Material Adalah Barang yang Dibuat atau Dibeli, Kenali Sifat dan Jenisnya

Material adalah sesuatu yang disusun atau dibuat oleh campuran dari beberapa jenis bahan.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 31 Jul 2023, 11:30 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2023, 11:30 WIB
Material Adalah Barang yang Dibuat atau Dibeli, Kenali Sifat dan Jenisnya
ilustrasi besi beton (sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Material adalah istilah yang sering dijumpai dalam dunia industri. Sebab setiap produk yang beradasl dari ndustri pasti dihasilkan dari material terbaik. Material ini biasanya tak hanya digunakan dalam industri skala besar, namun juga dipakai dalam industri rumahan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian material adalah bahan yang akan dipakai untuk membuat barang lain. Secara umum, material adalah sesuatu yang disusun atau dibuat oleh campuran dari beberapa jenis bahan.

Material menjadi suatu hal yang sangat penting dalam dunia industri. Sebab hanya dari material yang baik dapat digunakan untuk membuat peralatan mesin industri, transportasi, suku cadang, hingga peralatan yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian material beserta sifat dan jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (31/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Material Adalah

Material Adalah Barang yang Dibuat atau Dibeli, Kenali Sifat dan Jenisnya
Sampah plastik didaur ulang menjadi biji plastik atau plastic pallet yang menjadi bahan baku pembuatan lakop sapu. (Dok. Liputan6.com/Dyra Daniera)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian material adalah bahan yang akan dipakai untuk membuat barang lain. Definisi lain, material adalah zat atau benda yang dari mana sesuatu dapat dibuat darinya, atau barang yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu. Material adalah sebuah masukan dalam produksi. Material sering kali adalah bahan mentah yang belum diproses, tetapi kadang kala telah diproses sebelum digunakan untuk proses produksi lebih lanjut. 

Secara umum, material adalah bahan baku yang diolah perusahaan industri dapat diperoleh dari pembelian lokal, impor atau pengolahan yang dilakukan sendiri. Sederhananya, material adalah sesuatu yang disusun atau dibuat oleh bahan.

Material adalah barang yang dibeli atau dibuat, yang disimpan untuk keperluan kemudian, baik untuk dipakai, diproses lebih lanjut atau dijual. Pengertian material menurut Ensiklopedia Nasional Indonesia adalah mencakup setiap zat yang dipentingkan keberadaannya, penempatannya dalam ruang dan sifat-sifat mekanik.

Dari beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa material adalah sebagai beberapa bahan yang dijadikan untuk membuat suatu produk atau barang jadi yang lebih bermanfaat. Pada umumnya, material digunakan untuk membuat peralatan mesin industri, transportasi, suku cadang, hingga peralatan yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, pemilihan material atau bahan (material selection) pada berbagai peralatan di industri kimia adalah salah satu aspek yang penting, karena dengan pemilihan material tepat akan dapat meningkatkan penggunaan (long service) dari peralatan yang bersangkutan, disamping itu juga berpengaruh terhadap cost (biaya) konstruksi peralatan proses tersebutserta biaya maintanance.


Pengertian Material Menurut Para Ahli

Material Adalah Barang yang Dibuat atau Dibeli, Kenali Sifat dan Jenisnya
Pekerja mencuci kedelai yang akan digunakan untuk bahan baku pembuatan tahu di salah satu tempat produksi tahu di rumah industri Kawasan Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (11/11/2022). Menteri Perdagangan mengatakan rencana impor kedelai guna menekan kenaikan harga tempe dan tahu di dalam negeri sudah disetujui Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sofjan Assauri

Material adalah seluruh bahan produksi yang meliputi semua bahan yang digunakan dalam dalam suatu perusahaan, kecuali berbagai macam bahan yang secara fisik akan dijadikan satu dengan produk yang dihasilkan dari suatu perusahaan.

Hanggana

Material adalah suatu bahan yang berfungsi untuk menghasilkan barang jadi, bahan tersebut akan saling terikat atau bahan produksi menjadi satu dengan barang jadi.

Hasan Shadaly

Dalam bukunya yang berjudul Kamus Bahasa Inggris Indonesia (1983), menjelaskan bahwa material yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya obyek pengalaman indra dengan cirri-ciri keleluasan, masa, gerak, dan ditentukan oleh uang dan waktu.


Sifat-Sifat Material

Material Adalah Barang yang Dibuat atau Dibeli, Kenali Sifat dan Jenisnya
Bertolak dari semangat meningkatkan derajat makanan tradisional berbahan baku singkong di tahun 1977, PT Maxindo Karya Anugerah dari waktu ke waktu terus berkembang. Meski aktivitas bisnisnya berawal dari industri rumahan tetapi kini Maxindo telah menjadi salah satu perusahaan ekspor makanan ringan berbahan baku umbi-umbian terbaik.

Secara garis besar material mempunyai sifat-sifat yang mencirikannya pada bidang teknik mesin umumnya sifat tersebut dibagi menjadi tiga sifat. Berikut ini sifat-sifat tersebut adalah:

1. Sifat Mekanik

Sifat ini merupakan salah satu faktor terpenting yang mendasari pemilihan material dalam suatu perancangan. Sifat mekanik dapat diartikan sebagai respon atau perilaku material terhadap pembebanan yang diberikan, dapat berupa gaya, torsi atau gabungan keduanya.

2. Sifat Fisik

Sifat ini merupakan kelakukan atau sifat material yang bukan disebabkan oleh pembebanan seperti pengaruh pemanasan, pendinginan, dan pengaruh arus listrik yang lebih mengarah pada struktur material. Sifat fisik antara lain adalah memilki temperatur cair, konduktivitas panas dan panas spesifik.

3. Sifat Teknologi

Sifat ini merupakan kemampuan material untuk dibentuk atau diproses. Produk dengan kekuatan tinggi dapat dibuat dengan proses pembentukan, misalnya dengan pengerolan atau penempaan.


Jenis-Jenis Material

Material Adalah Barang yang Dibuat atau Dibeli, Kenali Sifat dan Jenisnya
Ilustrasi tabung oksigen (Gambar oleh Saurabh G dari Pixabay)

Secara umum, penggolongan material dibagi menjadi dua yakni logam dan non logam. Berikut ini masing-masing penjelasannya:

1. Logam

Logam memiliki sifat kuat, ulet, mudah dibentuk dan bersifat penghantar panas maupun listrik yang baik. Ada dua jenis logam yaitu ferrous dan non ferrous. Contoh dari logam ferrous adalah besi, cor, baja, dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk contoh dari logam non ferrous adalah tembaga, perunggu, alumunium, dan lain sebagainya.

2. Non Logam

Ada beberapa jenis material non logam yaitu keramik, polimer, kayu, dan komposit. Sedangkan berdasarkan dari wujudnya, material dapat dibedakan menjadi tiga yakni:

a. Padat

Padat sendiri berbentuk masif, relatif tetap, ikatan kuat. Contohnya saja seperti logam, keramik, plastik, kaca, karet, kayu, dan lain sebagainya.

b. Cair

Cair memiliki sifat bentuknya yang mengikuti bejana, dan ikatan lemah. Contohnya saja seperti pelumas, air, bensin, solar, dan bahan kimia lainnya.

c. Gas

Gas memiliki sifat yang terlihat dari bentuknya yang mengikuti bejana dan tidak terlihat. Contohnya saja seperti oksigen, CO2, asitelin, hidrogen, dan masih banyak yang lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya