perlindungan (dari segala penyakit) dan ketaqwaan.

Tuangkanlah kesabaran dan kejujuran kepadaku, kepada kekasih-kekasihku karena-Mu. Berilah aku kemudahan dan janganlah jadikan bersamanya kesulitan. Liputilah dengan karunia-karunia tersebut kepada keluargaku, anakku, saudara-saudaraku karena-Mu dan para orang tua yang melahirkanku dari kaum muslimin, muslimat serta kaum mukminin dan mukminat.”


Doa Takbir Idul Adha

Doa Menghidupkan Malam Hari Raya Idul Adha dan Artinya, Waktu Mustajab untuk Berdoa
Ilustrasi takbiran (sumber: iStockphoto)

Setelah melafalkan bacaan doa menghidupkan malam hari raya Idul Adha yang telah dijelaskan di atas, anda bisa melanjutkan dengan membaca doa takbir berikut ini:

اللهُ اكبَرْ، اللهُ اكبَرْ اللهُ اكبَرْ لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر، اللهُ اكبَرُو ِللهِ الحَمْد

Arab Latin: Allahu Akbar, Allahu Akbar kabira, Laa ilaaha illallaahu wallahu Akbar, Allahu Akbar walillaahilhamdu.

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah."

Lalu dilanjutkan dengan bacaan;

 اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ، اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْراً وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيْراً وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر، اللهُ اكبَرُ و ِللهِ الحَمْ.

Arab Latin: Allaahu akbar allaahu akbar allaahu akbar. laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaahilhamd. Allaahu akbar kabiiraw wal hamdu lillaahi katsiiraa wasubhaanallaahibukrataw wa ashiilaa. Laa ilaaha illallaahu walaa na'budu illaa iyyaahu mukhlishiina lahud-diina walau karihal kaafiruun. Laa ilaaha illallaahu wahdahu shadaqa wa'dahu wa nashara abdahu wa a'azza jundahu wa hazamalahzaaba wahdah. Laa ilaha illallaahu wallahu Akbar. Allahu Akbar wa Lillaahil-hamd.

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah. Allah Maha Besar dan aku mengagungkan Allah dengan besar-besar keagungan. Segala puji bagi Allah dan kami memuji Allah sebanyak-banyaknya. Maha Suci Allah pada pagi dan petang, tidak ada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang kami sembah kecuali hanya Allah, dengan ikhlas kami beragama kepadanya, walaupun orang-orang kafir membenci. Tidak ada Tuhan melainkan Allah, benar janjinya, dan dia menolong hambanya, dan Dia mengusir musuh nabi-Nya dengan ke-Esaan-Nya. Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah.”

Bacaan takbir Idul Adha termasuk dalam takbir muqayyad. Takbir muqayyad adalah takbir yang pelaksanaannya memiliki waktu khusus, yaitu saat mengiringi shalat, dibaca setelah melaksanakan shalat, baik fardhu maupun sunnah. Waktu pembacaannya adalah setelah shalat shubuh hari Arafah (9 Dzulhijjah) hingga ashar akhir hari tasyrik (13 Dzulhijjah).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya