Doa Perjalanan Udara dan Terjemahannya, Memohon Keselamatan Sampai Tujuan

Membaca doa perjalanan udara dengan menggunakan pesawat terbang ini merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT untuk diberi perlindungan dan keselamatan.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 08 Mar 2024, 13:51 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 12:10 WIB
Doa Perjalanan Udara dan Terjemahannya, Memohon Keselamatan Sampai Tujuan
Ilustrasi pesawat. (dok. Pexels/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta Doa perjalanan udara sangat penting anda ketahui dan hafalkan. Doa ini menjadi salah satu yang harus diamalkan saat akan hendak bepergian dengan kendaraan pesawat. Dengan membaca doa perjalanan udara, diharapkan perjalanan kita lancar dan diberi keselamatan.

Membaca doa perjalanan udara dengan menggunakan pesawat terbang ini merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT untuk diberi perlindungan dan keselamatan sampai tujuan, sebab ada seseorang atau keluarga yang menunggu kedatangan kita.

Setidaknya dengan membaca doa perjalanan udara, kita naik pesawat terbang bisa merasa lebih aman karena dilindungi oleh Allah SWT. Baik saat dalam perjalanan liburan bersama keluarga, menjalankan tugas dinas, ataupun yang lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa perjalanan udara dan terjemahannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Doa Perjalanan Udara Ketika Naik Pesawat Terbang

Doa Perjalanan Udara dan Terjemahannya, Memohon Keselamatan Sampai Tujuan
Ilustrasi pesawat.

Berikut ini bacaan doa perjalanan udara ketika naik pesawat terbang agar diberi keselamatan sampai tujuan, yang berbunyi:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Arab Latin: Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”


2. Doa Naik Pesawat Agar Diberi Perlindungan

Doa Perjalanan Udara dan Terjemahannya, Memohon Keselamatan Sampai Tujuan
Ilustrasi Pesawat.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Berikut ini terdapat bacaan doa naik pesawat terbang yang bisa anda hafalkan agar selama perjalanan anda diberi perlindungan oleh Allah SWT, yang berbunyi:

اللّهُـمَّ إِنّـي أَعـوذُبِكَ مِنْ وَعْـثاءِ السَّـفَر، وَكَآبَةِ الْمَنْـظَر، وَسوءِ الْمُنْـقَلَبِ في المـالِ وَالأَهْـل.

Arab Latin: Allahumma inni audhu bika min watha’is-safari, wa kaabatil- munqalabi, wal-hauri ba’dal-kauni, wa da’watil-mazlumi, wa suil-manzarifil-ahli wal-mal.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan, dan kejadian yang tidak menyenangkan keluarga dan harta benda."


3. Doa Naik Pesawat Terbang

Doa Perjalanan Udara dan Terjemahannya, Memohon Keselamatan Sampai Tujuan
Ilustrasi bandara (pixabay.com)

Selain bacaan doa perjalanan udara di atas, berikut ini ada bacaan doa naik pesawat terbang yang bisa juga anda amalkan dan hafalkan yakni:

اللهُ أكبَر ، اللهُ أكبَر ، اللهُ أكبَر، سُـبْحانَ الَّذي سَخَّـرَ لَنا هذا وَما كُنّا لَهُ مُقْـرِنين، وَإِنّا إِلى رَبِّنـا لَمُنْقَـلِبون، اللّهُـمَّ إِنّا نَسْـأَلُكَ في سَفَـرِنا هذا البِـرَّ وَالتَّـقْوى، وَمِنَ الْعَمَـلِ ما تَـرْضى، اللّهُـمَّ هَوِّنْ عَلَـينا سَفَرَنا هذا وَاطْوِ عَنّا بُعْـدَه، اللّهُـمَّ أَنْـتَ الصّـاحِبُ في السَّـفَر، وَالْخَلـيفَةُ في الأهـلِ.

Arab Latin: Allaahu ‘Akbar, Allaahu ‘Akbar, Allaahu ‘Akbar, Subhaanal-lathee sakhkhara lanaa haathaa wa maa kunnaa lahu muqrineen. Wa ‘innaa ‘ilaa Rabbinaa lamunqaliboon. Allaahumma ‘innaa nas’aluka fee safarinaa haathal-birrawattaqwaa, waminal-‘amalimaa tardhaa, Allaahumma hawwin ‘alaynaa safaranaa haathaa watwi ‘annaa bu’dahu, Allaahumma ‘Antas-saahibu fis-safari, walkhaleefatu fil-‘ahli.

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Kemuliaan bagi Allah yang telah menyediakan ini untuk kami, meskipun kami tidak pernah memilikinya dengan usaha kami. Sesungguhnya kepada Allah lah, kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridhoi. Ya Allah, ringankanlah perjalanan ini untuk kami, serta dekatkan jaraknya bagi kami. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi kami sekeluarga".


4. Doa Perjalanan Udara Ketika Mudik ke Kampung Halaman

Doa Perjalanan Udara dan Terjemahannya, Memohon Keselamatan Sampai Tujuan
Ilustrasi bandara. (iStock)

Supaya diberi perlindungan dan keselamatan selama perjalanan menggunakan pesawat terbang, anda bisa mengamalkan doa perjalanan udara ini saat anda hendak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman adalah sebagai berikut:

للَّهُمَّ بِكَ أَسْتَعِيْنُ، وَعَلَيْكَ أَتَوَكَّلُ، اَللَّهُمَّ ذَلِّلْ لِي صُعُوْبَةَ أَمْرِيْ، وَسَهِّلْ عَلَيَّ مَشَقَّةَ سَفَرِيْ، وَارْزُقْنِيْ مِنَ الخَيْرِ أَكْثَرَ مِمَّا أَطْلُبُ، وَاصْرِفْ عَنِّي كُلَّ شَرٍّ، رَبِّ اشْرَحْ لِيِ صَدْرِيْ، وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

Arab Latin: Allāhumma bika asta‘īnu, wa ‘alaika atawakkalu. Allāhumma żallil lī ṣu‘ūbata amrī, wa sahhil ‘alayya masyaqqata safarī, warzuqnī minal khairi mim mā aṭlubu, waṣrif ‘annī kulla ṣyarr, rabbiṣraḥlī ṣadrī wa yassir lī amrī.

Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu aku memohon pertolongan dan kepada-Mu aku berpasrah. Ya Allah, ringankan kesulitan pada urusanku, mudahkanlah kendala perjalananku, karuniakanlah kebaikan bagiku melebihi apa yang kuminta, palingkanlah segala keburukan dariku. Tuhanku, lapangkanlah hatiku dan mudahkanlah urusanku.”


5. Doa Perjalanan Udara Naik Pesawat Terbang

Doa Perjalanan Udara dan Terjemahannya, Memohon Keselamatan Sampai Tujuan
Ilustrasi bandara. (Sumber foto: Pexels.com)

Berikut ini bacaan doa perjalanan udara naik pesawat terbang yang bisa anda amalkan dan hafalkan, yakni:

اللهم إنا نجعلك في نحورهم ونعوذ بك من شرورهم

بِسْمِ اللهِ مَجْرِيْهَا وَمُرْسِيْهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُوْرٌ رَّحِيْم

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Arab Latin: Allahumma inna naj'aluka fi nuhurihim wa na'udzu bika min shururihim. Bismillahi maa tawakkaltu 'alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billah. Subhaanalladzi sakhkhara lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun.

Artinya: "Ya Allah, kami menjadikan-Mu sebagai sandaran dalam perjalanan ini, dan berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dalam perjalanan ini. Dengan menyebut nama-Mu, kami bertawakkal kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Maha Suci Allah yang telah menundukkan pesawat ini untuk kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu mengendalikannya. Kembali kami kepada Tuhan kami dengan sebaik-baiknya."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya