Penjelasan Akibat yang Ditimbulkan dari Keberagaman Sosial Budaya pada Masyarakat

Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya perlu dipahami setiap masyarakat.

oleh Husnul Abdi diperbarui 17 Okt 2023, 15:30 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2023, 15:00 WIB
Keberagaman
Keberagaman. Credit: pexels.com/mentatdgt

Liputan6.com, Jakarta Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya perlu dipahami setiap masyarakat. Pasalnya, Indonesia memiliki kekayaan budaya, suku, bahasa, dan karakteristik bangsa yang menjadi bentuk-bentuk keberagaman.

Keberagaman merupakan bagian yang tak dapat terpisahkan pada masyarakat multikultural. Keberagaman adalah bagian dari identitas bangsa Indonesia. Banyak faktor yang menyebabkan keberagaman terjadi.

Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya bisa kamu lihat pada lingkunganmu sendiri. Indonesia merupakan salah satu contoh keberagaman yang nyata. Keberagaman bukan hanya tentang perbedaan. Konsep keragaman mencakup penerimaan dan penghormatan.

Keberagaman merupakan bagian yang turut diciptakan masyarakat di suatu demografi. Memahami keberagaman adalah kemampuan penting yang harus dimiliki setiap warga negara. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/10/2023) tentang jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Keberagaman

Toleransi
Ilustrasi Toleransi dan Keberagaman Credit: unsplash.com/DuyPham

Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya bisa kamu pahami setelah mengenal apa itu keberagaman terlebih dahulu. Keberagaman adalah istilah yang merujuk pada perbedaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keberagaman adalah hal beragam. Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat di mana terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang.

Keberagaman berarti memahami bahwa setiap individu itu unik, dan mengakui perbedaan individu lainnya. Perbedaan individu ini bisa berdasarkan dimensi ras, etnis, jenis kelamin, orientasi seksual, status sosial ekonomi, usia, kemampuan fisik, keyakinan agama, keyakinan politik, atau ideologi lainnya. Keberagaman adalah eksplorasi dari perbedaan-perbedaan ini dalam lingkungan yang aman, positif, dan terpelihara. Keberagaman adalah tentang memahami satu sama lain dan bergerak melampaui toleransi sederhana untuk merangkul dan merayakan dimensi keragaman yang kaya.

Menurut The City University of New York, keragaman adalah kenyataan yang diciptakan oleh individu dan kelompok dari spektrum perbedaan demografis dan filosofis yang luas. Masih menurut The City University of New York, keberagaman berarti lebih dari sekadar mengakui atau menoleransi perbedaan. Setelah memahami arti dari keberagaman, jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya bisa kamu perhatikan.


Jelaskan Akibat yang Ditimbulkan dari Keberagaman Sosial Budaya

Bentuk - Bentuk Keberagaman
Ilustrasi Keberagaman Credit: Derra

Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya terdiri dari dampak positif dan negatif. Hal ini tidak mengherankan karena memang keberagaman memiliki dua sisi yang perlu diperhatikan dan dipahami. Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya yaitu sebagai berikut:

Dampak Positif Keberagaman

1. Memahami perbedaan

Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya memiliki dampak positif masyarakat memahami perbedaan. Perbedaan merupakan sifat dan karakter yang telah diciptakan oleh Tuhan supaya manusia saling mengenal, berinteraksi, saling memahami, dan memberi manfaat satu sama lain. Jika seseorang memahami adanya keberagaman atau pluralisme, maka sikap ini akan menciptakan lingkungan yang tenang, damai, dan saling tolong-menolong dengan orang-orang mau memahami perbedaan yang ada dalam masyarakat.

2. Masyarakat lebih modern

Modern biasanya merujuk pada sesuatu yang terkini dan baru. Modern bisa merujuk pada zaman maupun gaya yang sifatnya terbaru. Jika setiap orang memahami adanya keberagaman atau pluralisme, sikap ini akan membentuk masyarakat yang lebih modern dan berpikir lebih maju.

3. Meningkatkan pendapatan negara

Pendapatan negara terdiri atas penerimaan perpajakan, penerimaan negara bukan pajak, dan penerimaan hibah. Adanya pluralisme dan masyarakat yang saling menghargai serta menghormati akan membantu meningkatkan pendapatan negara. Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya salah satunya yaitu dapat meningkatkan pendapatan negara.

4. Meningkatkan daya tarik turis

Daya tarik adalah kualitas yang menyebabkan minat, keinginan, atau tarikan pada seseorang. Daya tarik bisa dihasilkan dari rangsangan visual. Pluralisme atau keberagaman budaya serta suku dan ras yang ada di Indonesia justru bisa menjadi daya tarik turis untuk berwisata. Keberagaman ini juga bisa menjadi ciri khas suatu wilayah yang akan dikenal oleh wisatawan asing. Pada akhirnya, hal ini bisa membantu meningkatkan pendapatan masyarakat maupun negara.


Dampak Negatif Keberagaman

Ilustrasi Keberagaman, Perbedaan
Ilustrasi Keberagaman, Perbedaan (Image by Alexandra A life without animals is not worth living from Pixabay)

1. Menimbulkan persaingan

Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya juga bisa berdampak negatif, yaitu timbulnya persaingan. Persaingan adalah suatu proses sosial ketika ada dua pihak atau lebih saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai tujuan atau kemenangan. Persaingan bisa terjadi bila ada beberapa pihak yang menginginkan sesuatu supaya menjadi pusat perhatian umum.

Adanya keberagaman suku, ras, agama, dan budaya di Indonesia bisa menimbulkan persaingan di tengah masyarakat. Mereka mungkin berlomba-lomba dan mengklaim budaya maupun keyakinannya paling benar supaya menjadi panutan maupun pusat perhatian. Akibatnya, kondisi ini bisa menimbulkan perpecahan atau pertikaian karena toleransi orang-orang yang kurang terhadap perbedaan ras, suku, budaya, dan agama.

2. Menimbulkan rasa egois

Egois adalah sifat selalu memprioritaskan keinginan dan kebutuhan sendiri di atas kebutuhan dan keinginan orang lain. Rasa ingin menang atau menjadi pusat perhatian umum di tengah keberagaman bisa menimbulkan rasa egois untuk mementingkan diri sendiri.

3. Menimbulkan gesekan sosial

Gesekan sosial bisa dikatakan sebagai pertikaian yang muncul akibat konflik mengenai pluralisme yang ada, baik pluralisme agama, budaya, sosial, dan lainnya. Hal ini disebabkan karena orang dengan keyakinan atau kebudayaan yang berbeda tidak bisa saling toleransi sehingga sulit untuk bersatu. Jadi, jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya salah satunya dapat menimbulkan gesekan sosial.

4. Menimbulkan sikap individualisme

Orang yang individualis akan melanjutkan pencapaian dan kehendak pribadi. Mereka cenderung menentang intervensi dari masyarakat, negara, dan setiap kelompok atas pilihan pribadinya. Hal ini karena mereka hanya mementingkan dirinya sendiri, jadi adanya keberagaman atau pluralisme akan membentuk seseorang yang individualis dan cenderung tidak menerima atau mengakui perbedaan tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya