14 Ciri Hamil 2 Minggu yang Sering Tidak Disadari, Bisa Dilihat Tanpa Test Pack

Ciri hamil 2 minggu yang kerap dikira menstruasi hampir mirip, mulai dari perut kram, sering merasa lelah, hingga payudara yang mengencang.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 26 Jun 2023, 10:45 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2023, 10:45 WIB
14 Ciri Hamil 2 Minggu yang Sering Tidak Disadari, Bisa Dilihat Tanpa Test Pack
Benarkah calon ibu yang tengah hamil muda tak boleh makan telur? (Sumber Foto: Growing Your Baby)

Liputan6.com, Jakarta Ciri hamil 2 minggu sering kali tidak disadari oleh para wanita, terutama belum pernah hamil sebelumnya. Hal ini karena ciri hamil 2 minggu tersebut serupa dengan  sindrom menjelang menstruasi (PMS).

Ciri hamil 2 minggu yang kerap dikira menstruasi hampir mirip, mulai dari perut kram, sering merasa lelah, hingga payudara yang mengencang. Namun, jika anda teliti terdapat perbedaan antara ciri PMS dengan ciri hamil 2 minggu.

Biasanya tubuh seorang wanita akan mengalami perubahan menjelang tanda awal kehamilan. Bahkan di kehamilan masih berusia 1 minggu. Untuk itu, anda perlu mengenali ciri hamil 2 minggu agar tidak salah dalam mengartikan perubahan yang terjadi pada tubuh anda, hal ini juga bisa mengecek kehamilan tanpa menggunakan test pack.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai ciri hamil 2 minggu yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (26/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Payudara lembut dan bengkak

14 Ciri Hamil 2 Minggu yang Sering Tidak Disadari, Bisa Dilihat Tanpa Test Pack
Ilustrasi Payudara Bengkak.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, perubahan hormonal di awal kehamilan mungkin membuat payudara Anda sensitif dan sakit. Ketidaknyamanan kemungkinan akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal.

2. Mual atau muntah

Mual atau muntah atau morning sickness, yang dapat terjadi kapan saja, siang atau malam, biasanya dimulai satu hingga dua bulan setelah Anda hamil. Namun, beberapa wanita merasakan mual lebih awal dan beberapa tidak pernah mengalaminya. Meskipun penyebab mual selama kehamilan tidak jelas, hormon kehamilan kemungkinan berperan.

3. Peningkatan buang air kecil

Anda mungkin mendapati diri Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya. Jumlah darah dalam tubuh Anda meningkat selama kehamilan, menyebabkan ginjal Anda memproses cairan ekstra yang berakhir di kandung kemih Anda.

4. Kelelahan

Kelelahan juga umum terjadi pada ciri hamil 2 minggu. Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab kantuk saat hamil trimester pertama. Namun, peningkatan kadar hormon progesteron yang cepat selama awal kehamilan dapat menyebabkan kelelahan.


5. Sering murung

14 Ciri Hamil 2 Minggu yang Sering Tidak Disadari, Bisa Dilihat Tanpa Test Pack
Sumber: Freepik

Banyaknya hormon dalam tubuh Anda di awal kehamilan bisa membuat Anda sangat emosional dan menangis. Bahkan perubahan suasana hati juga umum terjadi pada ciri hamil 2 minggu pertama.

6. Periode menstruasi berhenti

Jika Anda dalam masa subur dan satu minggu atau lebih telah berlalu tanpa dimulainya siklus menstruasi yang diharapkan, Anda mungkin sedang hamil. Namun, gejala ini bisa menyesatkan jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.

7. Kembung

Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan Anda merasa kembung, mirip dengan yang Anda rasakan pada awal periode menstruasi.

8. Bercak darah dari vagina

Bercak darah dari vagina mungkin merupakan salah satu ciri hamil 2 minggu lainnya. Kondisi ini dikenal sebagai pendarahan implantasi, itu terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim yang terjadi sekitar 10 sampai 14 hari setelah pembuahan. Pendarahan implantasi terjadi sekitar waktu yang Anda harapkan untuk mengalami periode menstruasi. Meki begitu, tidak semua wanita dapat mengalami hal tersebut.

9. Kram perut

Beberapa wanita bahkan juga mengalami kram perut yang tepatnya berada di bagian rahim. Kondisi ini juga sering terjadi pada awal kehamilan atau ciri hamil 2 minggu.


10. Sembelit

14 Ciri Hamil 2 Minggu yang Sering Tidak Disadari, Bisa Dilihat Tanpa Test Pack
ilustrasi sembelit. Image by Anastasia Gepp from Pixabay

Ciri hamil 2 minggu yang lainnya adalah merasa sembelit. Perubahan hormon menyebabkan sistem pencernaan Anda melambat dan berantakan, hal ini dapat menyebabkan sembelit.

11. Tidak nafsu makan

Saat Anda hamil, Anda mungkin akan menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indera perasa Anda juga akan berubah. Seperti kebanyakan gejala kehamilan lainnya, preferensi makanan ini dapat dikaitkan dengan perubahan hormonal.

12. Hidung tersumbat

Peningkatan kadar hormon dan produksi darah dapat menyebabkan selaput lendir di hidung Anda membengkak, mengering, dan mudah berdarah. Hal ini dapat menyebabkan hidung Anda tersumbat atau berair.

13. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan salah satu ciri hamil 2 minggu. Hal ini masih berkaitan dengan gejolak hormon yang dialami tubuh. Umumnya, sakit kepala saat hamil terasa sangat berat di minggu-minggu pertama kehamilan. Namun anda tak perlu khawatir, hal tersebut tergolong normal. Seiring waktu, intensitas keluhan akan berkurang, khususnya setelah memasuki trimester tiga kehamilan.

14. Punggung terasa nyeri

Rasa nyeri pada punggung bagian bawah dapat menjadi ciri hamil 2 minggu. Kondisi ini disebabkan oleh ligamen yang menjadi longgar. Pada beberapa kasus, nyeri punggung tak hanya terjadi di awal kehamilan, namun terus berlanjut hingga proses persalinan usai. Nyeri punggung yang terus terjadi selama kehamilan dipengaruhi oleh ukuran janin yang semakin besar.


Besar Bayi pada 2 Minggu Kehamilan

14 Ciri Hamil 2 Minggu yang Sering Tidak Disadari, Bisa Dilihat Tanpa Test Pack
Ilustrasi Pemeriksaan Kehamilan Credit: pexels.com/Mart

Dikutip dari situs Flo Health, menurut Dokter Kandungan-Ginekolog, Penasihat Medis, Anna Targonskaya, MD menjelaskan pada usia kandungan 2 minggu masih belum ada embrio yang terbentuk. Jika dilihat dari USG, hanya akan nampak kantong janin.

Meski embrio belum terbentuk, pada 2 minggu awal kehamilan tubuh wanita telah mempersiapkan kehamilan sejak minggu pertama. Wanita akan melepaskan lapisan rahim yang lama dan mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi bulan lalu. Ini tanda hamil 2 minggu awal, seorang wanita mendekati masa ovulasinya.

Pertanyaan tentang seberapa besar bayi dalam kandungan pada 2 minggu awal kehamilan, tentu jawabannya “belum ada bayi dalam kandungan!”

Pada usia 2 minggu kehamilan, satu telur telah menjadi dominan. Maka hormon estrogen akan dilepaskan oleh tubuh wanita hingga merangsang penebalan lapisan rahim. Apabila kadar estrogen sudah cukup tinggi, mereka akan memicu lonjakan LH atau hormon luteinizing.

Hormon inilah yang akan membuat sel telur yang matang keluar dari folikelnya dan masuk ke dalam tuba Fallopi. Pahami, telur hidup selama 12-24 jam. Pada minggu kedua kehamilan, tubuh anda akan memberikan tanda-tanda siap untuk berovulasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya