Viral Manusia Diduga Nyamar Jadi Beruang, Kebun Binatang China: Itu Hewan Asli

Manusia diduga nyamar jadi beruang madu ini bikin geger media sosial.

oleh Putra Marenda diperbarui 01 Agu 2023, 15:50 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2023, 15:50 WIB
Viral Manusia Diduga Nyamar Jadi Beruang, Kebun Binatang China: Itu Hewan Asli
Viral Manusia Diduga Nyamar Jadi Beruang, Kebun Binatang China: Itu Hewan Asli (Twitter/shaoxia33139500)

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial geger dengan pemberitaan manusia menyamar jadi beruang madu di kebun binatang Hangzhou, China. Hal ini viral karena banyak yang tidak percaya bahwa beruang bisa berdiri tegak layaknya manusia. Bila diperhatikan, memang penampakan beruang itu seperti ada manusia yang pakai kostum beruang.

Viralnya manusia diduga menyamar jadi beruang di kebun binatang Hangzhou, membuat pihak kebun binatang angkat suara. Kebun binatang menyebut bahwa itu memang beruang madu asli bukan orang yang menyamar jadi beruang.

Klarifikasi kebun binatang Hangzhou ini masih jadi perdebatan di media sosial. Oleh sebab itu, pihak kebun binatang memberi informasi seputar beruang madu yang memang bisa berdiri tegak seperti manusia. Klarifikasi tersebut juga ditanggapi oleh Dr. Ashleigh Marshall, ahli binatang dari Kebun Binatang Chester.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, viral manusia diduga menyamar jadi beruang, Selasa (1/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Klarifikasi kebun binatang Hangzhou

Kebun binatang di bagian timur China baru-baru ini viral di media sosial. Hal itu karena di medsos banyak warganet yang menyebut ada manusia menyamar jadi beruang madu. Hal itu dikarenakan ada video beruang berdiri tegak dengan kedua kaki belakangnya dan terlihat ada lipatan di bagian belakang layaknya kostum beruang.

Kebun Binatang Hangzhou mengatakan bahwa orang-orang tidak mengerti lebih dalam tentang spesies langka tersebut. Banyak orang berspekulasi ada orang di kostum beruang, itu tidaklah benar. Beruang tersebut benar-benar beruang madu yang diberi nama Angela.

"Beberapa orang berpikir beruang tersebut berdiri seperti manusia. Tampaknya kalian tidak memahami beruang itu dengan baik," ujar Kebun Binatang Hangzhou dilansir Liputan6.com dari BBC, Selasa (1/8/2023).

 


Tanggapan Dr. Ashleigh Marshall, ahli dari Kebun Binatang Chester

Viral Manusia Diduga Nyamar Jadi Beruang, Kebun Binatang China: Itu Hewan Asli
Viral Manusia Diduga Nyamar Jadi Beruang, Kebun Binatang China: Itu Hewan Asli (Twitter/shaoxia33139500)

Dr. Ashleigh Marshall, seorang ahli dari Kebun Binatang Chester, turut menanggapi pemberitaan yang ramai di media sosial terkait beruang yang bisa berdiri. Menurut Dr. Ashleigh Marshall, hewan tersebut beruang sungguhan meskipun ia juga mengakui bahwa beruang madu seringkali 'mirip dengan orang dalam kostum'.

Saat ditanya oleh BBC terkait penampilan kulit berkerut di sekitar bagian belakang beruang yang disebut bak kostum, ia mengatakan itu adalah hal normal dari anatomi kulit beruang tersebut. Lipatan-lipatan tersebut membantu melindungi beruang dari predator, karena kelenturan memungkinkan beruang tersebut berputar di dalam kulit mereka dan melawan jika hewan besar seperti harimau mencoba menangkapnya, jelas Dr. Marshall.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya