6 Doa Spontan Agama Katolik, Baik Dibaca Setiap Hari

Doa spontan dapat dilakukan dalam berbagai situasi, seperti sebelum makan, sebelum tidur, dan dalam momen-momen lainnya.

oleh Laudia Tysara diperbarui 06 Jul 2023, 17:40 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2023, 17:40 WIB
Dihadiri Ribuan Jemaat, Uskup Agung Jakarta Pimpin Misa Pontifikal Natal
Umat Kristen Katolik terlihat khusyuk berdoa saat mengikuti Misa Pontifikal Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Senin (25/12). Panitia Gereja Katedral mengatakan, telah menyiapkan 4.400 kursi yang bisa digunakan jemaah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Membaca doa spontan memberikan kesempatan kepada umat Katolik untuk berhubungan secara pribadi dengan Tuhan dalam berbagai situasi, seperti sebelum makan, sebelum tidur, atau dalam momen lainnya. Doa spontan ini memungkinkan umat untuk mengungkapkan perasaan, kebutuhan, dan harapan mereka kepada Tuhan secara spontan dan dari hati.

Dalam agama Katolik, dianjurkan untuk membaca doa spontan dalam tanda salib. Tanda salib ini menjadi tanda penghormatan kepada Yesus Kristus yang meninggal di kayu salib dan bangkit pada hari ketiga. Melakukan tanda salib saat membaca doa spontan adalah cara umat Katolik untuk mengakui kehadiran-Nya dan memperkuat iman dalam penghayatan doa mereka.

Doa spontan agama Katolik dapat berupa ungkapan syukur atau jeritan putus asa meminta pertolongan Tuhan Yesus. Umat Katolik merasa bebas untuk menyampaikan perasaan mereka kepada Tuhan, baik itu dalam ucapan syukur atas berkat yang diterima maupun dalam permohonan bantuan dan penghiburan saat menghadapi kesulitan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa spontan agama Katolik yang dimaksudkan, Kamis (6/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dibaca Setiap Hari

Dihadiri Ribuan Jemaat, Uskup Agung Jakarta Pimpin Misa Pontifikal Natal
Umat Kristen Katolik terlihat khusyuk berdoa saat mengikuti Misa Pontifikal Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Senin (25/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Doa spontan agama Katolik adalah doa yang dibaca dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini dapat dilakukan dalam berbagai situasi, seperti sebelum makan, sebelum tidur, dan dalam momen-momen lainnya. Dalam agama Katolik, doa sebelum memulai kegiatan dianggap penting karena dapat membantu umat untuk mempersiapkan diri menghadapi hari dengan lebih baik.

Menurut buku Spiritual Theology karya Simon Chan, doa spontan agama Katolik dapat berupa ungkapan syukur kepada Tuhan atau jeritan putus asa meminta pertolongan dari Yesus Kristus. Doa spontan ini mencerminkan kerendahan hati dan kebutuhan manusia akan bimbingan dan kekuatan ilahi.

Dalam ajaran agama Katolik, kitab suci mengajarkan pentingnya berdoa secara pribadi dan intim dengan Tuhan. Dalam Injil Matius 6:6 tertulis, "Tetapi pada waktu engkau hendak berdoa, masuklah ke dalam kamarmu serta tutuplah pintunya. Lalu berdoalah kepada Bapamu yang tidak kelihatan itu, maka Ia, yang melihat apa yang tidak kelihatan itu, akan membalasnya kepadamu."

Ayat ini menggarisbawahi pentingnya doa pribadi dan pengalaman spiritual yang mendalam. Ketika membaca doa spontan agama Katolik, umat dianjurkan untuk melakukan tanda salib. Tanda salib ini dianggap sebagai penghormatan kepada Yesus Kristus yang meninggal di kayu salib dan bangkit pada hari ketiga.

Dalam buku A Beginner's Book of Prayer: An Introduction to Traditional Catholic Prayers yang diterbitkan oleh Loyola Press pada tahun 2009, dijelaskan tanda salib ini dilakukan dengan menyentuh dahi saat menyebutkan "Bapa," menyentuh tengah dada saat menyebutkan "Putra," dan menyentuh dada sebelah kiri saat menyebutkan "Roh Kudus." Doa ini ditutup dengan mengucapkan "Amin" sambil menyentuh dada sebelah kanan.

Dalam praktik doa spontan agama Katolik, umat Katolik meyakini bahwa doa mereka didengar oleh Allah dan bahwa mereka dapat merasakan kehadiran-Nya. Doa spontan ini merupakan sarana untuk memperkuat hubungan dengan Tuhan dan meningkatkan pengalaman spiritual seseorang.

 


Doa Dasar

Pelaksanaan Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta
Umat Katolik melaksanakan Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (25/12/2022). Tema Natal yang diusung Gereja Katedral Jakarta tahun ini adalah 'Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penting untuk membaca doa dasar sebelum membaca doa spontan agama Katolik, sesuai dengan kutipan dari buku Aneka Tema Misa dan Ibadat Kristiani karya Yustinus Rumanto berikut ini:

1. Doa Tanda Salib:

"Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin."

2. Doa Bapa Kami:

"Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu. Datanglah kerajaan-Mu. Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami. Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin."

3. Doa Salam Maria:

"Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertamu, terpujilah engkau di antara wanita, dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus. Santa Maria, bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati. Amin."

4. Doa Kemuliaan:

"Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala abad. Amin."

 


Doa Spontan

Misa Natal di Gereja Katedral
Umat Katolik berdoa saat melaksanakan misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Selasa (25/12). Natal tahun 2018 di Gereja Katedral Jakarta diselenggarakan dengan mengusung tema Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

1. Doa sebelum kerja:

"Tuhan Yesus yang Maha Mulia, segala pekerjaan yang hendak kami lakukan, kami serahkan kepada-Mu sebab kami sadar akan keterbatasan dan kelemahan kami. Jagalah hati kami, mulut kami, dan tangan kami. Semua jerih payah kami, kami satukan ke dalam tangan-Mu demi kekudusan dan kemuliaan nama-Mu. Amin."

2. Doa sebelum ujian:

"Bapa yang Baik, terima kasih atas segala kebaikan dan kemurahan-Mu yang kami rasakan dalam hidup ini. Sesaat lagi kami akan menghadapi ujian, biar Tuhan yang berkati dan lindungi supaya kami dapat mengerjakan ujian dengan sebaik mungkin dan tetap jujur dan tulus di hadapan-Mu. Jauhkan dari kami godaan iblis untuk berbuat curang. Berikan hikmat dan kepandaian untuk dapat mengerjakan soal demi soal dengan baik, supaya lewat apa yang kami kerjakan ini, nama-Mu sajalah yang akan dipermuliakan. Terjadilah seturut kehendak-Mu dan berikan kekuatan pada umat-Mu untuk bisa hidup tetap taat pada ketetapan-Mu. Amin."

3. Doa sebelum makan:

"Bapa yang Maha Kasih, kami mengucap syukur atas limpahan nikmat yang telah Engkau berikan. Kami bersyukur atas makanan yang saat ini dihidangkan. Berkatilah makanan yang akan kami santap ini agar berguna bagi jiwa dan raga kami. Biarlah makanan dan minuman ini menjadi salah satu sumber kekuatan bagi tubuh kami. Amin."

4. Doa sebelum tidur:

"Allah yang Maha Pengasih, Dikuduskanlah nama-Mu di atas segala-galanya. Aku mengucap syukur pada-Mu atas segala kemurahan-Mu dan pemeliharaan-Mu sepanjang hari ini. Saat ini aku ingin beristirahat dan melepas lelah dalam tidur. Kiranya Engkau menyertai dan mengangkat lelahku selama hari ini. Ampunilah pula kesalahan yang kuperbuat baik dengan sengaja maupun tidak sengaja. Berikanlah damai-Mu selalu kepadaku dan semua orang yang kusayang. Amin."

5. Doa setelah bangun tidur:

"Selamat pagi, Bapa. Terima kasih atas karunia-Mu yang telah melindungi aku dari malam aku tertidur hingga pagi menyingsing. Aku panjatkan ucapan syukur karena masih diberi kesempatan untuk kembali bangun di pagi hari dan menjalani hari baru lainnya. Berkatilah aku sepanjang hari ini agar aku dapat bekerja dalam semangat kasih-Mu. Jagailah aku dari bahaya dan jauhkan aku dari hal-hal jahat. Biarkan hatiku tetap fokus menatap wajah-Mu, ya Bapa. Berkati pula orangtua, saudara, sahabat, dan semua yang kukasihi dalam menjalankan aktivitas mereka. Ampuni segala dosa yang kami perbuat dan biar semua terjadi sesuai dengan kehendak-Mu saja. Amin."

6. Doa sebelum sekolah:

"Tuhan Allah, kami membawa pendidikan kami ke dalam tangan-Mu yang perkasa. Berkatilah para pembelajar, guru, dan staf yang bekerja di sini sehingga proses pembelajaran, untuk menemukan betapa hebatnya Engkau, berjalan dengan lancar. Bantu kami untuk menghormati, menghargai, dan memperlakukan satu sama lain sebagai saudara dan saudari yang belajar dalam nama-Mu. Kami berdoa ini melalui Yesus Kristus Tuhan dan Juruselamat kami serta Bunda Maria. Amin."

Membaca doa spontan tersebut, umat Katolik berharap bisa mendapatkan berkat, bimbingan, dan perlindungan Tuhan dalam segala aspek kehidupan mereka, mulai dari pekerjaan, ujian, makanan, tidur, hingga aktivitas sehari-hari seperti bangun tidur dan sekolah. Melalui doa spontan ini, umat mengakui keterbatasan dan ketergantungan mereka kepada Tuhan serta menyatakan rasa syukur, permohonan, dan pengabdian mereka kepada-Nya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya