Doa Agar Cuaca Panas dan Hujan Berhenti untuk Umat Islam

Doa agar cuaca panas dilafalkan saat hujan begitu deras dan tak henti mengguyur suatu wilayah.

oleh Husnul Abdi diperbarui 10 Jul 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2023, 10:00 WIB
Doa Agar Cuaca Panas dan Hujan Berhenti untuk Umat Islam
Doa Agar Cuaca Panas dan Hujan Berhenti untuk Umat Islam (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Doa agar cuaca panas perlu dikenali oleh orang-orang yang di daerahnya sedang musim penghujan. Pasalnya, musim penghujan terkadang membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu. Belum lagi adanya risiko banjir mengintai bila hujan turun begitu deras dan tanpa henti.

Oleh karena itu, kamu bisa melafalkan doa agar cuaca panas supaya hujan berhenti dan tidak menyebabkan bencana alam. Dengan begitu, hujan akan berhenti dan langit menjadi cerah membawa cuaca panas.

Doa agar cuaca panas dilafalkan saat hujan begitu deras dan tak henti mengguyur suatu wilayah. Doa ini dibacakan ketika seorang muslim khawatir hujan yang turun akan menyebabkan bencana banjir. Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberi keselamatan dari amukan hujan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/7/2023) tentang doa agar cuaca panas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Agar Cuaca Panas

Doa Agar Cuaca Panas
Doa Agar Cuaca Panas (Istimewa)

Doa agar cuaca panas dikenal juga sebagai doa agar dihindarkan dari hujan yang merusak. Setiap muslim dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar hujan yang turun membawa banyak manfaat. Memang menurunkan dan menghentikan hujan adalah kuasa Allah SWT, namun umat Islam dapat membaca doa agar cuaca panas untuk menghindari terjadinya musibah atau bencana dari turunnya hujan yang deras dan tiada hentinya.

Doa agar cuaca panas diajarkan oleh nabi Muhammad SAW saat wilayahnya diguyur hujan yang tak berkesudahan. Pada waktu itu, hujan yang mengguyur menyebabkan makanan busuk dan akses jalan terputus. Doa ini sebenarnya dipanjatkan agar hujan yang turun tidak membawa musibah dan bencana bagi umat manusia. Berikut bacaan doa agar cuaca panas:

Doa agar cuaca panas tulisan Arab:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Doa agar cuaca panas Latin:

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Arti doa agar cuaca panas:

"Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan (hujan) yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan."


Doa Agar Terhindar dari Musibah saat Hujan

Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan. (Photo by Misael Silvera/Pexels)

Selain doa agar cuaca panas, umat Islam juga dianjurkan membaca doa agar terhindar dari musibah saat turun hujan. Hal ini dikarenakan tak jarang hujan turun disertai angin kencang, petir, dan bencana lainnya yang merugikan. Kamu bisa berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar dihindarkan dari hal-hal tersebut. Berikut bacaan doa agar terhindari dari musibah atau bencana saat hujan:

ِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi la yadhurru ma'asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami'ul 'alim.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

 

Doa Agar Diberikan Kebaikan dari Cuaca yang Sedang Terjadi

Doa agar cuaca panas lainnya yaitu dengan melafalkan doa meminta kebaikan dari cuaca yang sedang terjadi. Doa ini berkaitan dengan seorang hamba yang memohon kepada Allah SWT agar cuaca yang sedang terjadi membawa kebaikan. Doa ini juga permohonan seorang hamba kepada Allah SWT agar senantiasa dilindung dari kejahatan yang dibawa oleh cuaca tersebut. Berikut bacaan doa agar diberikan kebaikan dari cuaca yang sedang terjadi:

Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."


Doa saat Turun Hujan

ilustrasi hujan deras.
ilustrasi hujan deras. (Pixabay)

Selain doa agar cuaca panas, kamu juga bisa melafalkan doa saat turun hujan agar diberikan hujan yang bermanfaat. Doa saat turun hujan bisa kamu lafalkan supaya hujan tersebut menjadi berkah dan bermanfaat. Berikut doa saat turun hujan:

Doa Meminta Hujan yang Bermanfaat

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma Shoyyiban Naafia'an.

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat". (HR. Bukhari)

Doa saat turun hujan ini cukup singkat dan mudah dihafalkan, sehingga kamu bisa mengucapkannya setiap cuaca sedang hujan. Selain itu, kamu juga bisa membaca doa saat turun hujan lainnya, yaitu sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban haniyya wa sayyiban nafi'a.

Artinya: "Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat".

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya